Pemodelan Dan Analisis Baterai Lithium Ion 3,2V LiFePO4 Single Cells

Hadiyati, Nadia Alifia (2018) Pemodelan Dan Analisis Baterai Lithium Ion 3,2V LiFePO4 Single Cells. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Baterai merupakan alat penyimpan energi yang sedang mengalami banyak perkembangan. Dari berbagai jenis baterai yang telah dikembangkan, salah satunya adalah baterai lithium ion. Baterai lithium ion termasuk jenis baterai sekunder (rechargeable battery) yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan baterai sekunder yang lain. Salah satunya adalah tidak adanya efek memori, sehingga menyebabkan proses charge maupun discharge menjadi lebih praktis. Software Simulink Matlab akan digunakan sebagai simulator pemodelan baterai. Hasil penelitian ini disajikan dalam grafik karakteristik arus discharge berdasarkan kapasitas baterai dan waktu operasinya, serta grafik tegangan dari keluaran simulasi rangkaian, grafik SOC (State Of Charge), grafik kecepatan beban motor dan grafik arus angker. Selain itu ada hasil simulasi yang berkaitan dengan variasi arus dan tegangan baterai serta pengaruh suhu dalam maupun suhu luar baterai pada hal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai tegangan yang diberikan, maka rentang waktu siklus charge bernilai tetap yaitu 3% dan pada siklus discharge terjadi penurunan nilai dengan rata-rata 16%. Semakin tinggi arus maka rentang waktu siklus charge dan discharge yang terjadi akan semakin cepat dengan rata-rata nilai 18% dan 35%. Semakin tinggi suhu Td maka grafik kurva kecepatan beban motor pada siklus pertama akan mengalami dua proses, pada suhu - menuju suhu 10 C akan mengalami peningkatan dari 4320rad/s menjadi 5830rad/s, sedangkan pada suhu 10 C menuju suhu 50 C mengalami penurunan dari 5830rad/s menjadi 4686rad/s. Sementara pada kurva siklus kedua mengalami tiga proses, pada suhu - menuju suhu 10 C akan mengalami penurunan dari 4100rad/s menjadi 3777rad/s, pada suhu 25 C menuju suhu 30 C mengalami peningkatan dari 4520rad/s menjadi 4630rad/s dikarenakan gangguan, dan pada suhu 40 C menuju suhu 50 C akan mengalami penurunan dari 3688,8rad/s menjadi 3677rad/s. Sedangkan semakin tinggi suhu Td maka grafik kurva arus angker pada siklus pertama akan mengalami dua proses, pada suhu - menuju suhu 10 C akan mengalami peningkatan dari -832,3A menjadi 1664A, sedangkan pada suhu 10 C menuju suhu 50 C mengalami penurunan dari -1216A menjadi -997,5A. Sementara pada kurva siklus kedua mengalami tiga proses, pada suhu - menuju suhu 10 C akan mengalami penurunan dari -732,5A menjadi -637,23A, pada suhu 25 C menuju suhu 30 C mengalami peningkatan dari -892,3A menjadi -940A dikarenakan gangguan, dan pada suhu 40 C menuju suhu 50 C akan mengalami penurunan dari -604,27A menjadi -600A. Semakin tinggi suhu Ta maka grafik kurva kecepatan beban motor pada siklus pertama akan mengalami peningkatan dari 5150rad/s menjadi 5688,5rad/s, sedangkan pada siklus kedua akan mengalami dua proses, pada suhu 15 C menuju 25 C akan mengalami peningkatan dari 4500rad/s menjadi 4540rad/s dan pada suhu 35 C menuju suhu 65 C mengalami penurunan dari 4500rad/s menjadi 4428rad/s. Sementara semakin tinggi suhu Ta pada arus angker maka siklus pertama akan meningkat dari -1216A menjadi -1562A, sementara pada siklus kedua akan mengalami dua proses, pada suhu 15 C menuju 25 C akan mengalami peningkatan dari -892,28A menjadi -905,2A dan pada suhu 35 C menuju suhu 65 C mengalami penurunan dari -892A menjadi -860A.

English Abstract

Battery is an energy storage device that is undergoing a lot of development. Of the various types of batteries that have been developed, one of which is a lithium ion battery. Lithium ion batteries include a type of secondary battery (rechargeable battery) which has many advantages compared to other secondary batteries. One of them is Lithium Ion battery that does not have a memory effect, thus the charging and discharging process will be easier. Simulink Matlab software is used for modeling and characterization of Lithium Ion LiFePO4 battery. The results of this research are presented in a graph of discharge current State Of Charge current and voltage as well as the influence of the temperature inside and outside the battery are conducted. The result of this research shows that the higher the applied voltage value, the duration of the charge cycle tends to be constant with an average of 3%, meanwhile there is a decreased with an average value 16% in the discharge cycle. The higher the current, the duration of charge and discharge cycles are getting faster with an average value of 18% and 35%, respectively. The higher Td temperature then the graph of the motor load velocity curve in the first cycle will undergo two processes, at a temperature of -10°C to 10°C tends to increase from 4320rad/s to 5830rad/s, while at 10°C to 50°C is decreased from 5830rad/s to 4686rad/s. While on the second cycle curve undergoes three processes, at a temperature of - 777rad/ is increased from 4520rad/s to 4630rad/ tends to decrease from 3688.8rad/s to 3677rad/s. While the higher Td temperature then the graph of the armature curve in the first cycle will undergo two processes, at a temperature of -10°C to 10°C tends to increase from -832.3A to 1664A, while at 10°C to 50°C is decreased from -1216A to - 997.5A. While on the second cycle curve undergoes three processes, at a temperature of -10°C to 10°C tends to decrease from -732.5A to -637.23A, at 25°C to 30°C is increased from -892.3A to - decrease from -604,27A to -600A. The higher Ta temperature then the graph of the motor load velocity curve in the first cycle tends to increase from 5150rad/s to 5688.5rad/s, while in the second tends to increase from 4500rad/s to 4540rad/ is decreased from 4500rad/s to 4428rad/s. While the higher Ta temperature then the graph of the armature current, the first cycle tends to increase from -1216A to -1562A, while in the second cycle will undergo two tends to increase from -892.28A to - is decreased from -892A to -860A.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/127/051801179
Uncontrolled Keywords: Lithium Ion, Charge, Discharge, Grafik SOC, Arus, Tegangan,
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Apr 2018 06:38
Last Modified: 10 Dec 2021 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9637
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (866kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item