Evaluasi atas Strategi yang Dilakukan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dalam Meningkatkan Kualitas Portofolio Produk Kredit Usaha Mikro (KUM) dengan Menggunakan SWOT ( Studi Pada Bank Mandiri Kantor Caba

Arviana, Nerissa (2013) Evaluasi atas Strategi yang Dilakukan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dalam Meningkatkan Kualitas Portofolio Produk Kredit Usaha Mikro (KUM) dengan Menggunakan SWOT ( Studi Pada Bank Mandiri Kantor Caba. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan kredit merupakan suatu kegiatan yang penting untuk menggerakkan perekonomian rakyat. Kredit mikro merupakan salah satu jenis kredit yang banyak dilirik oleh lembaga keuangan dan banyak lembaga keuangan yang memperluas pasar di segmen mikro salah satunya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Bank dalam setiap penyaluran kreditnya dibutuhkan strategi-strategi khusus agar kredit yang disalurkan tersebut berkualitas yang nantinya juga akan memperbaiki kualitas portofolionya. Secara umum kinerja dan tingkat pencapaian portofolio kredit pada Bank Mandiri Leces Probolinggo belum sepenuhnya maksimal. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi-strategi yang dapat dirumuskan melalui model analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi streghts, weakness, oppotunitie, treaths dan untuk mengetahui implikasi strategi yang dapat digunakan berdasarkan faktor-faktor yang telah didapat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini adalah faktor-faktor yang termasuk dalam streghts, weakness, oppotunitie, treaths dan implikasi strategi yang dapat digunakan untuk bahan pertimbangan dalam mengelola kualitas portofolio kredit. Hasil penelitian diperoleh bahwa posisi dalam kuadran SWOT berada pada kuadran III. Dimana peluang yang tersedia sangat menyakinkan namun tidak dimanfaatkan karena kekuatan yang ada tidak cukup untuk mengelolanya. Strategi yang direkomendasikan adalah mengatasi kelemahan yang diuraikan dalam pembahasan untuk menggarap peluang yang ada. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini adalah melakukan pelatihan, forum, dan training kepada karyawan secara rutin untuk meningkatkan kinerja dan kapabilitas pegawai sehingga terhindar dari terjadinya fraud, meningkatkan ketelitian dan menginvestigasi calon debitur secara mendalam dengan tetap memperhatikan 5C ( Character, Capacity, Capital, Collateral, dan Condition of economic) agar kredit yang disalurkan berkualitas, serta meningkatkan budaya kerja dan menerapkan peraturan bank yang baik dalam setiap melaksanakan tugas-tugas yang diemban agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR//FIA/2013/115/051304358
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jun 2013 12:32
Last Modified: 18 Oct 2021 04:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100083
[thumbnail of 051304358.pdf]
Preview
Text
051304358.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item