Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Desa Wisata Organik Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso

Agatha, Modesta Putri Novia (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Desa Wisata Organik Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan sektor pariwisata di Indonesia dewasa ini semakin meningkat. Perkembangan ini dapat dilihat dari jumlah wisatawan baik berasal dari dalam negeri maupun luar negeri yang berkunjung ke Indonesia setiap tahunnya terus meningkat. Peningkatan kunjungan wisatawan dapat menjadi pertimbangan untuk mengembangkan sektor pariwisata yang diinginkan oleh wisatawan yang saat ini menunjukkan pergeseran kearah pengembangan pariwisata berkelanjutan. Hal ini direspon dengan munculnya Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Desa wisata ini menawarkan berbagai pelayanan yang menarik dan edukatif, akan tetapi terdapat salah satu permasalahan yaitu terdapat pembatasan kunjungan akibat dari pelayanan yang dirasa kurang baik oleh pengelola. Pengelola mengharapkan adanya peningkatan pelayanan yang nantinya dapat meningkatkan kepuasan pengunjung serta meningkatkan kapasitas kunjungan Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) terhadap kepuasan pengunjung Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Penelitian ini dilakukan di Desa Wisata Organik Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso pada bulan Februari 2018 hingga Maret 2018. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari kuesioner dan wawancara terhadap responden. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis SEM-PLS dengan menggunakan aplikasi WarpPLS 5.0. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 60,2% terhadap kepuasan pengunjung Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bukti fisik (tangible), daya tanggap (responsiveness), dan jaminan (assurance) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Sedangkan variabel kehandalan (reliability) dan empati (empathy) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Oleh karena itu, Desa Wisata Organik Lombok Kulon perlu memperbaiki kehandalan dan empati yang diberikan kepada pengunjung

English Abstract

The development of tourism sector in Indonesia nowadays is increasing. This development can be seen from the number of tourists both coming from domestic and abroad who visit Indonesia every year continues to increase. Increased tourist visits can be a consideration for developing the tourism sector desired by tourist who currently showing a shift towards sustainable tourism development. This was responded by the emergence of Lombok Kulon Organic Tourism Village. This tourism village offers a variety of interesting and educational services, but there is one problem in the tourism village which is the restriction of visits resulting from services that are considered not good enough. The village managers expect an increase in services that will increase visitor satisfaction and increase the capacity of visit in Lombok Kulon Organic Tourism Village. This study aims to determine the impact of service quality consisting of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy on visitor’s satisfaction in Lombok Kulon Organic Tourism Village. This research was conducted at Lombok Kulon Organic Tourism Village Bondowoso in February 2018 until March 2018. The data used are primary data obtained from questionnaires and interviews of respondents. The data were analyzed using SEM-PLS analysis using WarpPLS 5.0 application. The result of this research is service quality has impact about 60.2% to visitor’s satisfaction of Lombok Kulon Organic Tourism Village. Based on the result of research indicated that the variables tangible, responsiveness, and assurance significantly influence the satisfaction of visitors in Lombok Kulon Organic Tourism Village. While the variables reliability and empathy do not significantly affect the satisfaction of visitors in Lombok Kulon Organic Tourism Village. Therefore, Lombok Kulon Organic Tourism Village needs to improve the reliability and empathy given to the visitors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/362/051807606
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanngan, Desa Wisata
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:19
Last Modified: 19 Oct 2021 15:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161423
[thumbnail of MODESTA PUTRI NOVIA AGATHA.pdf]
Preview
Text
MODESTA PUTRI NOVIA AGATHA.pdf

Download (17MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item