Uji Aktivitas Antioksidan dan Total Fenol Klorofil a pada Rumput Laut Coklat Sargassum filipendula.

Marfu`ah, Arik (2014) Uji Aktivitas Antioksidan dan Total Fenol Klorofil a pada Rumput Laut Coklat Sargassum filipendula. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumput laut merupakan salah satu tumbuhan yang banyak mengandung senyawa – senyawa metabolit sekunder yang memiliki sifat antioksidan, salah satunya yaitu kandungan senyawa fenol. Rumput laut coklat telah banyak dimanfaatkan sebagai sumber bahan pangan dan kesehatan. Sargassum filipendula adalah salah satu spesies dari rumput laut coklat (phaeophyta) yang terdapat di perairan pantai Talango, Madura. Klorofil dan karotenoid merupakan pigmen yang melimpah pada rumput laut coklat. Pada beberapa penelitian menyatakan klorofil dapat berfungsi sebagai obat karena dapat memperbaiki kondisi kesehatan. Klorofil menarik untuk diteliti sebagai senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan. Antioksidan dapat mencegah dampak negatif yang diakibatkan oleh radikal bebas (Julyasih, et al., 2009). Oleh karena itu dilakukan pengujian aktivitas antioksidan dan total fenol klorofil a pada rumput laut coklat Sargassum filipendula. Penelitian ini bertujuan menentukan aktivitas antioksidan dari klorofil a pada rumput laut coklat Sargassum filipendula. Selain itu, hubungan antara kandungan total fenol dan aktivitas antioksidannya juga ditentukan. Penelitian ini dilakukan dengan mengisolasi klorofil a pada rumput laut coklat Sargassum filipendula yang diukur nilai aktivitas antioksidan dan kandungan total fenolnya. Pengukuran aktivitas antioksidan dilakukan menggunakan metode DPPH (2,2-difenil-1- pikrilhidrazil) dengan parameter uji IC50 (Inhibition Concentration). Pengukuran kadar total fenol menggunakan reagen Folin-Ciocalteu yang didasarkan pada reaksi oksidasi-reduksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang bersifat eksploratif (non hipotesis). Metode eksploratif dilakukan untuk mencapai tujuan utama yakni mengetahui aktivitas antioksidan dan total fenol klorofil a pada rumput laut coklat Sargassum filipendula. Metode eksploratif dilakukan karena pengetahuan tentang gejala yang diteliti masih sangat kurang atau tidak ada sama sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klorofil a pada rumput laut coklat Sargassum filipendula memiliki aktivitas antioksidan. Pengujian aktivitas antioksidan dengan DPPH menunjukkan nilai aktivitas IC50 sebesar 111,748 ppm. Total fenol yang didapatkan dari klorofil a sebesar 0,010815 mg GAE/g sampel. Hal ini dapat dikatakan aktivitas antioksidan dari klorofil a tidak memiliki korelasi positif dengan kandungan total fenolnya, dapat dikatakan bahwa aktivitas antioksidan yang cukup baik, namun kandungan total fenol yang relatif rendah. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa aktivitas antioksidan tidak hanya bersumber dari golongan fenol. Klorofil a memiliki kandungan senyawa yang lain yang juga memiliki aktivitas antioksidan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2014/305/051405714
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.8 Algae / Algae culture / Microalgae--Cultures and culture media > 579.88 Phaeophyta (Brown algae) > 579.888 Sargassum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Sep 2014 10:43
Last Modified: 21 Oct 2021 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133621
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item