Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan (Studi Penelitian di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang)

AninditaGitaSaraswati (2009) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan (Studi Penelitian di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Perindustrian dan Perdagangan diberikan kewenangan yang luas untuk meningkatkan pelayanan kepada masy arakat. Dengan diberikannya kewenangan yang lebih luas kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan seharusnya kinerja pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam memberikan pelayanan publik menjadi lebih baik yang pada akhirnya akan menghasilkan kualitas pelayanan yang baik pula. Dari waktu ke waktu tuntutan kebutuhan masyarakat yang beraneka ragam tidak hanya meningkat dalam jumlah saja, namun dalam hal mutu pun telah menjadi keinginan masyarakat dewasa ini. Oleh karena itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang ditandai dengan kemudahan kecepatan, kewajaran, dan kepuasan masyarakat atas bentuk pelayanan yang diberikan. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik melalui penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan analisa data menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana digunakan untuk menggambarkan secara tepat fenomena yang terjadi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang sehubungan dengan upaya pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam memberikan pelayanan publik. Adapun lokasi penelitiannya adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang dengan situs penelitian di Ruang Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan meliputi Ruang kerja Kepala Dinas, Ruang kerja Tata Usaha, Ruang kerja Bidang Perdagangan Dan Ruang Data atau Arsip. Dan yang menjadi fokus dalam skripsi ini adalah upaya peningkatan kualitas pelayanan publik melalui penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang meliputi sistem pelayanan penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa upaya pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang dalam memberikan pelayanan publik pada pelayanan penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) secara umum telah baik, ini bisa dilihat dari, p ertama , proses pelaksanaan tugas yang jelas, yang didalamnya mengatur dan memuat persyaratan administratif, prosedur pelayanan, mekanisme pelayanan, biaya atau tarif yang jelas dan transparan sesuai dengan Keputusan Walikota Malang Nomor 490 Tahun 2004 tentang Sistem dan Prosedur Tetap Pelayanan Bidang Perindustrian dan Perdagangan dan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 11 Tahun 2007 . Akan tetapi waktu penyelesaian masih belum sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 11 Tahun 2007, yang disebabkan oleh adanya faktor penghambat proses pelayanan yakni sarana peralatan dan perlengkapan kantor yang tidak memadai seperti komputer beserta perangkatnya. Yang kedua, dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) oleh masyarakat yang mengajukan SIUP itu sendiri. Tingkat pendidikan pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang yang rata-rata Sarjana, tingginya masa kerja yang berpengaruh terhadap pengalaman kerja pegawai dan kedisiplinan pegawai yang cukup baik terhadap ketaatan jam kerja kantor maupun ketaatan dan kepatuhan yang berupa perintah atau instruksi dari atasan merupakan faktor-faktor yang mendukung kinerja pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang dalam memberikan pelayanan publik. Sedangkan keterbatasan sarana peralatan dan perlengkapan yang dimiliki Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang menjadi faktor yang menghambat kinerja pegawai dalam memberikan kualitas pelayanan publik yang maksimal. Hendaknya segera merealisasikan penambahan jumlah sarana peralatan dan perlengkapan. Idealnya setiap Seksi memiliki komputer beserta perangkatnya sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan pada Seksi Perdagangan hendaknya segera menambah jumlah komputer beserta perangkatnya, mengingat banyaknya pekerjaan yang membutuhkan komputer yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat. Serta juga penambahan jumlah personil untuk pelayanan penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP). Sehingga penyelenggaraan pelayanan publik akan menjadi semakin baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/230/050902008
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Jul 2009 12:32
Last Modified: 19 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114086
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1..COVER.pdf]
Preview
Text
1..COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Motto,Lembar_Persetujuan,_dsb..pdf]
Preview
Text
Motto,Lembar_Persetujuan,_dsb..pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item