Pengaruh Return On Asset (Roa) Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2016)

Putri, Zellyana Iswanto (2017) Pengaruh Return On Asset (Roa) Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ROA dan CSR terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada periode 2014 – 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dan merupakan penelitian replikasi dari penelitian-penelitian yang sudah ada. Penelitian ini menggunakan model regresi. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 27 perusahaan manufaktur. Data yang digunakan pada penelitian ini dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Variabel yang di teliti adalah variabel ROA dan CSR sebagai variabel bebas dan nilai perusahaan sebagai variabel terikat. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa variabel ROA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pada variabel CSR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Temuan ini berarti membuktikan naik atau turunnya nilai ROA akan memberikan dampak terhadap nilai perusahaan, sedangkan CSR tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan nilai perusahaan.

English Abstract

The objective of this research is to identify the influence of ROA and CSR on the value of manufacturing companies listed in the IDX in the period of of 2014 – 2016. This explanatory research, which is a replication of previous studies, uses regression model. The Population of this research is all manufacturing companies that listed in the IDX. Using purposive sampling technique, 27 manufacturing companies are selected as the research sample. The data of this study are gathered through documentations. ROA and CSR are independent variable, while firm value is the dependent variable. The hypotheses of this research are assessed using t test. The result of this research shows that ROA has a significant influence on firm value, but CSR does not have significant influence on firm value. This research proves that changes in ROA has an impact on firm value, while CSR does not have significant contribution to firm value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/64/051802820
Uncontrolled Keywords: ROA, CSR, Nilai Perusahaan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 27 Apr 2018 07:35
Last Modified: 02 Nov 2021 05:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9950
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of ZELLYANA ISWANTO PUTRI_125020200111077.pdf]
Preview
Text
ZELLYANA ISWANTO PUTRI_125020200111077.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (123kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item