Suryandawa, Dias (2017) Analisis Value Chain Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada Ksu Brosem. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Batu menjadi salah satu destinasi wisata masyarakat Jawa Timur maupun Indonesia. Dampak dari pertumbuhan dan perkembangan sektor pariwisata Kota Batu yaitu banyaknya bermunculan UMKM dengan berbagai jenis bidang usaha terutama usaha dibidang oleh-oleh khas Kota Batu. Menurut Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan UMKM Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kota Batu, saat ini telah berdiri kurang lebih 14.000 UMKM, dimana 60% diantaranya adalah bergerak di bidang makanan dan minuman olahan (Sofi’i, 2016). Minuman olahan yang cukup terkenal yaitu sari apel. salah satu yang memproduksi sari apel di Kota Batu yang cukup menginspirasi yaitu KSU Brosem. Hal ini dikarenakan sejarah berdirinya KSU Brosem dan karyawan yang memproduksi sari apelnya. Untuk dapat bersaing ditengah ketatnya persaingan industri olahan minuman sari apel, menurut David (2008), dapat menerapkan strategi keunggulan kompetitif yaitu berupa alternatif strategi intensif, strategi integratif, strategi diversifikasi atau strategi defensif. KSU Brosem sendiri mempunyai harapan untuk mempunyai produk selain sari apel. Hal tersebut dapat dilakukan dengan strategi diversifikasi. sehingga perlu dilakukan penelitian apakah strategi tersebut tepat bila diterapkan ke KSU Brosem saat ini. Selain itu, KSU Brosem saat ini hanya mengandalkan brand merk “Brosem” dan strategi yang bersifat tacit, maka dari itu perlu untuk menentukan suatu strategi tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Value Chain untuk mengetahui aktivitas-aktivitas yang ada pada KSU Brosem. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui aktivitas rantai nilai produk pada KSU Brosem; 2) Menganalisis kinerja rantai nilai pada KSU Brosem sebagai dasar peningkatan keunggulan kompetitif perusahaan; 3) Merumuskan strategi alternatif rantai nilai untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan metode penentuan sampling jenuh/ saturation sampling. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive yaitu KSU Brosem yang beralamat di Jl. Bromo No.7 Kota Batu dengan pengambilan data pada bulan maret sampai dengan bulan april tahun 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, IFE Matrix, EFE Matrix, dan IE Matrix. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja value chain pada KSU Brosem berdasarkan aktivitas primer dan sekundernya dapat dikategorikan tergolong rata-rata. Aktivitas primer yang memperoleh nilai tertinggi yaitu logistik ke dalam dan operasi, sedangkan aktivitas sekunder dengan nilai tertinggi adalah infrastruktur perusahaan dan pembelian. Untuk aktivitas primer yang mendapat nilai rendah yaitu pemasaran penjualan dan pelayanan, sedangkan aktvitas sekunder yang mendapat nilai rendah adalah manajemen sumber daya manusia. Hal tersebut didapat dari analisis IFE dan EFE. Untuk hasil IE Matrix, KSU Brosem berada di divisi IV yang berarti strategi yang tepat untuk KSU Brosem saat ini yaitu strategi Growth and Build terutama strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar.
English Abstract
Batu city became one of the tourist destinations of East Java and Indonesia. The impact of growth and development of Batu City tourism sector is the number of emerging SMEs with various types of business, especially in the field of souvenirs typical Batu City. According to the Head of Development and Development Division of UMKM Department of Cooperatives, Trade and Industry (Diskoperindag) Batu City, currently stands approximately 14,000 MSMEs, of which 60% are engaged in processed foods and beverages (Sofi'i, 2016). Drinks are quite famous that the apple cider. One that produces apple cider in Batu City is quite inspiring KSU Brosem. This is due to the history of KSU Brosem and the employees who produce their apple cider. In order to compete in the midst of intense competition in processed apple cider industry, according to David (2008), it can apply competitive advantage strategy that is in the form of alternative intensive strategy, integrative strategy, diversification strategy or defensive strategy. KSU Brosem itself has hope to have a product other than apple cider. This can be done with a diversification strategy. So it is necessary to research whether the strategy is appropriate when applied to KSU Brosem today. In addition, KSU Brosem currently only rely on brand brand "Brosem" and tacit strategy, it is necessary to determine a specific strategy. This research uses Value Chain approach to know the activities that exist in KSU Brosem. This study aims to 1) Know the activity of the product value chain at KSU Brosem; 2) Analyzing the performance of the value chain at KSU Brosem as a basis for enhancing the company's competitive advantage; 3) Formulate an alternative value chain strategy to enhance the company's competitive advantage. The approach used in this research is quantitative descriptive, with the method of determining saturation sampling/ saturation sampling. Location determination is done purposively that is KSU Brosem having address at Jl. Bromo No.7 Batu City with data collection in March until April of 2017. Data collection techniques used are interviews with questionnaires and literature study. Data analysis techniques used are descriptive analysis, IFE Matrix, EFE Matrix, and IE Matrix. The results of this study indicate that the performance of value chain in KSU Brosem based on the primary and secondary activities can be categorized as average. Primary activities that scored highest were inward logistics and operations, while the secondary activity with the highest value was company infrastructure and purchases. For primary activities that get low value of sales and service marketing, while the secondary activity that gets low score is human resource management. This is derived from IFE and EFE analysis. For IE Matrix results, KSU Brosem is in division IV which means the right strategy for KSU Brosem is Growth and Build strategy especially market penetration strategy and market development.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/874/051711091 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 663 Beverage technology > 663.6 Nonalcoholic beverages > 663.63 Fruit and vegetable juices |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 14 Dec 2017 06:18 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 08:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7020 |
![]() |
Text
DIAS SURYANDAWA.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |