Analisis Struktur, Perilaku, Dan Kinerja Pasar Benih Padi Di Kabupaten Ngawi

Bagaskara, Arya (2016) Analisis Struktur, Perilaku, Dan Kinerja Pasar Benih Padi Di Kabupaten Ngawi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mengkonsumsi beras sebagai kebutuhan pangan pokok. Sehingga ketersediaan beras sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat. Menurut Ika (2014) produktivitas beras sebagai konsumsi pokok masyarakat berkaitan erat dengan keterediaannya benih yang bersertifikat. Harapan dari penggunaan benih yang bersertifikat adalah dapat meningkatkan produktivitas padi dan mensejahterakan petani padi. Pemenuhan permintaan benih padi bersertifikat oleh petani melibatkan berbagai subsistem dari sistem pemasaran. Diantaranya produsen benih dan lembaga pemasaran. Menurut Soekartawi (2005), apabila mekanisme pemasaran berjalan dengan baik, maka pihak-pihak yang terlibat didalamnya mulai dari produsen hingga konsumen akan mendapat keuntungan. Baladina (2012), menjelaskan bahwa sistem pemasaran dapat dianalisis dengan menggunakan pendekatan S-C-P (Structure-Conduct-Perfomance). Sehinga pemasaran dapat dideskripsikan dengan menganalisis bentuk, tindakan yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan struktur pasar, selanjutnya mengenai bagaimana mekanisme kinerja pasar. Berdasarkan penelittian pendahuluan dan data yang di peroleh dari Laporan Tahun 1 oleh Dwiastuti (2014), terdapat beberapa produsen benih padi yang memiliki variasi bentuk usaha diantaranya Usaha Dagang, Kebun Benih, dan penangkar benih swasta. Selain itu, fenomena juga menunjukkan bahwa benih yang beredar di Kabupaten Ngawi berasal dari luar wilayah. Keberagaman ini sangat menarik untuk diteliti bagaimana sistem pemasaran yang terjadi menggunakan pendekatan S-C-P. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis struktur pasar benih padi di Kabupaten Ngawi, 2) Menganalisis perilaku pasar benih padi di Kabupaten Ngawi, 3) Menganalisis kinerja pasar benih padi di Kabupaten Ngawi. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Ngawi. Metode penentuan lokasi ini dilakukan secara sengaja denagn mempertimbangkan bahwa Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten dengan unit bisnis benih padi terbanyak di Jawa Timur sebanyak 33 unit bisnis benih padi (Dwiastuti, 2014). Namun, Setelah dilakukan sesnsus pada BPSB Regional Madiun, didapatkan 11 penangkar benih padi. Selanjutnya penentuan resonden penangkar benih padi dilakukan secara sensus menggunakan data yang diperoleh dari HPPB Jawa Timur, serta data dari BPSB Regional Madiun, serta hsil survey lapang didapatkan 11 penangkar benih padi yang kemudian didtetaplan sebagai responden. Selanjutnya, penentuan lembaga pemasaran dilakukan dengan cara accidental sampling, metode ini digunakan karena populasi lembaga pemasaran sulit diketahui sehingga cara yang dilakukan adalah dengan melakukan menyisiran untuk menemukan lokasi lembaga pemasar. Metode analisis data pada analisis struktur pasar adalah dengan manganalisis derajat konsentrasi, derajat diferensiasi produk, hambatan masuk dalam pasar serta menganalisis tingkat informasi pasar. Selanjutnya pada analisis struktur pasar dilakukan dengan menganalisi pada metode penentuan harga, promosi penjualan, Fungsi pemasaran, dan saluran pemasaran. Pada analisis kinerja pasar, dilakukan dengan menganalisis margin pemasaran dan menghitung r/c ratio dari tiap produsen. Berdasarkan hasil penelitian struktur pasar yang mencangkup, derajat konsentrasi, diferensiasi produk, hambatan masuk pasar, dan informasi pasar didapatkan beberapa temuan. Derajat konsentrasi menunjukkan bahwa sebagian besar alat analisis menghasilkan struktur pasar yaitu oligopoli longgar. Pada penggabukan 4 perusahaan terkemuka menghasilkan konsentrasi sebesa 58,71% dimana struktur pasar mengarah ke oligopoli ketat, begitu pula dengan nilai hitung CR4 yang juga sebesar 58,71% menunjukkan struktur pasar oligopoli ketat. Sedangakn perhitungan indeks IHH menghasilkan indeks sebesar 1127,5. Sehingga struktur pasar masuk dalam kategori pasar oligopoli. Struktur ini terbentuk dikarenakan adany beberapa penangkar yang memiliki volume penjualan yang lebih tinggi dari pesaingnya. Pada diferensiasi produk, produk hanya dapat dibedakan dari segi merek dan varietas benih padi. Selanjutnya pada analisis hambatan masuk dalam pasar, ditemukan beberapa macam hambatan. Hambatan tersebut diantaranya persyaratan kualitas benih yang harus benar-benar diawasi oleh penangkar dan BPSB setempat. Jika persyaratan kualitas dapat terpenuhi maka benih akan lolos uji laboratorium sehingga memiliki sertifikat untuk bisa diedarkan. Standar mutu benih padi bersertifikasi berdasarkan pengujian laboratorium yang sudah ditetapkan oleh BPSB untuk kelas benih SS adalah sebagai berikut: kadar air maksimal 13 persen ; benih murni minimal 99,0 persen; kotoran maksimal 1,0 persen; varietas lain maksimal 0,1 persen; biji gulma maksimal 0,1 persen, selanjutnya daya kecambah minimal 80,0 persen. Hambatan selanjutnya yaitu permodalan yang harus dimiliki untuk memperoleh sarana produksi dan bagaimana perusahaan dapat memeperoleh kepercayaan konsumen, Hambatan tersebut dinilai cukup mudah untuk dilampaui oleh produsen, sehingga berdasarkahn hambatan, bentuk persaingan mengarah ke pasar persaingan sempurna. Analisis selanjutnya pada struktur pasar yaitu pengetahuan pasar. Pengetahuan pasar yang diketahui penangkar yaitu meliputi bagaimana cara perolehan benih padi dan harga benih, dan area pemasaran benih padi. Berdasarkan hasil penelitian, unit usaha berbentuk UD memiliki pengetahuan pasar yang lebih sempurna daripada unit usaha lain. Sehingga informasi yang tersebar tidak merata kesemua bentuk usaha. Sedangakn ditingkat lembaga informasi lebih menyebar secara sempurna. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan pedagang menyebutkan asal benih yang dijual oleh pesaingnya. Selanjutnya pada analisis perilaku pasar pada deskripsi pertama mengenai metode penentuan harga, harga yang ditentukan sesuai dengan tujuan perusahaan, diantaranya; pasar subsidi (15%), kemampuan bertahan (15%), lama maksimum (15%), kenaikan penjualan (10%) dan kepemimpinan kualitas (45%). Selain itu juga dibagi menjadi bebeapa kategori penentuan berdasrkan harga pasar yaitu; dibawah harga pasar (30%), sama dengan harga pasar (5%) dan diatas harga pasar (65%). Selain metode tersebut, penentuan harga juga didasarkan besaran biaya produksi dari masing-masing perusahaan. Selanjutnya pada deskripsi penelitian mengenai kegiatan promosi, ditemukan bahwa penangkar melakukan promosi secara personal melalui individu petani maupun kelompok tani. Perilaku pasar juga dapat dilihat dengan bagaimana perusahaan melakukan kolusi. Berdasarkan hasil wawancara pada 20 responden penelitian yang terdiri dari produsen benih dan lembaga pemasaran benih padi di Kabupaten Ngawi tidak melakukan kolusi dalam hal harga maupun produksi. Melainkan melakukan kegiatan produksi untuk memenuhi permintaan skala besar dari pihak diluar konsumen regional Kabupaten Ngawi. Perilaku pasar selanjutnya juga dapat dianalisis menggunakan pendekatan saluran pemasaran dan fungsi pemasaran. Berdasarkan konsidi yang ditemukan di lapangan, titik awal benih dimulai dari benih induk yaitu FS. Kemudian benih induk tersebut di jual kepada penangkar benih di Kabupaten Ngawi untuk diturunkan lagi menjadi benih SS yang kemudian dijual kepada petani pengguna. Pada proses pemasaran benih SS, tidak ditemukan lembaga lain yang terlibat dalam pemasaran, karena penjualan bersifat personal selling. Sedangkan ditingkat lembaga pemasar, benih SS diperoleh dari Jember, Banyuwangi, Boyolali, dan Magetan. Pada fungsi pemasaran, produsen melakukan semua fungsi kecuali kegiatan transportasi (fungsi fisik), hal ini dikarenakan benih yang dijual diambil langsung oleh petani pengguna benih, sehingga biaya transportasi dibayarkan sendiri oleh konsumen. Sedangkan di tingkat lembaga pemasar, kegiatan yang tidak dilakukan adalah pengolahan dan standarisasi, hal ini dikarenakan benih yang didatangkan sudah dalam bentuk kemasan sehingga tidak diperlukan kegiatan pengolahan. Berdasarkan uraian tersebut, perilaku pasar dinilai sudah efektif dalam menentukan

English Abstract

Indonesia is a country that consumes rice as a staple food needs. So the availability of rice is very important for the welfare of society. According to Ika (2014) the productivity of rice as a staple consumption is closely related to the availability of certified seed. Expectations from the use of certified seed that is able to increase rice productivity and welfare of rice farmers. Fulfilling the request of certified rice seeds by farmers involving various subsystems of the marketing system. Among the seed producers and marketing agencies. According Soekartawi (2005), if the marketing mechanism goes well, then the parties involved in it from the producer to the consumer will benefit. Baladina (2012), explains that the marketing system can be analyzed using the approach of the S-C-P (Structure-Conduct-Performance) model. The marketing system can be described by analyzing the shape of the action taken by the company based on market structures, further on how the mechanism of market performance. Based on preliminary research and data revealed by Dwiastuti (2014), there are several producers of rice seed that has a variety of business forms including Trade Enterprises, Garden Seeds, and private seed breeders. This diversity is very interesting to be studied by how the marketing system that occurs approach of S-C-P model. The purpose of this research were 1) to analyze the structure of the rice seed market in Ngawi, 2) to analyze the behavior of the rice seed market in Ngawi, 3) to analyze the performance of the rice seed market in Ngawi The research location is in Ngawi. The method of determining this location is done deliberately denagn consider that Ngawi is one of the districts with the largest rice seed business unit in East Java as many as 33 units of rice seed business (Dwiastuti, 2014). However, After sesnsus on BPSB Regional Madiun, obtained 11 riceseed breeders. Furthermore, the determination of respondent seed paddy census conducted using data obtained from HPPB East Java, as well as data from BPSB Regional Madiun, as well as field survey HSIL gained 11 rice seed which later didtetaplan as respondents. Furthermore, the determination is done by marketing agencies accidental sampling method, this method is used because the population is difficult to know the marketing agency that way is to do Brushing, combing to find the location of the institution marketers. Data analysis methods in the analysis of market structure is analyzed the degree of concentration, the degree of product differentiation, barriers to entry in the market and to analyze the level of market information. Furthermore, the analysis of market structure is done by analyzing the pricing method, sales promotion. Marketing functions, and marketing channels. On market performance analysis, done by analyzing the marketing margin and calculate r / c ratio of each producer. Based on the results of the study that covers the market structure, the degree of concentration, product differentiation, market entry barriers and market information obtained several findings. The degree of concentration shows that most analysis tools generate an oligopoly market structure is loose. On the merger of four leading companies to produce a concentration of 58.71% where the market structure leads to a tight oligopoly, as well as the calculated value CR4 which also amounted to 58.71% indicating a tight oligopoly market structure. Sedangakn IHH index calculation produces an index of 1127.5. So the market structure in the category of an oligopoly market. This structure is formed due to adany some breeders who have a higher sales volume than its competitors. Product differentiation, the product can only be distinguished in terms of brands and varieties of rice seed. Furthermore, the analysis of barriers to entry in the market, found some kind of barrier. Such constraints include seed quality requirements that must be properly controlled by breeders and local BPSB. If the quality requirements can be met, then the seeds will pass the test lab so certified to be circulated. Standard quality rice seeds certified by the testing laboratories that have been defined by BPSB for SS seed class are as follows: maximum water content of 13 percent; a minimum of 99.0 percent pure seed; muck up 1.0 percent; Other varieties up to 0.1 percent; weed seeds up 0.1 percent, then 80.0 percent minimum germination. The next obstacle is the capital that must be held to obtain the means of production and how companies can obtain the trust of consumers, such barriers is considered quite easy to be exceeded by the manufacturer, so berdasarkahn obstacles, forms of competition leads to a perfectly competitive market. Subsequent analysis on the structure of the market is the market knowledge. Market knowledge is known breeder which includes how the acquisition price of rice seed and seed, rice seed and marketing area. Based on the research results, the business unit shaped UD has a perfect knowledge of the market more than the other business units. So that information is not spread evenly all forms of business. Sedangakn level agencies spread information more completely. It can be seen from the ability of traders identified the origin of the seeds sold by competitors. Furthermore, the analysis of market behavior in the first description of the method of determining the price, the price determined in accordance with the objectives of the company, including; market subsidy (15%), survival (15%), the maximum length (15%), the increase in sales (10%) and leadership qualities (45%). It is also divided into categories bebeapa determination based on those market prices, namely; below the market price (30%), equal to the market price (5%) and above market price (65%). In addition to these methods, pricing is also based on the amount of the production costs of each company. Furthermore, the description of the research on promotional activities, it was found that the breeders do personal promotion through individual farmers and farmer groups. Market behavior can also be seen with how the company collusion. Based on interviews in 20 survey respondents consisting of seed producers and marketing agencies rice seed in Ngawi no collusion on price and production. Rather perform production activities to meet the demands of large-scale consumers of regional parties outside Ngawi. The next market behavior can also be analyzed using the approach of marketing channels and marketing functions. Based konsidi found in the field, the starting point of the seed parent seed starting is FS. Then the seeds are sold to the parent seed in Ngawi to be lowered again into the SS seeds which are then sold to farmers users. In the process of marketing the seed SS, there are no other agencies involved in marketing, because sales are personal selling. While the agency level marketers, SS seed obtained from Jember, Banyuwangi, Boyolali, and Magetan. In marketing functions, manufacturers perform all functions except transport activities (physical function), this is because the seeds sold is taken directly by the farmer seed users, so transportation costs are paid by the consumer. While at the institutional level marketers, activities that are not carried out is the processing and standardization, this is because the imported seeds already in the form of packaging that is not necessary processing activities. Based on these descriptions, the behavior of the market is considered to be effective in determining the price, promotion, cooperation, marketing processes, and marketing activities based on the function of marketing. Furthermore, the performance of the rice seed market in Ngawi indicated by the value of marketing margin, which margin is only obtained on the manufacturer, because there are no marketing channels involved. Furthermore, for the marketing of rice seeds from outside Ngawi, received margin found in shops and kiosks. So

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/806/051610685
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 28 Dec 2016 10:32
Last Modified: 19 Oct 2021 13:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131806
[thumbnail of 3._DAFTAR_ISI_HASIL.pdf]
Preview
Text
3._DAFTAR_ISI_HASIL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_I.pdf]
Preview
Text
4._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._kerangka.pdf]
Preview
Text
7._kerangka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_III.pdf]
Preview
Text
6._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_II.pdf]
Preview
Text
5._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
8._BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_V_(Repaired).pdf]
Preview
Text
9._BAB_V_(Repaired).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_VI.pdf]
Preview
Text
10._BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._RINGKASAN_HASIL.pdf]
Preview
Text
2._RINGKASAN_HASIL.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item