As`ary, MYusuf (2013) An Error Analysis on Subject-Verb Agreement of Written English by 11th Grade Students of MAN 3 Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam mempelajari sebuah bahasa, membuat kesalahan adalah normal bagi peserta didik, karena kesalahan diperlukan dalam rangka untuk memberikan umpan balik yang lebih baik untuk sebuah perbaikan dalam proses pembelajaran. Salah satu permasalahan yang muncul ketika mempelajari sebuah bahasa adalah masalah tata bahasa. Aturan subjek-verb merupakan salah satu aturan dasar dalam bahasa Inggris, dan peserta didik masih membuat kesalahan dalam memproduksinya. Dan dari kesalahan, penguasaan sebuah sistem bahasa dapat diukur. Ada dua permasalahan yang harus diselesaikan, yaitu: (1) kesalahan tata bahasa pada subjek-verb yang dibuat oleh siswa kelas 11 MAN 3 Tulungagung dan (2) kesalahan sistematik pada subjek-verb yang dibuat oleh siswa kelas 11 MAN 3 Tulungagung. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena akan menggambarkan dan menjelaskan data dari pelaku. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan dan menjelaskan kesalahan subjek-verb oleh para pelaku dan penguasaan mereka pada aturan. Penelitian mengungkapkan bahwa semua kesalahan tata bahasa (omission, addition, misformation, dan misordering) pada aturan subjek-verb dan tahapan kesalahan sistematik (pre-systematis, systematic, dan post-systematic error) telah ditemukan pada aturan subjek-verb yang ditulis oleh para pelaku. Untuk kesalahan tata bahasa pada subjek-verb, pelaku cenderung menghilangkan sesuatu karena pelaku tidak mengetahui bahwa item tersebut diperlukan. Untuk terjadinya kesalahan sistematik pada subjek-verb, sebagian besar pengetahuan pelaku tentang subjek-verb teridentifikasi berada pada kesalahan sistematik yang berarti berarti bahwa subjek telah mengenal beberapa aturan, meskipun aturan itu salah. Penulis menyarankan bahwa siswa harus belajar lebih lanjut tentang subjek-verb, dan penulis juga menyarankan bahwa guru harus memberi perhatian lebih pada tata bahasa siswa terutama pada subjek-verb. Penulis sendiri harus menyadari bahwa ia harus lebih memperhatikan karya-karyanya untuk mengurangi kesalahan yang tidak perlu, dan penulis menyarankan peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian pada cakupan yang lebih besar mengenai aturan didalam bahasa Inggris.
English Abstract
In learning language, making mistakes is normal among learners, because mistakes are needed in order to give better feedback for better improvement in learning process. One of problem arises in learning certain language is on the grammar. Subject-verb agreement is one of basic rules in English, and learners still producing errors in producing it. From the errors, the mastery of the language system can be identified. There are two problems to be solved, namely: (1) grammatical errors on subject-verb agreement made by 11th students of MAN 3 Tulungagung and (2) systematicity errors on subject-verb agreement made by 11th students of MAN 3 Tulungagung. In this research, the writer uses descriptive qualitative approach because it will describe and explain the data from the subjects. The research meant to describe and explain subjects’ subject-verb agreement errors and their mastery on the rules. The research reveals that all grammatical errors (omission, addition, misformation, and misordering) on subject-verb agreement and systematicity error stages (pre-systematic error, systematic error, and post-systematic error) on subject-verb agreement are identified. For the occurrence of grammatical error on subject-verb agreement, the subjects tend to omit a certain item that must be presented in order to form a correct sentence, and the errors were caused by the fact that the subject do not know that the item must be presented. For the occurrence of systematicity errors on subject-verb agreement, mostly the subjects’ knowledge on subject-verb agreement is identified on systematic error stage. It means that subjects have known some marker (rules), although the rules are wrong. The writer suggests that the student should study more on subject-verb agreement, and the writer suggests that the teacher should give more attention to students’ grammar especially on subject-verb agreement. The writer should realize that he should pay more attention to his works in order to minimize errors and unnecessary mistakes, and the writer suggests the next researcher conduc a research on larger circumstance of English grammar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2013/134/051307504 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 18 Sep 2013 08:58 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100589 |
Preview |
Text
Buat_pdf.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |