Framing Analysis On Jakarta Post Article “Indonesia Not Engaged In “Currency War”: Bi”

Gautama, DishaMarioPutra (2016) Framing Analysis On Jakarta Post Article “Indonesia Not Engaged In “Currency War”: Bi”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini tentang analisis framing pada wacana berita yang berjudul `Indonesia tidak terlibat dalam perang mata uang`: BI `Diterbitkan di The Jakarta Post. Peneliti menggunakan model framing PAN dan Kosicki dalam menganalisis data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retorika dari artikel. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dalam bentuk analisis teks dan dokumen, bukan angka. Data diambil dari artikel berita berjudul `Indonesia tidak terlibat dalam` Perang Mata Uang `: BI` dari Jakarta Post. Setelah data diperoleh, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi data dengan memilih data yang benar sesuai dengan tujuan penelitian, mengkategorikan setiap kalimat sesuai dengan empat perangkat framing dengan PAN dan Kosicki, dan akhirnya menganalisis data berdasarkan tujuan penelitian. Dalam hasil penelitian, menurut struktur sintaksis, Jakarta Post menempatkan sumber yang dapat dipercaya dan memiliki episode lengkap. Dalam struktur skrip, jurnalis melaporkan berita sedikit terpojok kepada pemerintah Cina. Dan artikel itu sudah memiliki semua elemen 5W + 1H. Tentang struktur tematik, jurnalis menulis fakta dalam detail pendek dan terutama dalam kalimat aktif. Akhirnya sesuai dengan struktur retorika, ada ditemukan diksi, idiom, bahasa figuratif, dan grafik. Dengan menggunakan itu, itu dapat memberikan lebih banyak penekankan titik dan meningkatkan titik arti melihat, dan kejelasan. Dapat disimpulkan bahwa dalam judul serta timbal, wartawan yang ditulis singkat, memiliki sumber yang baik. Ini memiliki semua elemen 5W + 1H, detail pendek dari kalimat, sebagian besar menggunakan kalimat aktif. Dan juga ditemukan koherensi dan kata ganti. Ada diksi, idiom, bahasa figuratif dan grafik juga ditemukan. Untuk peneliti berikutnya diharapkan dapat menemukan sesuatu yang berbeda tentang bingkai di media massa. Dan untuk media massa diharapkan untuk mengeksplorasi teknik dalam membangun berita.

English Abstract

This research is about the framing analysis on news discourse entitled “Indonesia Not Engaged in „Currency Wars‟: BI” published on The Jakarta Post. The researcher used Pan and Kosicki framing model in analyzing the data. The objectives of the study are to describe the syntactical, script, thematic, and rhetoric structures from the article. This research uses qualitative research in the form of text and document analysis instead of number. The data were taken from news article entitled “Indonesia Not Engaged in „Currency Wars‟: BI” from The Jakarta Post. After the data were obtained, the next step were identifying data by selecting the correct data according to the objective of the study, categorizing each sentence according to four framing devices by Pan and Kosicki, and finally analyzing data according to objective of the study. In the result of the study, according to syntactic structure, the Jakarta Post put trustworthy sources and has complete episode. In script structure, the journalist reported the news little bit cornered to China‟s government. And the article already has all the 5w+1h element. About thematic structure, the journalist wrote the fact in short details and mainly in active sentence. At last according to rhetoric structure, there are found dictions, idioms, figurative languages, and graphic. By using that, it can give more emphasizing point and increase the salience point, and vividness. It can be concluded that in the headline as well as lead, the journalist wrote in short, had good sources. It had all the 5W+1H element, short details of the sentence, mostly used active sentences. And are also found coherences and pronouns. There are dictions, idiom, figurative languages and graphics found as well. For next researcher is expected be able to find something different about frame in mass media. And for mass media it is expected to explore the techniques in building news.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/262/051606679
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Aug 2016 09:14
Last Modified: 19 Oct 2021 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102135
[thumbnail of 1-Skripsi_Framing_Analysis_On_The_Jakarta_Post_Article_INDONESIA_NOT_ENGAGED_IN_CURRENCY_WAR_BI.pdf]
Preview
Text
1-Skripsi_Framing_Analysis_On_The_Jakarta_Post_Article_INDONESIA_NOT_ENGAGED_IN_CURRENCY_WAR_BI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2-Jurnal_Framing_Analysis_On_The_Jakarta_Post_Article_INDONESIA_NOT_ENGAGED_IN_CURRENCY_WAR_BI.pdf]
Preview
Text
2-Jurnal_Framing_Analysis_On_The_Jakarta_Post_Article_INDONESIA_NOT_ENGAGED_IN_CURRENCY_WAR_BI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3-Artikel_Framing_Analysis_On_The_Jakarta_Post_Article_INDONESIA_NOT_ENGAGED_IN_CURRENCY_WAR_BI_-.pdf]
Preview
Text
3-Artikel_Framing_Analysis_On_The_Jakarta_Post_Article_INDONESIA_NOT_ENGAGED_IN_CURRENCY_WAR_BI_-.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item