A Study on Students’ Problems in Learning Speaking at SMP Negeri 6 Malang.

Safitri, DessyAmelia (2015) A Study on Students’ Problems in Learning Speaking at SMP Negeri 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keterampilan berbicara memiliki peran yang sangat penting karena digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi. Semua kemampuan sangat penting untuk dikuasai dalam belajar bahasa Inggris, tetapi kebanyakan penggunaan bahasa Inggris biasanya lebih fokus pada penguasaan kemampuan untuk berbicara. Dalam hal ini, masih ada beberapa siswa cenderung memiliki beberapa masalah yang dihadapi dalam pembelajaran berbicara. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui masalah siswa kelas delapan di SMP Negeri 6 Malang dengan menggunakan teori skeffington, kemudian untuk menggambarkan upaya para siswa dalam mengatasi masalah dengan menggunakan teori Littlewood dan juga untuk menggambarkan. Strategi Guru untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah dengan teori Anda. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas 8.3 dan salah satu guru bahasa Inggris di SMP Negeri 6 Malang. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berikut: Daftar Periksa Observasi, Kuisioner dan Panduan Wawancara. Dari hasil pengamatan, kuesioner dan wawancara, peneliti menemukan bahwa ada siswa di kelas 8.3 memiliki masalah dalam pembelajaran berbicara, di mana hasilnya adalah 18 siswa (56%) memiliki masalah dalam kurangnya dukungan, 8 siswa (25%) memiliki Masalah dalam tekanan teman sebaya dan 6 siswa (19%) memiliki masalah dalam kurangnya motivasi. Untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran berbicara, para siswa menggunakan beberapa strategi komunikasi. Peneliti menemukan bahwa di antara semua strategi komunikasi, mencari bantuan yang sering terjadi di kelas, ada 7 siswa (22%). Ada 6 siswa (19%) menggunakan menyesuaikan pesan dan menggunakan strategi perkiraan. Ada 4 siswa (13%) menggunakan strategi parafrase. Kemudian, beralih ke bahasa asli dan menggunakan strategi sumber daya non-linguistik memiliki rasio yang sama, ada 3 siswa (9%). Strategi terakhir, ada 2 siswa (6%) menggunakan menghindari komunikasi dan ada 1 siswa (3%) menggunakan Buat kata-kata baru. Untuk strategi guru, peneliti menemukan bahwa guru menggunakan strategi kerucut, menggunakan bahasa sederhana, memilih topik menarik, mengingat pedoman yang jelas dan mengingatkan siswa untuk kembali ke Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menunjukkan bahwa siswa SMPN 6 Malang diperkirakan akan memilih strategi komunikasi yang sesuai dalam mengatasi masalah berbicara. Guru kelas 8.3 sangat membantu dalam mengatasi masalah, tetapi mungkin dapat meningkatkan penampilannya dan memiliki lebih banyak strategi lagi. Untuk peneliti lebih lanjut, para peneliti merekomendasikan untuk membuat lebih banyak penelitian mendalam dari penelitian sebelumnya.

English Abstract

Speaking skill has a very important role because it is used as a tool to communicate. All abilities are very important to master in learning English, but mostly the use of English is usually more focused on mastering the ability to speak. In this case, there are still some students tend to have some of the problems encountered in learning speaking. Therefore in this study, the researcher would like to find out the problems of the eighth grade students at SMP Negeri 6 Malang by using Skeffington theory, then to describe the efforts of the students in overcoming the problems by using Littlewood theory and also to describe the teacher’s strategies to help students in overcoming the problem by Ur theory. This research used a descriptive qualitative research design. The subjects of this study were 32 students of class 8.3 and one of English teachers at SMP Negeri 6 Malang. In this research, the data were collected by using the following instruments: observation checklist, questionnaire and interview guide. From the results of observation, questionnaire and interview, the researcher found that there were students in class 8.3 have problems in learning speaking, where the result was 18 students (56%) having problems in lack of support, 8 students (25%) having problems in peer pressure and 6 students (19%) having problems in lack of motivation. To overcome the problems in learning speaking, the students employed some communication strategies. The researcher found that among all communication strategies, seeking help frequently happened in the class, there were 7 students (22%). There were 6 students (19%) using adjust the message and use approximation strategy. There were 4 students (13%) using paraphrase strategy. Then, switch to native language and use non-linguistic resources strategy had same ratio, there were 3 students (9%). The last strategy, there were 2 students (6%) using avoid communication and there were 1 students (3%) using create new words. For teacher’s strategies, the researcher found that the teacher used conical strategy, used simple language, chose interesting topic, given clear guidelines and reminded students to switch back to English. Based on the result of the study, the researcher suggests that the students of SMPN 6 Malang are expected to choose the appropriate communication strategy in overcoming the problems of speaking. The teacher of class 8.3 has been very helpful in overcoming the problems, but may be can improved her performance and have more strategies again. For further researcher, the researchers recommend to make more in-depth research from previous studies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2015/400/051506530
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Sep 2015 15:37
Last Modified: 18 Oct 2021 04:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101599
[thumbnail of Acknowledgements.pdf]
Preview
Text
Acknowledgements.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Abstract.pdf]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Approval_1.pdf]
Preview
Text
Approval_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_I.pdf]
Preview
Text
Chapter_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Berita_Acara_Bimbingan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Berita_Acara_Bimbingan_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Approval_2.pdf]
Preview
Text
Approval_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_II.pdf]
Preview
Text
Chapter_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_III.pdf]
Preview
Text
Chapter_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_IV.pdf]
Preview
Text
Chapter_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_V.pdf]
Preview
Text
Chapter_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Declaration_of_Autorship.pdf]
Preview
Text
Declaration_of_Autorship.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of References.pdf]
Preview
Text
References.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of TABLE_OF_CONTENTS.pdf]
Preview
Text
TABLE_OF_CONTENTS.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Sampul_Dalam.pdf]
Preview
Text
Sampul_Dalam.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item