Semiotic Analysis of PDI-Perjuangan Political Campaign Advertisement “Tumpeng Sebagai Kedaulatan Pangan

Kartono, JinoPrayudi (2014) Semiotic Analysis of PDI-Perjuangan Political Campaign Advertisement “Tumpeng Sebagai Kedaulatan Pangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan menjadi sebuah alat untuk mempromosikan produk, visi, dan idiologi. Pemilu diadakan pada tanggal 9 April 2014 dan Pemilu untuk memilih presiden diadakan pada tanggal 9 Juli 2014 (KPU, 2014). Di penelitian ini, peneliti menganalisa tanda dari ikla PDI-Perjuangan yang berjudul “Tumpeng Sebagai Kedaulatan Pangan”. Peneliti akan menjawab dua rumusan masalah dalam penelitian ini; apa saja tanda-tanda yang ditemukan didalam iklan kampanye politik PDI-Perjuangan. Tujuan dari pembelajaran ini adalah menemukan tanda-tanda dan makna dari tanda-tanda yang ditemukan di dalam iklan kampanye politik PDI-Perjuangan. Penelitian ini menggunakan taksonomi triadik dari Peirce (1958) untuk menganalisa and menemukan tanda-tanda. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diambil dari iklan PDI-Perjuangan yang berjudul “Tumpeng Sebagai Kedaulatan Pangan”. PDI-Perjuangan adalah salah satu parati yang mengikuti Pemilu pada tanggal 9 April 2014. Di penelitian ini, peneliti memilih iklan ini karena ada banyak macam tanda-tanda di iklan ini. Peneliti mengambil data di Youtube karena situs ini dipercaya dan aman untuk diakses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan konsep triadik dari Peirce (1931-1958), ada 96 tanda yang ditemukan di iklan ini. Di iklan ini, ada 59 simbol, 34 ikon, dan 3 indeks. Simbol telah menjadi jumlah yang tertinggi di dalam salah satu unsur dari tiga unsur tanda. Dari hasil penelitian ini, hampir dari simbol di iklan ini adalah teks. Semua tanda-tanda membuktikan bahwa iklan ini menggunakan simbol untuk menginformasikan kepada penonton tentang iklan tersebut. Iklan ini ditemukan simbol, ikon dan indeks secara berkala dan orangorang mengetahui tujuan dari iklan tersebut. Tanda yang paling ditemukan adalah simbol dan simbol yang paling ditemukan adalah teks.

English Abstract

Advertisement becomes a device to promote their product, vision, and even ideology. General Election was held on 9 April 2014 and General Election for electing president was held 9 July 2014 (KPU, 2014). In this research, the researcher analyzes the sign of PDI-Perjuangan entitled “Tumpeng Sebagai Kedaulatan Rakyat”. The researcher would like to answer two problems of the study; what are the signs found in PDI-P TV political campaign advertisement and what is the meaning of signs found in PDI-P TV political campaign advertisement. The purposes of this study are to find out the signs and the meaning of the signs found in PDI-P TV political campaign advertisement. This study uses triadic taxonomy of Peirce (1958) to analyze and find the signs. This study uses qualitative research. The data of this study are taken from the advertisement of PDI-Perjuangan entitled “Tumpeng Sebagai Keadulatan Pangan”. PDI-Perjuangan is one of political parties which compete in General Election on 9th April 2014. In this study, the researcher chooses the advertisement because there are many kinds of element of sign in this advertisement. The researcher picks the data on Youtube because this website is trusted and protected. The finding shows that based on the triadic concept of sign by Peirce (1931-1958), there are 96 signs found in this advertisement. In this advertisement, there are 59 symbols, 34 icons,and 3 indexes. Symbol is the highest numbers in one of three kinds of signs. From this finding, most of symbols are texts in this advertisement. All of the signs prove that this advertisement uses symbol as the sign to inform the viewer about the advertisement. In the advertisement, it is found the symbol, icon, and index together and the people can know the goal of this advertisement. Most signs found are symbols and most symbols found in this advertisement are text.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2014/344/051405615
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Sep 2014 13:23
Last Modified: 18 Oct 2021 05:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/101048
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item