Pengaruh Variabel Fundamental Internal Terhadap Harga Saham (Studi pada Saham LQ-45 yang listing di BEI periode tahun 2009-2011),

Choirani, GadisAshabi (2013) Pengaruh Variabel Fundamental Internal Terhadap Harga Saham (Studi pada Saham LQ-45 yang listing di BEI periode tahun 2009-2011),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis fundamental merupakan analisis yang mendasar pada saham yang dilakukan dengan menilai saham tersebut berdasarkan data-data historis perusahaan, dari laporan keuangan perusahaan dan laporan non-keuangan perusahaan. Analisis fundamental menggunakan laporan keuangan dengan menggunakan variabel-variabel fundamental seperti : penjualan, kekayaan perusahaan, kewajiban perusahaan, laba bersih perusahaan dan sebagainya yang mempengaruhi harga saham di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel fundamental internal yang terdiri dari enam rasio keuangan yaitu retun on equity (ROE), debt to equity ratio (DER), net profit margin (NPM), current ratio (CR), earning per share (EPS) dan price earning ratio (PER) terhadap harga saham (studi pada saham lq-45 yang listing di BEI periode 2009-2011). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yang kemudian dari kriteria yang ditetapkan terpilih 23 perusahaan sebagai sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferiensial dengan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial, serta f-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian dengan menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa rasio keuangan yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham adalah ROE, EPS dan PER. ROE berpengaruh positif terhadap harga saham dengan nilai beta 1,816. EPS memiliki pengaruh positif terhadap harga saham dengan nilai beta 0,001. PER memiliki pengaruh positif terhadap harga saham dengan nilai beta 0,048. Sementara secara bersama-sama variabel ROE, DER, NPM, CR, EPS dan PER memiliki pengaruh sebesar 58,7% terhadap harga saham sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya Adjusted R Square sebesar 0,587 sedangkan sisanya 41,3% dipengaruhi faktor lain diluar model penelitian ini. Terdapat keterbatasan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan 6 variabel fundamental dan tahun penelitian hanya 3 tahun. Disarankan agar dilakukan penelitian lanjutan dengan menambah variabel fundamental lainnya dan periode penelitian yang lebih panjang, agar kemampuan memprediksi harga saham akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FIA/2013/218/051305810
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jul 2013 10:09
Last Modified: 18 Oct 2021 05:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100186
[thumbnail of CURRICULUM_VITAE.pdf]
Preview
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lembar2-daftar2.pdf]
Preview
Text
Lembar2-daftar2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
cover_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item