Pengembangan Industri Kreatif Di Kota Malang (Studi Kasus Pada Dinas Perindustrian Kota Malang)

Abdurrahman, Muhammad Farurrozy (2018) Pengembangan Industri Kreatif Di Kota Malang (Studi Kasus Pada Dinas Perindustrian Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Perindustrian sebagai instansi yang berkaitan langsung dengan industri kreatif di Kota Malang memiliki tugas dalam mengembangkan industri kraetif di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi -strategi Dinas Perindustrian dalam mengembangkan industri kreatif. Penelitian ini didasarkan pada perkembangan ekonomi global saat ini yang telah mengalami pergeseran paradigma, yaitu dari ekonomi berbasis sumber daya alam menjadi paradigma ekonomi berbasis pengetahuan dan kreatifitas dan hal ini juga terjadi di Kota Malang. Maka dari itu perlu ada strategi yang bertujuan mengembangkan industri kreatif di Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan peneliti mengacu pada metode yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil dari penelitian ini adalah Dinas Perindustrian memiliki 5 program dalam mengembangkan industri kreatif, yaitu : 1) Peningkatan Kapasitas SDM Industri Kreatif, (2) Monitoring dan Evaluasi, (3) Menjaga dan Mengembangkan Sentra-sentra Industri, (4) Memfasilitasi Pelaku Industri Kreatif, (5) Promosi. Dari 5 program ini kemudian diwujudkan dalam 36 program kegiatan dengan capaian, terdapat 5 program yang tidak sesuai dengan target, 8 program melebihi target dan 23 program sesuai dengan target. Dalam menjalankan program-programnya Dinas Perindustrian berkerja sama dengan pihak swasta dan akademisi dari perguruan tinggi di Kota Malang. Hal ini yang menjadi salah satu faktor keberhasilan program-program Dinas Perindustrian. Namun dari semua program-program tersebut masih belum menyentuh kesemua pelaku industri kreatif di Kota Malang. Hal ini disebabkan karena sosialisasi program-program tersebut yang kurang maksimal. Kemudian juga ditemukan peluang dan tantangan. Peluang yang didapat adalah kemajuan teknologi dan banyaknya perguruan tinggi di Kota Malang. Sedangkan tantangan yang dihadapi adalah terkait ide-ide dalam mengembangkan industri kreatif dan kurangnya wawasan mengenai inovasi-inovasi bagi pelaku industri kreatif.

English Abstract

Department of Industry as an institution that directly related to creative industry in Malang City has a duty in developing Creative industry in Malang. This research was conducted to identify and analyze the strategies of Department of Industry in developing creative industry. This research is based on the current global economic development which has experienced a paradigm shift from natural resource-based economy to a knowledge-based and creativity-based economic paradigm and this also happens in Malang. Therefore, there should be a strategy that aims to develop creative industries in Malang. The type of research used in the preparation of this thesis is the type of descriptive research with qualitative approach. Sources of data used are primary data and secondary data. Data analysis used by researchers refers to the method proposed by Miles, Huberman and Saldana. The result of this research is Department of Industry has 5 programs in developing creative industry, namely: 1) Increasing Creative Industry Human Resource Capacity, (2) Monitoring and Evaluation, (3) Maintaining and Developing Industrial Centers, (4) Facilitating Creative Industry Performers , (5) Promotion. From these 5 programs are then realized in 36 program activities with achievements there are 5 programs that are not in accordance with the target, 8 programs exceed the target and 23 programs in accordance with the target. In carrying out its programs the Department of Industry cooperates with private parties and academics from universities in Malang. This is one of the success factors of the programs of the Department of Industry. But of all these programs still have not touched all creative industry players in Malang. This is because the socialization of these programs are less than the maximum. Then also found opportunities and challenges. Opportunities gained are technological progress and the number of universities in Malang. While the challenges faced are related ideas in developing the creative industry and lack of insight on innovations for creative industry players.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/182/051803443
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Industri Kreatif
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.14 Local Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 May 2018 06:41
Last Modified: 26 Oct 2021 05:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10223
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (811kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (203kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item