Hubungan Kualitas Pelayanan Gawat Darurat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di IGD RSI UNISMA Malang

Anggraeni, Melli (2017) Hubungan Kualitas Pelayanan Gawat Darurat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di IGD RSI UNISMA Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mengakibatkan tuntutan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit terutama pada pelayanan gawat darurat. Salah satu upaya mengantisipasi keadaan tersebut adalah dengan cara memenuhi kebutuhan pasien sebagai strategi utama yang berorientasi pada kepuasan pasien terutama pasien BPJS Kesehatan yang merupakan salah satu dari program Indonesia Sehat 2010. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan kualitas pelayanan gawat darurat terhadap tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan di RSI UNISMA. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan studi cross sectional. Penentuan sampel dengan menggunakan tehnik purposive sampling, sebanyak 144 responden. Analisis data menggunakan uji statistik Spearman’s Rho dengan p-value 0,000 < 0,05 yang berarti ada hubungan antara kualitas pelayanan gawat darurat dengan tingkat kepuasan pasien BPJS dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,810. Nilai korelasi ini menunjukkan bahwa hubungan kualitas pelayanan gawat darurat dengan tingkat kepuasan pasien BPJS termasuk dalam kategori sangat kuat. Arah hubungan yang positif menunjukkan bahwa dengan kualitas pelayanan gawat darurat yang baik maka akan meningkatkan kepuasan pasien. Disimpulkan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan gawat darurat terhadap tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan di RSI UNISMA. Oleh karena itu, disarankan kepada rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan gawat darurat, sehingga tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan tetap terjaga dengan baik.

English Abstract

The increasing of the society's awareness will be important what the health causes the demand of health service quality increase in the Hospital especially at the emergency service. One of the efforts to anticipate the situation is by full filling the patients' need as the special strategy that orientates at the patients' satisfaction particularly BPJS of health's patients as one of BPJS Indonesian health program in 2010. This research tends to analyze the service quality relationship of Emergency toward the level of the patients' satisfaction on BPJS of health in RSI UNISMA. The research design that is used is correlative description on the approach of study cross sectional. The sample determination uses the technique of purposive sampling amount to 144 respondents. The data analysis uses the statistics test of Spearman on the p _ value of 0, 000< 0, 05 and coefficient value of correlation is amount to 0,810. The correlation Value shows that the relationship between the service quality of emergency and the level of the patients' satisfaction on BPJS included in the very strong category. The positive relationship direction shows that the service quality of good emergency will increase the patients' satisfaction. It is concluded that there is the relationship in the service quality of emergency toward the level of patients' satisfaction on BPJS of health in RSI UNISMA. Therefore, it is suggested to the Hospital to improve the service quality of emergency to the level of patients' satisfaction especially BPJS' patients remain to keep well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/237/051705373
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Gawat Darurat, Tingkat Kepuasan Pasien, BPJS Kesehatan.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel > 610.734 Public health nursing
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 02 Aug 2017 02:47
Last Modified: 16 Oct 2020 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/948
[thumbnail of Melli Anggraeni.pdf] Text
Melli Anggraeni.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item