Renova, Elsa (2017) penelitian pengembangan, media pembelajaran, menyusun teks diskusi, scrapbook, model Borg dan Gall. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat yang dapat mendukung proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, dikembangkan media pembelajaran berupa media SCRAPDISK (Scrapbook Diskusi) untuk pembelajaran menyusun teks diskusi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 15 Malang dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa dan guru. Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan suatu produk yang berupa media pembelajaran. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat memenuhi kriteria kelayakan dari segi kebahasaan, isi materi, dan tampilan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri atas sepuluh tahapan dan didalamnya terdapat uji coba sebanyak tiga kali. Hasil analisis data pada tahap pengembangan produk I dari aspek kebahasaan diperoleh persentase 75%, aspek isi materi sebesar 77%, dan aspek tampilan sebesar 65%. Hasil analisis angket respon siswa dengan melibatkan enam siswa pada uji coba awal diperoleh persentase sebesar 78%. Sementara itu untuk hasil analisis produk II dari aspek kebahasaan diperoleh persentase 88%, aspek isi materi sebesar 87%, dan aspek tampilan sebesar 80%. Uji coba lapangan produk melibatkan 15 siswa dan hasil respon siswa diperoleh persentase sebesar 86%. Hasil analisis produk III dari aspek kebahasaan diperoleh persentase 92%, aspek isi materi sebesar 91%, dan aspek tampilan sebesar 90%. Uji lapangan produk melibatkan 30 siswa dan hasil angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 88%. Hasil analisis data dan implementasi kelas VIII H prapengembangan diperoleh hasil rata-rata 80,6. Hasil nilai siswa pascapengembangan kelas VIII H diperoleh hasil rata-rata 81,8. Hal tersebut menunjukkan bahwa media SCRAPDISK berpengaruh terhadap pembelajaran menyusun teks diskusi. Hasil akhir validasi dan respon siswa menunjukkan bahwa pengembangan media SCRAPDISK dalam menyusun teks diskusi dinyatakan sangat baik dari segi kebahasaan, isi materi, dan tampilan, sehingga media ini dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan materi menyusun teks diskusi.
English Abstract
Learning media is an instrument that can support learning process. In this study, a writer develop a learning media in the form of media SCRAPDISK (Scrapbook Discussion) for learning to compose discussion text. This research is conducted in SMPN 15 Malang by considering the needs of students and teachers. The purpose of this research is to develop a product in the form of learning media. The resulting product is expected to meet the eligibility criteria in terms of language, content, and appearance. This study refers to the Borg and Gall development model consisting of ten stages and three trials. The results of data analysis at product development stage I from linguistic aspect are obtained 75%, material contents aspect 77%, and display aspect 65%. The result of questionnaire analysis of students responses involving six students in the initial trial obtained a percentage of 78%. Meanwhile, for the result of product analysis II from the aspect of language are obtained 88%, material content aspect 87%, and display aspect 80%. The product field test involves 15 students and the result of the students’ response is obtained percentage of 86%. The result of product analysis III from linguistic aspect are obtained 92%, material content aspect 91%, and display aspect 90%. The product field test involves 30 students and the result of questionnaire of student response is obtained percentage of 88%. The result of data analysis and implementation of class VIII H pre development is obtained an average yield of 80.6. The result of the students’ grades after development of class VIII H is obtained an average result of 81.8. It shows that the SCRAPDISK media influences the learning of composing the discussion text. The end result of validation and student response indicates that the development of SCRAPDISK media in composing text is very good in terms of language, content, and appearance, so that this media can be used as a means to convey the material of composing the discussion text.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/449/051706041 |
Uncontrolled Keywords: | penelitian pengembangan, media pembelajaran, menyusun teks diskusi, scrapbook, model Borg dan Gall. |
Subjects: | 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.33 Teaching aids, equipment, materials |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 08:28 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 07:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1013 |
Text
Elsa Renova.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |