Sidqei, JeihanTania (2013) Pragmatics Study on Implicature Used in Televison Advertisement of Honda Motorcycle. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunikasi sangat penting dalam kehidupan manusia, karena setiap hari kita berkomunikasi dengan orang lain. Kita juga menggunakan komunikasi untuk tujuan bisnis dan pemasaran, karena komunikasi sangat penting untuk membantu pemasaran suatu produk. Menggunakan komunikasi dalam kegiatan pemasaran bertujuan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan mengajak konsumen untuk membeli dan menggunakan produk-produk yang ditawarkan oleh produsen. Salah satu komunikasi pemasaran yang paling efektif adalah dengan menggunakan iklan. Iklan sering menggunakan implikatur untuk menginformasikan dan membujuk pelanggan. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti implikatur yang digunakan dalam iklan sepeda motor Honda. Ada dua masalah yang harus diselesaikan dalam penelitian ini, yaitu: (1) ucapan apa yang mengandung implikatur dalam iklan sepeda motor Honda, dan (2) Apa makna dari ucapan-ucapan yang mengandung implikatur yang ditemukan dalam iklan sepeda motor Honda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten. Peneliti menganalisis ucapan dalam delapan iklan sepeda motor Honda di televisi yang ditayangkan di saluran televisi nasional dan saluran televisi lokal, dari Januari 2011 sampai Desember 2011. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan empat langkah menganalisa implikatur: (1) memilih data, (2) menganalisis makna dari ucapanucapan yang mengandung implikatur, (3) mendeskripsikan konteks, dan (4) membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menemukan 34 ucapan dari delapan data iklan sepeda motor honda yang mengandung implikatur berdasarkan teori dari Sperber dan Wilson. Peneliti juga menumukan bahwa semua iklan sepeda motor Honda mengandung implikatur, dan beberapa ucapan dari iklan yang mengandung implikatur melakukan persuasi yang memiliki tujuan untuk membujuk penonton atau pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk sepeda motor Honda. Peneliti menyarankan kepada mahasiswa Universitas Brawijaya atau peneliti berikutnya untuk menggunakan berbagai sumber data dan teori-teori lain dari implikatur. Mudah-mudahan, penelitian ini menjadi inspirasi dalam menulis skripsi mereka. Kemudian, peneliti juga menyarankan pengiklan untuk membuat berbagai cara dalam menyajikan produk yang bertujuan untuk membuat konsumen lebih tertarik.
English Abstract
Communication is very important in human life, because everyday we communicate with each other. We also use communication for business and marketing purpose because communication is very important to help the marketing of a product. Using communication in marketing activity is to spread the information, influence, and invite the consumers to buy and use products that are offered by manufacturer. One of the most effective marketing communications is the use of advertisement. Advertisements often contain implicature to inform and persuade the customers. The researcher conducts a study about implicature used in Honda motorcycle advertisement. There are two problems to be solved in this study, they are: (1) What utterances contain implicature in Honda motorcycle advertisement, (2) What are the meaning of utterances containing implicature found in Honda motorcycle advertisement. This study uses qualitative approach , and the type of research used in this study is content analysis. The researcher analyzes the utterance in eight Honda motorcycle advertisement aired in Indonesian national and also local television station, from January 2011 until December 2011. In this study the researcher applies implicature analysis steps : (1) selecting the data, (2) analysing the meaning of the utterances that contain implicature, (3) describing the context, and(4) drawing conclusion. The result of the study is the researcher finds 34 utterances in eight data of Honda motorcycle advertisement containing implicature based on Sperber and Wilson’s theory. The researcher also finds that all advertisements of Honda motorcycle containing implicature, and some utterances of the advertisements containing implicature perform the persuasion whose purposes is to persuade the audience or customers to buy Honda motorcycle products. The researcher suggests students of Brawijaya University or the next researchers use different data sources and other theories of implicature. Hopefully, this research becomes an inspiration in writing their theses. Then, the researcher also suggests the advertiser make various ways in promoting products in order to make consumers more interested.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2013/2/051301121 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 08:49 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100659 |
Preview |
Text
051301121.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |