Ishlahiyah, Mazroatul (2013) Tv Viewers’ Interpretation Toward “Trans Tv Milik Kita Bersama” Slogan Used By Trans Tv (A Case Study On Banjarwati Village Society). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hubungan antara bahasa dan masyarakat tidak dapat dipisahkan dengan analisa wacana kritis. Analisa wacana kritis digunakan untuk menyelidiki hubungan antara penggunaan bahasa dan praktek sosial. Selain itu juga digunakan untuk meniliti bagaimana kekuatan bahasa dapat mempengaruhi masyarakat. Oleh karena itu, penulis mengadakan penelitian ini untuk mengetahui kekuatan slogan “Trans TV Milik Kita Bersama” dalam mempengaruhi penontonnya di desa Banjarwati. Bagaimanapun penonton yang dimaksud adalah yang memiliki kriteria khusus seperti suka Trans TV, slogan yang diingat “Trans TV Milik Kita Bersama”, dan suka menonton TV lima jam lebih per hari. Dalam studi ini penulis akan menjawab tiga rumusan masalah yaitu (1) Apa arti slogan “Trans TV Milik Kita Bersama”? (2) Bagaimana susunan slogan “Trans TV Milik Kita Bersama” dilihat dari perspektif sintagmatik dan paradigmatic? (3) Apa dampak slogan “Trans TV Milik Kita Bersama” bagi masyarakat desa Banjarwati?. Studi ini mengaplikasikan pendekatan kualitatif dengan dua desain yaitu analisa dokumen dan studi kasus. Analisa dokumen diterapkan untuk mendiskripsikan arti dan analisa susunan slogan “Trans TV Milik Kita Bersama”. Selain itu, studi kasus digunakan untuk memahami interpretasi penonton TV dan dampak slogan “Trans TV Milik Kita Bersama” bagi masyarakat Banjarwati dengan melakukan wawancara kepada 10 orang yang terdiri dari 2 anak-anak, 5 remaja, dan 2 dewasa. Hasil studi menunjukkan bahwa ada persamaan interpretasi antara penulis dan subjek penelitian tentang arti dan interpretasi slogan “Trans TV Milik Kita Bersama”. Mereka mengatakan bahwa arti slogan “Trans TV Milik Kita Bersama” adalah Trans TV dapat dimiliki oleh semua kalangan. Mereka mengakui dapat mengingat slogan ini karena arti dan intensitas menonton Trans TV. Slogan ini termasuk jenis iklan promosi, sehingga mereka merasa memiliki Trans TV dan tertarik pada Trans TV. Meskipun demikian, ada perbedaan tentang dampak slogan ini. Penulis menyatakan bahwa slogan ini memberikan pengaruh yang besar bagi penonton TV namun mereka menyatakan bahwa yang paling berbengaruh kuat adalah program yang ditayangkan bukan slogannya. Penulis menyarankan agar aplikasi berpikir kritis diberikan waktu dan aktifitas yang lebih sehingga membantu peneliti untuk bekerja lebih maksimal. Kemudian, peneliti selanjutnya dapat mengembangkan topik ini lebih dalam dengan teori dan obyek yang berbeda sehingga bisa berguna bagi perkembangan analisa wacana kritis.
English Abstract
The Connection Between Language And Society Can Not Be Separated From Critical Discourse Analysis (Cda). Cda Explores The Links Between Language Use And Social Practice. It Also Investigates The Power Of Language That Can Give Influence To The Society. The Researcher Conducts This Study In Order To Know The Power Of Trans Tv Milik Kita Bersama Slogan Used By Trans Tv In Influencing The Tv Viewers In Banjarwati. However, The Tv Viewers Are Special People Because They Have Special Criteria Such As They Like Trans Tv And Remember Trans Tv Milik Kita Bersama Slogan, And They Watch Tv Five Hours More In A Day. There Are Three Problems To Be Solved, Namely: (1) What Is The Meaning Of Slogan Trans Tv Milik Kita Bersama Used By Trans Tv?; (2) How Is The Structure Of Slogan Trans Tv Milik Kita Bersama Viewed From Syntagmatic And Paradigmatic Perspectives?; (3) What Is The Impact Of Slogan Trans Tv Milik Kita Bersama Used By Trans Tv To The Society In Banjarwati Village?. This Study Uses Qualitative Approach That Applies Two Designs. They Are Content Or Document Analysis And Case Study. Document Analysis Is Applied Because The Aim Of This Study Is To Describe The Meaning And The Structure Analysis Of Slogan Trans Tv Milik Kita Bersama . Meanwhile, Case Study Is Applied To Understand The Tv Viewers’ Interpretation And The Impact Of Slogan Trans Tv Milik Kita Bersama To The Society In Banjarwati By Doing Interview To 10 Subjects (3 Children, 5 Adolescents, And 2 Adults). This Study Reveals That There Is The Similar Interpretation Between The Researcher And The Subjects Of This Research About The Meaning And The Interpretation Of Slogan Trans Tv Milik Kita Bersama . The Subjects State That The Meaning Of Trans Tv Milik Kita Bersama Is Trans Tv Can Be Owned By Tv Viewers Covering All Of Level And Area. They Interpret That They Remember The Slogan Trans Tv Milik Kita Bersama Because Of The Meaning And The Intensity In Watching Trans Tv. Moreover Slogan Trans Tv Milik Kita Bersama Is An Advertisement That Includes As Promotional Genre So They Are Interested And Feel That They Own Trans Tv. However, There Is Different Interpretation About The Impact Of Slogan Trans Tv Milik Kita Bersama . The Researcher Considers This Slogan Gives Big Impact To The Tv Viewers But They Say The Most Powerful Influence Is The Programs Shown By Trans Tv Not The Slogan. The Researcher Suggests The Application Of Critical Thinking In Cda Should Be Given More In Time And Activity Thus It Will Be Very Helpful For The Students To Do More. Besides, The Next Researchers Can Develop And Explore This Topic Deeper In Different Theory Or Object. So, It Will Be Very Useful For The Knowledge Development Especially In Critical Discourse Analysis.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2013/225/051309832 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 09:49 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 01:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100682 |
Preview |
Text
bab_3.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_2.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
cover_depan.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_5.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRACT_ku.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |