Implementasi Pasal 29 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Praktik Tukang Gigi Yang Melakukan Tindakan Diluar Pekerjaannya (Studi Di Dinas Kesehatan Kota Malang)

Ultima, Valerie (2018) Implementasi Pasal 29 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Praktik Tukang Gigi Yang Melakukan Tindakan Diluar Pekerjaannya (Studi Di Dinas Kesehatan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat mengenai pembinaan oleh Dinas Kesehatan kepada Tukang Gigi Di Kota Malang. Pemilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya Tukang Gigi yang menawarkan jasa selain pembuatan gigi palsu lepasan berbahan akrilik di Kota Malang. Tukang Gigi yang menawarkan jasa diluar pekerjaannya sebagai Tukang Gigi dapat menimbulkan penyakit gigi dan mulut karena Tukang Gigi tidak mengenyam pendidikan kedokteran sama sekali. Berdasarakan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangakat rumusan masalah: (1). Bagaimana implementasi pasal 29 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen oleh Dinas Kesehatan Malang terkait praktek Tukang Gigi yang melakukan tindakan diluar pekerjaannya? (2). Apa hambatan dan upaya dari Dinas Kesehatan Malang dalam melaksanakan pasal 29 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen terkait praktek Tukang Gigi yang melakukan tindakan diluar pekerjaannya? Jenis penelitian ini adalah yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan kuesioner kepada responden untuk mengumpulkan data primer. Hasil penelitian yang didapat yaitu implementasi pasal 29 ayat (1) Undang-Undang Perlindungan Konsumen tidak dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang. Faktor-faktor yang mempengaruhi tidak terlaksananya pembinaan kepada Tukang Gigi terdiri dari hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal tersebut adalah ketidakpahaman anggota Bidang SDM Dinkes Kota Malang terhadap peraturan yang mengatur mengenai Tukang Gigi, kurangnya Staff di Bidang SDM Kesehatan, dan tidak ada koordinasi antara bidang yang menangani tenaga kesehatan di periode sekarang dan di periode yang lalu. Adapun hambatan eksternal tyag ada yaitu kurangnya pemahaman Pelaku Usaha dan Konsumen akan peraturan mengenai Tukang Gigi, kurangnya pemahaman Pelaku Usaha dan Konsumen akan hak dan kewajibannya, dan tidak ada anggaran untuk melaksanakan pembinaan. Upaya yang sudah dilaksanakan untuk melaksanakan pembinaan kepada Tukang Gigi terdiri dari upaya internal dan eksternal dari Dinas Kesehata Kota Malang. Upaya internal yaitu dilakukannya pendataan kepada Tukang Gigi oleh Dinas Kesehatan Kota Malang dan pembuatan rancangan Perda untuk Tukang Gigi oleh bidang SDM Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Malang., dan upaya eksternal yaitu adanya inisiatif dari beberapa Tukang Gigi yang pernah mendatangi Dinas Kesehatan Kota Malang dan adanya kemauan dari Tukang Gigi apabila diundang untuk menghadiri pembinaan yang akan diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang.

English Abstract

In this thesis the authors raised about the special training given by Department of Health to the False Teeth Artist In Malang. The selection of the theme is based on the existence of a False Teeth Artist who offers services other than the manufacture of dentures made from acrylic leaves in Malang. The False Teeth Artist who offers services outside his work as a False Teeth Artist can cause tooth and mouth disease because the False Teeth Artist does not have any medical education at all. Based on the above, this paper addresses the problem formulation: (1). How is the implementation of article 29 paragraph (1) of Law No. 8 of 1999 on Consumer Protection by the Health Office of Malang related to the practice of a False Teeth Artist who performs acts outside his work? (2). What are the obstacles and efforts of the Health Office of Malang in implementing Article 29 paragraph (1) of Law No. 8 of 1999 on Consumer Protection related to the practice of a False Teeth Artist who performs acts outside his work? This type of research is empirical juridical with sociological juridical approach method. This research uses interview technique and questionnaire to respondent to collect primary data. The result of the research is the implementation of article 29 paragraph (1) Consumer Protection Act is not implemented by the Health Office of Malang City. Factors affecting the implementation of coaching to the False Teeth Artist consist of internal constraints and external barriers. Internal obstacles are the lack of understanding of the members of the Human Resources Division of the Health Office of Malang to the regulation that regulates the False Teeth Artist, the lack of staff in the field of health human resources, and there is no coordination between the fields that handle health workers in the current period and in the past period. The external obstacles are the lack of understanding of Business Actors and Consumers about the rules of the False Teeth Artist, the lack of understanding of Business Actors and Consumers of their rights and obligations, and there is no budget to carry out coaching. Efforts that have been implemented to carry out coaching to the Dentist consists of internal and external efforts of the Office of Public Health. Internal effort that is done to the data collection to the False Teeth Artist by the Health Office of Malang and the drafting of Regional Law for the False Teeth Artist Personnel by the field of Health Human Resources of Malang City Health Office, and the external effort is the initiative of some of the False Teeth Artist who ever visited the Health Office of Malang City and the willingness from a False Teeth Artist if invited to attend coaching to be held by the Health Office of Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2018/26/051802081
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.071 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:05
Last Modified: 22 Oct 2021 08:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9733
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item