Penggunaan Metode Balanced Scorecard Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan Berbasis Analytical Hierarchy Process dan Objectives Matrix,

Handika, FirdanisSetyaning (2013) Penggunaan Metode Balanced Scorecard Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan Berbasis Analytical Hierarchy Process dan Objectives Matrix,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Bank X (Persero) Tbk. merupakan salah satu bank pemerintah di Indonesia yang kegiatannya yaitu menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan serta menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya. Untuk mengetahui performansi perusahaan, PT. Bank X (Persero) Tbk. telah melakukan pengukuran kinerja. Namun, selama ini pengukuran kinerja yang dilakukan PT. Bank X (Persero) Tbk. hanya berdasarkan pada satu aspek saja yaitu aspek finansial, sedangkan aspek yang lain belum dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengukuran kinerjanya. Pengukuran kinerja secara finansial tidaklah cukup mencerminkan kinerja perusahaan sesungguhnya, sehingga dibutuhkan metode pengukuran kinerja yang komprehensif sebagai tolok ukur pencapaian target perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Balanced Scorecard . Metode ini menggunakan empat perspektif dalam pengukuran kinerjanya yaitu financial, customer, internal business process , serta learning and growth . Dengan mempertimbangkan kinerja finansial dan nonfinansial, Balanced Scorecard dapat digunakan untuk mengukur kinerja secara komprehensif sehingga dapat diperoleh gambaran mengenai performansi suatu perusahaan secara akurat. Pengukuran kinerja dalam penelitian ini juga didukung oleh beberapa metode, meliputi Analytical Hierachy Process (AHP) untuk mengetahui skala nilai prioritas, Objectives Matrix (OMAX) yang digunakan dalam melakukan scoring system serta Traffic Light System untuk mengkategorikan hasil pencapaian kinerja. Hasil dari penelitian ini adalah nilai indeks total kinerja perusahaan sebesar 8,95. Sesuai dengan Traffic Light System , nilai tersebut masuk dalam kategori hijau dan menunjukkan bahwa kinerja PT. Bank X (Persero) Tbk. secara keseluruhan sudah mencapai performansi yang diharapkan. Pada penelitian ini, terdapat 16 program inisiatif yang teridentifikasi. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan OMAX dan dilanjutkan dengan analisis menggunakan Traffic Light System , 12 program inisiatif termasuk dalam kategori hijau, 3 program inisiatif dalam kategori kuning, dan 1 program inisiatif dalam kategori merah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/256/051306802
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2013 13:14
Last Modified: 21 Oct 2021 05:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141976
[thumbnail of Cover_-_Summary.pdf]
Preview
Text
Cover_-_Summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
BAB_I_Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_Tinjauan_Pustaka.pdf]
Preview
Text
BAB_II_Tinjauan_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_Metode_Penelitian.pdf]
Preview
Text
BAB_III_Metode_Penelitian.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_Hasil_dan_Pembahasan.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_Hasil_dan_Pembahasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_Penutup.pdf]
Preview
Text
BAB_V_Penutup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item