Analisis Penerimaan Penonton Atas Pola Hidup Sehat Dalam Tayangan Web Series (Studi Reception Analysis Pada Penonton Serial Web Series “Sore” Tropicana Slim di Media Sosial Youtube)

Dewi, Liliani Chandra (2018) Analisis Penerimaan Penonton Atas Pola Hidup Sehat Dalam Tayangan Web Series (Studi Reception Analysis Pada Penonton Serial Web Series “Sore” Tropicana Slim di Media Sosial Youtube). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media sosial merupakan salah satu perkembangan informasi dan teknologi di era modern yang berbasis pada penggunaan internet. Salah satu media yang mampu menyalurkan kreativitas khalayak muda saat ini ialah youtube. Melalui berbagai macam tayangan yang hadir, membuat masyarakat dituntut untuk mampu memiliki pemahaman akan pemaknaan yang timbul dari teks ataupun gambar disetiap tayangannya. Hal ini memunculkan bagaimana resepsi yang dibuat oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerimaan atas pola hidup sehat dalam tayangan Serial Web Series “Sore” Tropicana Slim di media sosial youtube. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif terkait resepsi yaitu receptional analysis. Teknik pengumpulan data melalui proses focus group discussion terhadap 8 orang mahasiswa di Surabaya, Jawa Timur. Hasil menunjukkan kedelapan informan menyatakan bahwa pemaknaan atas pola hidup sehat adalah pentingnya memiliki kesadaran diri di setiap individu guna mampu menjalankan pola hidup sehat sehingga dapat memberikan pengaruh positif bagi dirinya dan lingkungannya, informan mampu bertahan ditengah pola hidup tidak sehat masyarakat modern. Informan memaknai konten Serial Web Series “Sore” Tropicana Slim bahwa tayangan ini mampu menarik perhatian informan dengan alur cerita seputar pasangan ataupun orang terdekat. Secara tidak langsung membangkitkan sisi emosional informan apabila kehilangan sosok orang terdekat. Informan memaknai bahwa kreativitas pengemasan tayangan menjadi hal penting untuk sebuah konten web series yang melibatkan unsur pengambilan gambar, monolog atupun dialog yang menginterpretasikan gambar, sosok tokoh pemain, dan latar belakang tempat. Peneliti berharap agar penelitian selanjutnya dapat meneliti lebih dalam mengenai pola hidup sehat masyarakat di Indonesia melalui faktor budaya, menemukan unsur kreatifitas lain seputar pengemasan tayangan, dapat menjabarkan konten pola hidup sehat dengan penggunaan teori komunikasi yang berbeda serta membahas persebaran pola hidup sehat selain pada platform youtube.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1156/051901646
Uncontrolled Keywords: Pola Hidup Sehat, Web Series dan Studi Reception Analysis
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems > 006.754 Online social networks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:03
Last Modified: 25 Oct 2021 04:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165209
[thumbnail of Liliani Chandra Dewi.pdf]
Preview
Text
Liliani Chandra Dewi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item