Pengaruh Experiential Marketing (Pemasaran Pengalaman) terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Anggota Fitness Universitas Brawijaya Sport Center Kota Malang)

Firdaus, Muhammad Nurifqi (2019) Pengaruh Experiential Marketing (Pemasaran Pengalaman) terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Anggota Fitness Universitas Brawijaya Sport Center Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menjelaskan pengaruh secara simultan (bersama-sama) dan parsial Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada Anggota Fitness UB Sport Center Kota Malang. Variabel independen pada penelitian ini ialah Sense / Panca Indera (X1), Feel / Perasaan (X2), Think / Pikiran (X3), Act / Tindakan (X4), dan Relate / Hubungan (X5). Variabel dependen pada penelitian ini ialah Loyalitas Pelanggan (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 115 orang Anggota Fitness UB Sport Center Kota Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Sense / Panca Indera (X1), Feel / Perasaan (X2), Think / Pikiran (X3), Act / Tindakan (X4), dan Relate / Hubungan (X5) berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) yang dapat dilihat dari nilai sig. F (0,000) < sig. α (0,05) dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,516 atau 51,6%. Hal ini menunjukkan bahwa Experiential Marketing yang terdiri dari variabel Sense / Panca Indera (X1), Feel / Perasaan (X2), Think / Pikiran (X3), Act / Tindakan (X4), dan Relate / Hubungan (X5) sebesar 51,6% dapat mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Y). Secara parsial, Sense / Panca Indera (X1) berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,992) > sig. α (0,05), Feel / Perasaan (X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,100) > sig. α (0,05), Think / Pikiran (X3) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,009) < sig. α (0,05), Act / Tindakan (X4) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,048) < sig. α (0,05), dan Relate / Hubungan (X5) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,028) < sig. α (0.05).

English Abstract

This research aims to test and explain the influence of Experiential Marketing on Loyalty simultaneously and partially on Fitness Member of Brawijaya University Sport Center Malang. Independent variables in this research are Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), and Relate (X5). Dependent variable in this research is Customer Loyalty (Y). This type of research used explanatory research with a quantitative approach. The sampling technique used purposive sampling with a sample of Fitness Member of Brawijaya University Sport Center Malang. Data collection methods used questionnaire and interview. Data analysis techniques used in this research are descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis by using multiple linear regression analysis. The results of this research indicate that Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), and Relate (X5) are simultaneously have a significant effect on Customer Loyalty (Y) which can be seen from the significance value F (0,000) < α (0,05) and Adjusted R Square value is 0,516 or 51,6%. This means that 51,6% of Experiential Marketing consisting of Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), and Relate (X5) can affect Customer Loyalty (Y). Partially, Sense (X1) influential not significantly on Customer Loyalty (Y) with a significance value t (0,992) > α (0,05), Feel (X2) influential not significantly on Customer Loyalty (Y) with a significance value t (0,100) >α (0,05), Think (X3) significantly influential on Customer Loyalty (Y) with a significance value t (0,009) < sig. α (0,05), Act (X4) significantly influential on Customer Loyalty (Y) with a significance value t (0,048) < α (0,05), and Relate (X5) significantly influential on Customer Loyalty (Y) with a significance value t (0,028) < α (0.05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/466/051906470
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Sense, Feel, Think, Act, Relate and Customer Loyalty.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Nov 2020 15:52
Last Modified: 09 Nov 2020 15:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172411
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item