Rezha, Fahmi (2013) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik(e-KTP) Di Kota Depok). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada dasarnya, kehadiran aparat pemerintah adalah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kehidupan masyarakat saat ini membutuhkan petugas untuk bekerja secara profesional dan mampu bersaing di era globalisasi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan e-KTP terhadap kepuasan masyarakat di Depok dan di antara sub variabel kualitas pelayanan e-KTP, mana yang paling berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan e-KTP terhadap kepuasan masyarakat di Depok dan untuk menentukan sub variabel dari kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Sampel yang diambil adalah 100 orang dari seluruh populasi ini 1.020.002 orang dengan rumus Slovin. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner. Instrumen validitas diuji dengan menggunakan pearson product-moment dan reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan alpha cronbach. Analisis data yang menggunakan deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dalam kepuasan masyarakat 0758 dengan tingkat signifikan 95%. Itu berarti bahwa 75,8% kepuasan masyarakat yang menerima pelayanan perekaman data e-KTP di Depok dapat dipengaruhi oleh beberapa sub Variabel seperti bukti fisik, reliabilitas, daya tanggap, jaminan, dan empati dan sisanya 24,2% adalah dipengaruhi oleh variabel independen lain yang belum ditunjukkan dalam penelitian ini. Yang paling berpengaruh dalam memuaskan masyarakat yang menerima layanan perekaman data e-KTP adalah reliabilitas dengan koefisien regresi sebesar 0.867. Menurut Siagian dalam bukunya Manajemen Sumber Daya Manusia, yang salah satu aspek penting dari pertumbuhan dan pemeliharaan citra positif birokrasi adalah upaya sistematis, program, peningkatan kapasitas dan pekerjaan yang berkelanjutan dalam birokrasi, termasuk kemampuan sumber daya manusia. dalam hasil penelitian penulis menyarankan bahwa Kepala The Kependudukan dan Catatan Sipil Dinas harus melakukan perbaikan terus-menerus kualitas pelayanan perekaman data e-KTP, karena kualitas pelayanan memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan kepuasan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR//FIA/2013/206/051305654 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Jul 2013 15:05 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100174 |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_TABEL_DAN_GAMBAR.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN__Jawaban_responden.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |