Pengaruh Metode Simulasi Dan Self Directed Video Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Resusitasi Jantung Paru (Rjp) Menggunakan I-Carrer Cardiac Resuscitation Manekin Pada Siswa Sma Anggota Palang Merah Remaja (Pmr)

Metrikayanto, Wahyu Dini (2018) Pengaruh Metode Simulasi Dan Self Directed Video Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Resusitasi Jantung Paru (Rjp) Menggunakan I-Carrer Cardiac Resuscitation Manekin Pada Siswa Sma Anggota Palang Merah Remaja (Pmr). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Henti jantung dapat terjadi di berbagai lokasi, baik yang tidak dapat diantisipasi (diluar rumah sakit) hingga yang dapat diantisipasi (misalkan; ruang perawatan intensif). Ketika terdapat korban henti jantung, orang yang berada di dekat korban tersebut memiliki peran yang sangat besar dalam melakukan RJP secara cepat. Proses resusitasi yang dilakukan pada korban henti jantung saat masih ini belum maksimal. Penyebabnya antara lain; kompresi dada yang kurang tepat, durasi yang masih kurang, dan rendahnya kesediaan untuk memberikan pertolongan. Kondisi ini menjadi isyarat bahwa perlunya edukasi yang tepat. Upaya yang dapat dilakukan untuk menambah retensi pemahaman masyarakat ketika belajar RJP, diperlukan alat peraga yang mudah dijangkau dan ekonomis serta metode yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh metode simulasi dan self directed video terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan Resusitasi Jantung Paru (RJP) menggunakan I-Carrer Cardiac Resuscitation Manekin pada siswa SMA anggota Palang Merah Remaja (PMR) Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimanetal dengan pendekatan prepost test with control group. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) 1, 3, 5 dan 8 Negeri Malang. Teknik sampling yang diguanakan adalah simple random sampling. Jumlah sampel yang terlibat adalah 104 siswa SMA anggota PMR. Peneliti membagi sample menjadi 2 (dua) kelompok dengan jumlah yang sama, yaitu kelompok simulasi (52 sampel) dan kelompok self-directed video (52 sampel). Kelompok simulasi mendapatkan pelatihan RJP yang dipandu oleh seorang instruktur, sedangkan kelompok self-directed video berlatih secara mandiri dengan melihat tayangan video pada LCD proyektor dan gadged (handphone) masing-masing. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil uji Wilcoxon antara skor pretest dan posttest pada tiap variabel (pengetahuan, sikap dan keterampilan) pada kelompok simulasi adalah 0,000 (p< 0,05) dan antara skor pretest dan posttest pada tiap variabel (pengetahuan, sikap dan keterampilan) pada kelompok self-directed video adalah 0,000 (p< 0,05). Sedangkan hasil uji Mann Whitney antara skor posttest pengetahuan (kelompok simulasi) dan posttest pengetahuan (kelompok self-directed video) memiliki nilai signifikansi (p value) = 0,468 (p>0,05), skor posttest sikap (kelompok simulasi) dan posttest sikap (kelompok self-directed video) memiliki nilai signifikansi (p value) = 0,739 (p>0,05), dan skor posttest keterampilan (kelompok simulasi) dan posttest keterampilan (kelompok self-directed video) memiliki nilai signifikansi (p value) = 0.089 (p>0,05). Pendekatan pembelajaran dengan menggunakan self-directed video dalam pelatihan RJP merupakah bukan hal yang baru. Pada artikel sistematik riview yang ditulis oleh Vaillancourt, Stiell, dan Wells (2008) mencatat bukti bahwa siswa yang mengikuti pelatihan RJP menggunkan self-directed video dibandingkan dengan pembelajaran CPR di kelas secara tradisional menunjukkan hasil yang sama baiknya. Dua metode pelatihan RJP (simulasi dan self-directed video) memiliki keunikan masing-masing. Pada metode self-directed video, peserta pelatihan dapat belajar secara mandiri, hal ini menjadi sisi positif bahwa metode pelatihan ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi ketika peserta belajar secara mandiri, kualitas keterampilan yang diperoleh tidak dapat diidentifikasi. Hasil analisis pertanyaan pada masing-masing variabel, dapat diketahui bahwa selfdirected video lebih baik dalam meningkatkan sikap peserta tentang RJP, selfdirected video lebih baik dalam meningkatkan keterampilan dalam memeriksa respon korban dan mencari pertolongan dan pengaktifan EMS (Emergency Medical Servise). Dari analisis penelitian tersebut, peneliti menyarankan untuk mengkombinasikan metode simulasi dan self-directed video menggunakan I-Carrer Cardiac Resuscitation Manekin untuk memperoleh hasil yang efektif dan efisien.

English Abstract

Cardiac arrest can happen in anywhere, in hospital or out of hospital. People nearby cardiac arrest victim has big role to give immadiately CPR. Currently, resuscitation is not well performed. Some of the factors are; not accurate chest compression, innadequate duration, and the willingless to give help. This condition is the sign of the education need. Good training method and manequin is needed to scale up the understanding about CPR. The purpose of this study is to identify the differences of knowledge, attitude, and skill enhancement of cardiopulmonary resuscitation (CPR) between simulation and self-directed video with I-CARRER cardiac resuscitation manekin among redcross youth member, high school student The study design was quasy experimental design with pre-posttest with control group. The location of this study was in Public High School of Malang (1, 3, 5 and 8). Simple random sampling was used as the sampling technique. The number of sample were 104 redcross youth member, hight school student. Sample were devided to two groups, simulation group (52 samples) and self-directed group (52 samples). Simulation groups obtained CPR training with an instructur, but self-directed video groups were trained by watched video at LCD Projector and their gadged (handphone). Data was analized by using Mann Whitney test. The result of Wilcoxon test between pretest score and posttest score in each variables (knowledge,attitude, and skill) of simulation group has p value = 0,000 (p value < 0,05) and test between pretest score and posttest score in each variables (knowledge,attitude, and skill) of self-directed video group has p value = 0,000 (p value < 0,05). But, the result of Mann Whitney test between knowledege posttest (simulation group) and knowledge posttest (self-directed video group) has p value = 0,468 (p>0,05), attitude posttest (simulation group) and attitude posttest (self-directed video group) has p value = 0,739 (p>0,05), and attitude posttest (simulation group) and attitude posttest (selfdirected video group) has p value = 0.089 (p>0,05). Learning approach by with selfdirected video in CPR training is not new. In the systematic review written by Vaillancourt, Stiell, dan Wells (2008) noted the importance evidence. Student who joinned the traditional cardiopulmonary resuscitation course compared with self-directed video had the same result. Two methods of training CPR (simulation and self-directed video) have own uniqueness. In the self-directed video method, trainees can learn independently, it is a positive side that this training method can be done anywhere and anytime. However, when participants learn independently, the quality of skills acquired can not be identified. The result of question analysis on each variable, it can be seen that self-directed video better in improving participant attitude about CPR, self-directed video better in improving skill in checking victim response and seek help and activation of EMS (Emergency Medical Service). From the analysis of the study, the researchers suggested to combine simulation and self-directed video using I-Carrer Cardiac Resuscitation Mannequin to obtain effective and efficient results.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.102 5/MET/p/2018/041802382
Uncontrolled Keywords: CARDIAC RESUSCITATION, CARDIAC RESUSCITATION - STUDY AND TEACHING, SIMULATION METHODS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.1 Diseases of cardiovascular system > 616.12 Diseases of heart
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Apr 2018 02:33
Last Modified: 21 Oct 2021 07:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9914
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item