Pratama, Dimas Yoga (2018) Kekuatan Lelah Sambungan Friction Welding Aluminium A6061 Dengan Dan Tanpa Geometri Kerucut Satu Sisi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengelasan gesek (friction welding) merupakan metode pengelasan yang memanfaatkan energi panas yang didapat dari gesekan antara benda kerja yang bergerak dengan benda kerja yang diam dengan bantuan penambahan gaya untuk menggabungkan material. Hasil dari friction welding biasa digunakan dalam bidang permesinan seperti otomotif, pertanian dan militer. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh variasi geometri kerucut satu sisi terhadap nilai kekuatan lelah sambungan las gesek A6061. Variasi geometri kerucut yang diamati yaitu tinggi kerucut 0 mm dan 1 mm, kecepatan putaran spindle yang digunakan sebesar 1600 rpm, gaya tekan awal sebesar 7.000 N dan upset force sebesar 21.000 N selama 10 detik. Kemudian dilakukan pengujian lelah pada spesimen dengan dimensi spesimen yang mengacu pada standar ASM International. Hasil penelitian ini diketahui bahwa untuk siklus sebesar 300.000 siklus maka spesimen variasi geometri tinggi kerucut 0 mm memiliki kekuatan lelah sebesar 32,87 MPa, sedangkan spesimen dengan variasi geometri kerucut 1 mm memiliki kekuatan lelah sebesar 20,15 MPa. dikarenakan pada variasi geometri tinggi kerucut 0 mm terjadi deformasi plastis yang lebih tinggi yang disebabkan karena pada saat proses pengelasan, aliran deformasi logam lebih tajam sehingga menyebabkan terjadinya tubrukan antar butir dan menyebabkan bentuk butir menjadi lebih kecil. Bentuk butir yang lebih kecil mengakibatkan kekuatan ultimate meningkat dan membuat kekuatan lelahnya meningkat..
English Abstract
Friction welding is a welding method that used heat energy through mechanical friction between a moving workpiece and a stationary component with the addition of force to join the materials. The results from friction welding can be applied in engineering field such as automotive, agriculture and military. This research aims to determine an Effect of Single Cone Geometry on fatigue Strength Welded Joint of A6061 Friction Weld. Single Cone variations is 0 mm and 1 mm, 1600 rpm for spindle rotation, 7.000 N force at friction and used a 21.000 N upset force for 10 sec. Then, the specimen prepared to fatigue testing with standard dimension from ASM International. The result from this research is known that for 300.000 cycle specimen with variation 0 mm single cone has a fatigue strength of 32,87 MPa, whereas the specimen with variation 1 mm single cone has a fatigue strength of 20,15 MPa. due to higher plastic deformation on the welding process with a sharper flow of metal causing a collision between the grains which makes the grains become smaller. Smaller grains increased the ultimate strength and increased the fatigue strength.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/190/051802041 |
Uncontrolled Keywords: | Aluminium A6061, las gesek, tinggi kerucut, burn off length, uji fatigue |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.1 Engineering mechanics and materials > 620.18 Nonferrous metals > 620.186 Alumunium |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 02:00 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9555 |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (608kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (84kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (532kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (719kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |