Mengungkap Stile Dalam Kumpulan Cerpen Drupadi Karya Putu Fajar Arcana (Kajian Stilistika)

Fakhruddin, Achmad (2016) Mengungkap Stile Dalam Kumpulan Cerpen Drupadi Karya Putu Fajar Arcana (Kajian Stilistika). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Stilistika merupakan kajian yang memusatkan pada gaya bahasa seseorang. Kajian stilistika pada penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap stile yang digunakan oleh Putu Fajar Arcana dalam kumcer Drupadi. Aspek stilistika yang dikaji adalah diksi, bahasa figuratif, citraan, dan struktur kalimat. Kumcer Drupadi dipilih sebagai objek penelitian karena berlatar kisah-kisah kemanusiaan dan sejarah yang terangkum dalam tema “Tragedi” dan “Reinkarnasi”. Cerita dalam kumcer Drupadi merepresentasikan peristiwa kemanusian tahun 1965, masa kolonialisme, dampak pascaledakan Bom Bali I, dan kisah kehidupan manusia yang dilahirkan kembali setelah mati (Reinkarnasi). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif karena berorientasi pada pemahaman makna yang dideskripsikan secara jelas dan sistematis. Sumber data penelitian ini adalah delapan cerpen, sedangkan data berupa kata dan kalimat yang mengandung unsur stile meliputi (1) diksi terbagi ke dalam diksi tragedi, diksi reinkarnasi, pemanfaatan bahasa daerah, idiom, (2) bahasa figuratif meliputi metafora, simile, personifikasi, hiperbola, dan ironi, (3) keberagaman citraan diantaranya citraan visual, citraan auditif, citraan gerak, dan citraan penciuman, (4) struktur kalimat meliputi kalimat biasa, kalimat inversi, dan kalimat permutasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi yang digunakan pengarang diungkapkan dengan lugas dan menyaran menyaran pada kesewenang-wenangan pemerintah terhadap rakyat. Selain itu, pengarang juga menggunakan bahasa daerah Bali sebagai upaya mempertahankan dan mengenalkan keragaman bahasa daerah. Keunikan bahasa figuratif memberikan efek ekspresivitas dalam meghidupkan cerita. Hadirnya bahasa figuratif merepresentasikan ketidakberdayaan tokoh terhadap kekuasaan pemerintah. Keberagaman citraan merujuk pada objek yang berfungsi untuk menggambarkan latar dan menghidupkan cerita. Struktur kalimat menyaran pada bentuk kalimat yang menekankan maksud ketertindasan tokoh akibat kekuasaan pemerintah Orde Baru, kolonialisme, adat, dan akibat karma.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/431/051607654
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Sep 2016 08:59
Last Modified: 20 Oct 2021 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102323
[thumbnail of 1._HALAMAN_SAMPUL-ABSTRAK-DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
1._HALAMAN_SAMPUL-ABSTRAK-DAFTAR_ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2._BAB_I_FIX.pdf]
Preview
Text
2._BAB_I_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_IV_FIX.pdf]
Preview
Text
5._BAB_IV_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_II_FIX.pdf]
Preview
Text
3._BAB_II_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_III_FIX.pdf]
Preview
Text
4._BAB_III_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_V_FIX.pdf]
Preview
Text
6._BAB_V_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item