Pengaruh Sumber Informasi Dan Kualitas Website Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dalam Menentukan Keputusan Bertransaksi Pada E-Commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia)

Piarna, Rian (2014) Pengaruh Sumber Informasi Dan Kualitas Website Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dalam Menentukan Keputusan Bertransaksi Pada E-Commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi internet yang terus meningkat menyebabkan perubahan kegiatan manusia khususnya dalam kegiatan berbelanja. Belanja yang tehubung dengan internet atau yang lebih dikenal dengan belanja online menjadi kegiatan yang sangat populer di dunia. Belanja online di Indonesia sangat potensial mengingat pada tahun 2012 pengguna internet mencapai 63 juta dan diprediksi pada tahun 2015 mengalami peningkatan drastis menjadi 139 juta pengguna. Pada banyak penelitian kepercayaan dan keputusan konsumen dalam kegiatan belanja online dipengaruhi oleh sumber informasi dan kualitas website. Hasil yang didapatkan dari beberapa penelitian tersebut masih terjadi perbedaan dan perlu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, khususnya di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengaruh sumber informasi terhadap tingkat kepercayaan (trust) pelanggan e-commerce. (2) menjelaskan pengaruh sumber informasi terhadap keputusan pelanggan untuk bertransaksi pada e-commerce. (3) menjelaskan pengaruh kualitas website terhadap tingkat Kepercayaan (trust) pelanggan e-commerce. (4) menjelaskan pengaruh kualitas website terhadap keputusan pelanggan untuk bertransaksi pada e-commerce. (5) menjelaskan pengaruh kepercayaan (trust) terhadap keputusan pelanggan untuk bertransaksi pada e-commerce. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel pelanggan e-commerce di Indonesia. Instrumen utama pengumpulan data berupa kuesioner yang disebar melalui social media (facebook, twitter, blog) dan diukur skala Likert. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 170 responden, namun yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan hanya sebanyak 150 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber informasi secara langsung tidak mempengaruhi kepercayaan dan keputusan bertransaksi pelanggan e-commerce. Sedangkan kualitas website memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan e-commerce namun tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan transaksi. Pelanggan e-commerce perlu memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kualitas

English Abstract

The continuous development of internet technology causes transformation, especially in shopping activity. Online shopping becomes a very popular activity. Online shopping in Indonesia is very potential, considering at 2012, internet users reach 63 billion and predicted increasing to 139 billion users. At many researches, customer`s trust and decision on online shopping influenced by information source and website quality. There are different results from several advanced research, especially in Indonesia. The purposes of this research are (1) to explain the influence of information source on e-commerce`s trust (2) to describe the influence of information source to customer`s decision on e-commerce transaction (3) to explain the influence of website quality toward e-commerce`s trust (4) to explain website quality for customer`s decision on e-commerce transaction (5) to explain influence of trust to transaction on e-commerce. This research conducted by taken samples on e-commerce customers in Indonesia. Main instrument on data collection is questionnaire which is distributed through social media (Facebook, Twitter, and Blogs) and measured by Likert Scale. Respondent amount on this research is 170 respondents, but only 150 respondents that suitable the requirement. Analysis data used is Structural Equation Model (SEM). The result on this research showed that information source directly not influence on e-commerce customer trust and transaction decision. Meanwhile, website`s quality has significant influence on transaction dealing. E-commerce customers need to have a high trust toward the website before deal the transaction.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/381.142/PIA/p/041400561
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 May 2014 14:17
Last Modified: 09 May 2014 14:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157324
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item