Teaching Strategies In Speaking Class At Smkn 4 Malang

Ikrima, Izzatul (2018) Teaching Strategies In Speaking Class At Smkn 4 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menceritakan tentang strategi pengajaran yang diterapkan oleh guru di kelas berbicara di SMKN 4 Malang. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui: (1) strategi pengajaran di kelas berbicara. (2) Prestasi siswa dalam keterampilan berbicara. (3) Persepsi siswa terhadap strategi yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Subjek penelitian adalah salah satu guru bahasa Inggris dan siswa kesepuluh siswa persiapan grafis E (x PS E) di SMKN 4 Malang. Ada tiga instrumen yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data, yaitu daftar periksa observasi, panduan wawancara, dan kuesioner. Dalam pengamatan, peneliti menemukan strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengajar berbicara. Dalam wawancara, peneliti menemukan latar belakang pendidikan guru, prestasi siswa di SMKN 4 Malang, dan karakteristik siswa kesepuluh siswa persiapan grafis E (x PS E). Dalam kuesioner, peneliti menemukan persepsi siswa terhadap strategi yang diterapkan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi pengajaran yang diterapkan oleh guru dalam mengajar berbicara pada tahun kesepuluh mahasiswa persiapan grafis e di SMKN 4 Malang, yaitu permainan `rantai alfabet`, permainan `mengapa`, `hanya satu menit. `Game, bercerita, permainan peran, diskusi, dan debat. Guru menggunakan enam strategi pendukung juga, yaitu ia menggunakan bahasa yang mudah, mengulangi penjelasan materi dua kali, menerjemahkan beberapa kata-kata sulit, memberikan suara yang lebih keras, menelepon setiap siswa yang membuat suara, dan berbicara lebih lambat. Dari prestasi siswa, peneliti menemukan bahwa siswa memiliki kemampuan yang baik dalam berbicara. Dapat dibuktikan dengan melihat skor berbicara siswa yang lebih dari 80, lebih tinggi dari skor minimum standar di sekolah yaitu 75 sebagai Kriteria Ketuntasan minimum (KKM). Para siswa juga memiliki beberapa prestasi dari kompetisi berbicara yang menang. Dari persepsi siswa, para siswa berpikir bahwa strategi yang digunakan oleh guru itu menarik dan mereka sepakat bahwa strategi yang digunakan oleh guru dapat meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Sementara itu, guru bahasa Inggris harus mempertimbangkan apakah siswa memahami materi atau tidak, karena kadang-kadang penjelasan guru terlalu panjang dan terlalu cepat. Peneliti berharap bahwa guru yang tidak memiliki variasi dalam mengajar bahasa Inggris dapat menggunakan dan mengembangkan strategi pengajarannya

English Abstract

This research tells about the teaching strategies applied by the teacher in speaking class at SMKN 4 Malang. Therefore, this study is intended to find out: (1) the teaching strategies in speaking class; (2) the students’ achievement in speaking skill; (3) the students’ perception toward the strategies applied by the teacher. The study used descriptive qualitative as a research design. The subjects of the study were one of the English teachers and the tenth year students of Graphic Preparation E ( X PS E) at SMKN 4 Malang. There were three instruments used by the researcher in collecting the data, namely observation checklist, interview guide, and questionnaire. In the observation, the researcher found the strategies applied by the teacher in teaching speaking. In the interview, the researcher found the educational background of the teacher, the students’ achievement at SMKN 4 Malang, and the characteristics of the tenth year students of Graphic Preparation E (X PS E). In the questionnaire, the researcher found the students’ perception toward the strategies applied by the teacher. The result of the study showed that there were some teaching strategies applied by the teacher in teaching speaking in the tenth year students of Graphic Preparation E at SMKN 4 Malang, namely “Alphabet chain” game, “The why” game, “Just a minute” game, story telling, role play, discussion and debate. The teacher used six supporting strategies as well, namely he used an easy language, repeated the explanation of the material twice, translated some difficult words, gave a louder voice, called each student who make a noise, and spoke more slowly. From the students’ achievement, the researcher found that the students had a good ability in speaking. It could be proven by seeing the students’ speaking scores that were more than 80, it was higher than a standard minimum score in the school that is 75 as a Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). The students also had some achievements from winning speaking competition. From the students’ perception, the students thought that the strategies used by the teacher were interesting and they agreed that the strategies used by the teacher could enhance their speaking skill. Meanwhile, the English teacher has to consider whether the students understand the material or not, because sometimes the teacher’s explanation is too long and too fast. The researcher hoped that teachers who have no variation in teaching English can use and develop his or her teaching strategies

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/282/051606699
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Sep 2016 11:08
Last Modified: 19 Oct 2021 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102158
[thumbnail of 5.CHAPTER_III.pdf]
Preview
Text
5.CHAPTER_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8.REFERENCES.pdf]
Preview
Text
8.REFERENCES.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6.CHAPTER_IV.pdf]
Preview
Text
6.CHAPTER_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4.CHAPTER_II.pdf]
Preview
Text
4.CHAPTER_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7.CHAPTER_V.pdf]
Preview
Text
7.CHAPTER_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3.CHAPTER_1.pdf]
Preview
Text
3.CHAPTER_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1.COVER.pdf]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2.ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
2.ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item