Implementasi Pasal 11 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 Atas Perubahan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Terkait Pelaksanaan Program Full Day School Di Kota Malang. (Studi Di Sekolah Dasar Negeri 02 Kebonsari Malang)

Mustakim, Pandini Riata (2018) Implementasi Pasal 11 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 Atas Perubahan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Terkait Pelaksanaan Program Full Day School Di Kota Malang. (Studi Di Sekolah Dasar Negeri 02 Kebonsari Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi Pasal 11 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 atas perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sudah dapat di implementasikan dengan baik di sekolah yang menerapkan program full day school. Full day school merupakan sebuah kebijakan yang mana mewajibkan peserta didik dari jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas untuk melaksanakan hari sekolah 5 hari, yang mana setiap hari nya dilaksanakan 8 jam proses belajar mengajar, dari pukul 06.45 WIB hingga pukul 15.45 WIB. Kebijakan ini sebelumnya sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah, yang mana mewajibkan sekolah untuk melaksanakan sekolah 40 (empat puluh) jam seminggu atau 8 (delapan) jam sehari dan dilaksanakan 5 (lima) hari. Namun karena banyak kontra terkait pelaksanaannya maka Peraturan Menteri ini pun dibatalkan. Tetapi Kota Malang yang merupakan Kota Pendidikan ini telah menerapkan program ini dari awal Januari 2017 dan sebelum diberlakukannya Peraturan Menteri No. 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Sedangkan kebijakan pemerintah terkait Undang-Undang Perlindungan Anak di Pasal 11 jelas disebutkan bahwasanya anak mempunyai hak untuk bermain, beristirahat dan memnfaatkan waktu luang, sehingga jelas adanya bahwasanya pasal 11 Undang-Undang Perlindungan Anak ini tidak dapat diimplementasikan dengan baik didalam Sekolah yang melaksanakan program full day school. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian empiris dengan metode penelitian yuridis sosiologis yang dilakukan dengan cara penelitian langsung untuk memperoleh data bagaimana Pasal 11 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 atas perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak ini tidak dapat diimplementasikan dengan baik pada sekolah yang menganut program full day school.. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat diketahui bahwa implementasi Pasal 11 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 atas perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak ini tidak dapat diimplementasikan dengan baik karena program tersebut menyita waktu bermain bahkan watu beristirahat anak, karena dalam praktiknya di Kota Malang berlakunya program ini tidak ada batasan khusus, baik dari pelaksanaan program hingga pengaturannya.

English Abstract

The study is intended to determine if the implementation of article 11 number 35 year 2014 to the amendment of number 23 year 2002 regarding the patronage of children has been properly implemented by schools in full day school program. Full day school’s regulation requires students from elementary school to high school to carry out 5 active days which the teaching and learning activities are lasted for 8 hours each day, started from 06.45 am to 15.45 pm. The policy has been legitimately written upon The Minister of Education and Culture No. 23 of 2017‘s regulation in aspect of school, where the institutions are in charge to have 40 hours active class hebdomadal or 8 hours each day in 5 days of the week. However, considering the cons toward this program forces it to get invalidated. On the other hand, the designation of Malang as the city of education already adjusted this program since early January 2017, away before the Minister Regulation no.23 of 2017 issued. Meanwhile, the government’s policy concerning about Children Protection Act in article 11 clearly states that children have a right to play, take a rest and make their own leisure times, it’s evident that article 11 of Children Protection Act is not successfully capable to get implemented in schools who carry on full day school program. The writer uses empirical research with sociological juridical observation method that is conducted by field investigation to obtain data based on article 11 number 35 year 2014 to the amendment of number 23 year 2002 concerning the patronage of children is not likely working on the schools who perform full day school program. According to the study, the implementation of article 11 number 35 year 2014 to the amendment of number 23 year 2002 about the patronage of children can’t properly be carried out due it is taking over children’s time to break and play, since this program has no certain limit of it’s movement in Malang, either for the program execution or the control itself.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2018/21/051801455
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Penerapan Pasal, Perlindungan Anak, Full Day School.
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.7 Young people > 362.76 Abused and neglected young people
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Apr 2018 07:32
Last Modified: 22 Oct 2021 08:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9582
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item