Analisis Dampak Pemasaran Di Media Sosial Online Terhadap Citra Merek, Minat Beli Konsumen, Dan Net Promoter Score (Pendekatan Eksperimental Virtual Brand Following pada aplikasi Instagram produk Fast Moving Consumer Goods @erigostore pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2012-2016)

Dwianto, Akmal Ghani (2017) Analisis Dampak Pemasaran Di Media Sosial Online Terhadap Citra Merek, Minat Beli Konsumen, Dan Net Promoter Score (Pendekatan Eksperimental Virtual Brand Following pada aplikasi Instagram produk Fast Moving Consumer Goods @erigostore pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2012-2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan dan para pelaku bisnis sekarang memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan calon konsumer dan juga pelanggannya sekaligus melakukan kegiatan pemasaran melalui media sosial. Kegiatan ini disebut Social Media Marketing. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan media sosial online tersebut adalah Erigo yang menggunakan Instagram. Instagram memiliki fitur Following dimana seorang pengguna Instagram dapat mem-Follow sebuah akun Instagram dan pengguna tersebut akan terpapar oleh seluruh kegiatan akun tesebut. Tindakan tersebut disebut Brand Following. Citra Merek perusahaan, Minat Beli seseorang, dan tingkat motivasi seseorang untuk mempromosikan sebuah merek akan berubah seiring berjalannya waktu mengenai suatu merek jika individu tersebut terpapar oleh informasi – informasi sebuah produk. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan eksperimen dimana subjek eksperimen akan peneliti meminta subjek penelitian untuk melakukan Virtual Brand Following sebagai konsumer baru terhadap Erigo selama satu bulan dan melihat dampak dari hasil eksperimen tersebut terhadap Citra Merek, Minat Beli konsumen, dan Net Promoter Score (NPS) pada saat pre-test measurement dan post-test measurement dan juga membandingkannya dengan pelanggan lama Erigo dan juga subjek yang tidak melakukan Brand Following ke Erigo sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Experimental atau eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 96 orang subjek yang dibagi ke dalam tiga kelompok sampel berbeda berdasarkan sudah atau belum melakukan Brand Following terhadap Erigo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan cara pengambilan sampel Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner tertulis untuk pre-test dan pembagian kuesioner online menggunakan Google Forms untuk post-test. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji T berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Following memiliki dampak positif dan signifikan terhadap penilaian Citra Merek, Minat Beli, dan skor NPS kelompok sampel eksperimen yang diminta untuk melakukan Virtual Brand Following. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa pemasaran melalui media sosial merupakan salah satu bentuk kegiatan pemasaran yang efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen dan memberikan image positif terhadap perusahaan atau merek, namun tidak cukup untuk memotivasi konsumen tersebut untuk secara inisiatif mempromosikan merek tersebut ke orang disekitarnya.

English Abstract

Companies and other business now utilize social media as a tool to interact with consumers and their customers while also promoting their product on those platform. This activities is called as Social Media Marketing. One of the companies utilizing online social media is Erigo who uses Instagram. Instagram features a Following system where users are able to follow a specific account then users could see every activities and posts from those accounts. Those action is named Brand Following. A company brand image, customer’s purchase intention, and customers willingness to promote a brand would change after a prolonged exposure of information from a particular brand after some time. Thats why the writer is interested to conduct an experiment where the participant is asked to carry out a Virtual Brand Following for a month whom they will be subjected to the Erigo Instagram feed and then the researcher would measure the effect the experiment had towards consumer perception of brand image, consumer purchase intention, and their willingness to promote Erigo voluntarily to other people which will be measured with the Net Promoter Score (NPS) scale on two occasions of pre-test measurements and post-test measurement then comparing the experiment participant score against current customer and the general public. The type of research used in this paper is Experimental Research using a qualitative approach. The total sample size of 96 participants who then will be split into 3 separate groups based upon their status of have they followed @erigostore before or not. Sampling technique used in this paper is Non-Probability technique with Purposive Sampling as the sampling method. Questionnaire is used as the primary means of data acquistion with a written questionnaire for the pre-test and using Google Forms for the post-test. The data would be analyzed using descriptive analysis and paired sample T-test. The result of the experiment shows that Brand Following has a positive and significant impact towards consumer perception towards Brand Image, Purchase Intention, and NPS scores by the experiment’s participants who were asked to carry out a Virtual Brand Following to Erigo. This research also indicate that social media marketing is an effective means of improving consumers purchase intentions and the brand image of the product, yet it is not enough to convince consumer to voluntarily risk their reputation to promote their product to the people around them.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/38/051801654
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Instagram, Brand Following, Citra Merek, Minat Beli Konsumen, Net Promoter Score
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 17 Apr 2018 04:02
Last Modified: 26 Oct 2021 05:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9525
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 8. Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (662kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item