-, Fransnesa (2017) Pengembangan Permainan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Bergerak Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kepedulian Pada Hewan Langka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Populasi orangutan dari tahun ke tahun mengalami penurunan, kemungkinan penurunan populasi ini masih akan terus terjadi, salah satu yang menjadi alasan utama terjadinya penurunan populasi orangutan dikarenakan oleh penangkapan dan perdagangan liar yang dilakukan manusia. Kepedulian masyarakat mengenai masalah kepunahan hewan khususnya orangutan dapat dikatakan masih terbilang rendah, maka dari itu dibutuhkan media untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap hal tersebut sejak usia dini. Media yang paling menyenangkan dan dapat diterima masyarakat dengan mudah adalah melalui suatu permainan atau game. Melalui penelitian ini dilakukan pengembangan permainan untuk meningkatkan kepeduliaan pada hewan langka, permainan dibuat dengan menggunakan teknologi augmented reality. Berdasarkan hasil pengujian kepada dua orang ahli media, game ini dapat dikatakan sangat baik untuk digunakan dengan persentase kelayakan 84% dan 86%. Pengujian juga dilakukan kepada anak umur 6-13 tahun dengan hasil pengujian game menyenangkan dan dapat meningkatkan kepeduliaan kepada orangutan. Hal ini terbukti dengan hasil pengujian yang menyatakan persentase kelayakan game yang dibuat secara keseluruhan adalah 81,39% atau bisa dikatakan sangat baik.
English Abstract
The population of orangutans from year to year has declined, the possibility of this population decline will continue to occur, one of the main reasons for the decline of the orangutan population due to the wild capture and trafficking by humans. Community awareness about the animal extinction problem, especially orangutans, can be said still low, therefore media needed to increase public awareness of it since early age. The most pleasurable and acceptable media of the community is through a game. This research will develop game that made to increase the awareness of animal extinction, the game is made by using augmented reality technology. Based on the test results of two media experts, this game can be said very good for use with the percentage of eligibility are 84% and 86%. Testing also has done to children aged 6-13 years with results that said game is fun and can increase care to orangutans. This is evidenced by the test results stating the percentage of the feasibility of the game is 81.39% or can be said very good.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2017/265/051705137 |
Uncontrolled Keywords: | Game, Kepunahan Hewan, Orangutan, Augmented Reality |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.8 Augmented and virtual reality |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 08:21 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 16:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/95 |
Preview |
Text
Bagian Depan.pdf Download (101kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |