Kuswanto, Niki Joko (2018) Strategi Pengembangan Desa Wisata Dalam Perspektif CommunitY Based Tourism (Studi Pada Desa Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengembangan pariwisata saat ini lebih didominasi oleh pengembangan yang dilakukan oleh sektor privat yang dianggap lebih bisa mengembangkan suatu kawasan pariwisata dengan lebih maksimal. Namun, seringkali hal tersebut lebih banyak mendatangkan keuntungan hanya untuk sektor privat itu sendiri dan tidak untuk masyarakat disekitarnya. Berdasarkan masalah tersebut, muncullah suatu konsep yang disebut dengan Community Based Tourism (CBT) dimana dalam konsep itu suatu kawasan pariwisata harus dimiliki, dioperasikan dan dikelola oleh masyarakat. Salah satu pariwisata yang menerapkan konsep CBT adalah Desa Wisata. Desa Wisata merupakan pariwisata yang menyuguhkan aktivitas kehidupan masyarakatnya ke dalam suatu destinasi wisata. Desa Wisata Poncokusumo merupakan salah satu desa wisata di kabupaten Malang yang dikelola langsung oleh masyarakat sekitar serta unggul akan wisata edukasi petik buah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang membatasi fokus penelitian dari konsep CBT. Data yang diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi selama di lapangan. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat tiga strategi yang dilakukan oleh Pokdarwis selaku pengelola Desa Wisata Poncokusumo, yaitu meningkatkan aktivitas promosi pariwisata, mengembangkan obyek dan daya tarik wisata serta mengembangkan sarana dan prasarana. Penerapan konsep CBT pada Desa Wisata Poncokusumo juga sudah berjalan cukup baik. Hal tersebut diketahui dari diiikutsertakannya masyarakat dalam kegiatan pariwisata, adanya keuntungan yang diterima oleh masyarakat serta keuntungan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat sekitar. Aktivitas pengembangan Desa Wisata Poncokusumo yang menerapkan konsep CBT menimbulkan beberapa dampak bagi masyarakat disekitarnya, mulai dari dampak ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan.
English Abstract
Tourism development today is more dominated by the development which has done by private sector who is considered more able to develop a tourism area. But it is often more profitable only for the private sector than for the surrounding community. Based on the problem, there is a concept called Community Based Tourism (CBT), where a tourism area should be owned, operated and managed by the community. One of tourism that apply CBT concept called Tourism Village. It is a tourism type that presents the activities of community life into a tourist destination. Poncokusumo Tourism Village is one of the tourist villages in Malang regency which is directly managed by the surrounding community and famed with picked fruit tourism. This research uses descriptive research type with qualitative approach The limit focus of this research is taken from CBT concept. Data obtained from interviews, observation, and documentation during the field. Data analysis using Miles and Huberman analysis model. The results of this research indicate that there are three strategies performed by Pokdarwis as the manager of Poncokusumo Tourism Village, which is to increase tourism promotion activities, to develop tourist objects and attractions, and to develop facilities and infrastructures. The implementation of CBT concept in Poncokusumo Tourism Village has also been running well, it is known from the community participation in tourism activities, the benefits received by the community and the education and training for the surrounding community. The development activities of Poncokusumo Tourism Village applying CBT concept has some impacts for the surrounding community, such as economic, social, cultural and environmental impact.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/85/051802243 |
Uncontrolled Keywords: | Pariwisata, Community Based Tourism, Desa Wisata, Strategi Pengembangan Pariwisata |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 02:50 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9803 |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |