Lenggraeni, VikiLeli (2016) Compensatory Strategies Used by High and Low Achievers of Study Program of English Universitas Brawijaya: A Qualitative Study. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, untuk dapat berkomunikasi secara efektif adalah tujuan utama yang harus dicapai oleh semua peserta didik. Para peserta didik berusaha membuat lawan bicara mereka memahami apa yang mereka maksud dengan menggunakan cara-cara tertentu yang disebut strategi kompensasi. Penggunaan strategi kompensasi dapat dipengaruhi oleh tingkat kemahiran peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian tentang strategi kompensasi yang digunakan oleh berprestasi tinggi dan rendah program studi Bahasa Inggris Universitas Brawijaya menggunakan teori strategi kompensasi oleh Poullise et al. (1990). Ada dua masalah yang harus diselesaikan dalam penelitian ini: (1) Apa jenis strategi kompensasi yang digunakan oleh proksi studi yang tinggi dan rendah Universitas Brawijaya, (2) Apa jenis strategi kompensasi yang sebagian besar digunakan oleh pencapaian tinggi dan rendah. Program Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Ada sembilan subjek dalam penelitian ini. Mereka datang dari kelas berbicara di depan umum 2014 yang dipilih berdasarkan skor mereka dalam skill akademik dan dasar oral dan pendengaran dasar pada semester sebelumnya. Data adalah ucapan yang berisi strategi kompensasi (CPS) dalam menceritakan kembali sebuah cerita. Studi ini mengungkapkan bahwa semua jenis CPS yang digunakan oleh berprestasi tinggi, yaitu strategi analitik, strategi holistik, strategi transfer dan kreativitas morfologi. Di sisi lain, hanya ada tiga jenis CPS, kecuali kreativitas morfologi, yang digunakan oleh orang yang berprestasi rendah. Selain itu, strategi holistik adalah yang paling sering digunakan oleh berprestasi tinggi, sementara strategi transfer adalah yang paling sering digunakan oleh berprestasi rendah. Sebagai kesimpulan, tingkat kemahiran yang berbeda dari siswa memengaruhi pilihan jenis strategi kompensasi. Kemudian, penulis menyarankan siswa program studi bahasa Inggris untuk mengambil lebih banyak upaya untuk menyelesaikan masalah mereka dalam komunikasi dengan menerapkan strategi kompensasi. Selain itu, para peneliti masa depan diharapkan untuk mencakup kekurangan penelitian ini untuk memperkaya studi dalam topik ini.
English Abstract
In learning English as Foreign language, to be able to communicate effectively is the prime goal to be achieved by all learners. The learners try to make their interlocutors understand what they mean by using certain ways which are called compensatory strategies. The use of compensatory strategies can be influenced by proficiency level of the learners. In this study, the writer conducted a research about compensatory strategies which are used by high and low achievers of Study Program of English Universitas Brawijaya using the theory of Compensatory strategies by Poullise et al. (1990). There were two problems to be solved in this study : (1) What are the compensatory strategies types used by high and low achievers of Study Program Universitas Brawijaya, (2) What are the compensatory strategies types mostly used by high and low achievers of Study Program of English Universitas Brawijaya. This study used qualitative approach and the type of research was case study. There were nine subjects in this study. They came from Public Speaking class 2014 that were selected based on their score in the Academic Speaking and Basic Oral and Auditory skill in the previous semester. The data were utterances containing compensatory strategies (CpS) in retelling a story. The study revealed that all types of CpS used by high achievers, namely analytic strategies, holistic strategies, transfer strategies and morphological creativity. On the other hand, there were only three types of CpS, except morphological creativity, used by Low achievers. Additionally, Holistic strategies were the most frequently used by high achievers, while transfer strategies were the most frequently used by low achievers. In conclusion, the different proficiency level of the students influenced the choice of compensatory strategies types. Then, the writer suggests students of Study Program of English to take more effort to solve their problems in communication by applying compensatory strategies. Besides, future researchers are expected to cover the shortcomings of this study in order to enrich the study in this topic.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/181/051604132 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 10:39 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 01:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102044 |
Preview |
Text
AKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Appendics_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
APPENDICES.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BOARD_OF_EXAMINERS'_APPROVAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BERITA_ACARA_BIMBINGAN_SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Appendics_2.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
CHAPTER_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
CHAPTER_IV.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
CHAPTER_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
CHAPTER_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
CHAPTER_II.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DECLARATION_OF_AUTHORSHIP.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
REFERENCES.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Dog.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
TABLE_OF_CONTENTS.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
TITLE_PAGE.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
SUPERVISORS'_APPROVAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |