Rosyda, Dina (2018) Pengembangan Usaha Dengan Bisnis Model Canvas Pada Rumah Makan Ikan Bakar Minasari Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Usaha di bidang perikanan sekarang semakin marak. Dalam mengembangkan suatu usaha diperlukan suatu model bisnis yang perlu diterapkan. Salah satu usaha yang dilakukan di bidang perikanan adalah dengan membuka rumah makan. Adapun model bisnis yang diterapkan adalah dengan model bisnis jenis canvas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui gambaran usaha Rumah Makan Ikan Bakar Minasari di Malang. (2) Menganalisis model bisnis canvas Rumah Makan Ikan Bakar Minasari di Malang. (3) Menganalisis strategi pengembangan bisnis model canvas untuk pengembangan usaha dari persaingan. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Kemudian untuk teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka. Untuk analisis data meliputianalisis data kualitatif dan kuantitatif, analisis IFAS, analisis EFAS, serta analisis matrik SWOT. Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu Rumah Makan Ikan Bakar Minasari terletak di Jalan Batu Permata No. 8, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Rumah Makan Ikan Bakar Minasari termasuk family type restaurant yaitu restoran atau rumah makan sederhana yang diperuntukkan bagi keluarga yang dalam penyajian menunya mengutamakan citarasa makanan yang enak, suasana yang nyaman serta menghidangkan makanan dan minuman dengan harga yang relatif terjangkau dengan menu utama andalan ikan bakar. Model Bisnis Canvas adalah model bisnis yang dipakai oleh Rumah Makan Ikan Bakar Minasari. Adapun analisis strategi secara internal yang terdapat pada Rumah Makan Ikan Bakar Minasari yaitu: (1) Key resources antara lain: aset fisik yang dimiliki oleh Rumah Makan Ikan Bakar Minasari, tenaga kerja, finansial. (2) Key activities, berupa kegiatan produksi yang mulai dari mempersiapkan ikan beserta bumbu-bumbu yang biasanya dibeli dari pasar terdekat. (3) Key partnership, berupa jenis kemitraan hanya dengan pembeli-pemasok. (4) Cost structure, yaitu biaya yang dikeluarkan yaitu biaya produksi (termasuk SDM) dan biaya operasional. (5) Customer segments, yaitu segmentasi pelanggan yang datang berkunjung dengan usia rata-rata 20-40 tahun dimana kebanyakan berprofesi sebagai polisi, dosen, mahasiswa, PNS, dan lain—lain. (6) Value propositions, yaitu nilai tambah yang diberikan kepada pelanggan yaitu kualitas ikan yang masih segar maupun variasi jenis ikan dan sambal. (7) Channels, yaitu memasarkan produknya dengan cara direct selling yaitu memasarkan langsung kepada konsumen dan belum memiliki cabang (supplier). (8) Customer relathionships, yaitu ”bantuan personal” (9) Revenue Streams, berasal dari penjualan produk yang dijual secara langsung tidak melalui perantara apapun. Strategi pengembangan pada Rumah Makan Ikan Bakar Minasari menggunakan business model canvas yang di evaluasi dengan metode SWOT. Strategi yang dihasilkan yaitu penggunaan strategi SO (Strength Opportunities), Strategi WO (Weaknesses Opportunities), Strategi WT (Weaknesses Threats), viii Strategi ST (Strength Threats). Nilai total dari faktor internal yaitu 1,21 yang didapat dari nilai kekuatan sebesar 2,83 dan dari nilai kelemahan sebesar 0,69. Sedangkan nilai total faktor eksternal yaitu 0,51 yang didapat dari nilai peluang sebesar 0,97 dan ancaman 0,51 Sesuai dengan, diagram evaluasi business model canvas dengan menggunakan analisis SWOT diperoleh sumbu (x,y) yang diperoleh dari pengurangan faktor internal antara kekuatan yang besarnya 2,83 dan kelemahan yang besarnya 0,69 sehingga didapat sumbu x sebesar 2,14 Kemudian pengurangan dari faktor eksternal peluang yang besarnya 0,97 dan ancaman yang besarnya 0,51 sehingga didapat sumbu y sebesar 0,46. Jika ditarik garis lurus maka didapatkan titik koordinat sebesar (2,14;0,46) yang berada pada kuadran I yang berarti pengembangan usaha dengan business model canvas pada rumah makan ikan bakar Minasari dapat menguntungkan bila dilakukan, sehingga didapatkan hasil usaha ini cocok menggunakan SO atau Strength Opportunities dalam mengembangkan dan menjalankan usaha pada Rumah Makan Ikan Bakar Minasari dan didukung dengan pertumbuhan yang agresif Adapun saran yang dapat diberikan kepada pemilik usaha Rumah Makan Ikan Bakar Minasari yaitu agar menerapkan model bisnis canvas yaitu Mengimplementasikan atau menerapkan Bisnis Model Canvas dengan meningkatkan menjaga mutu dan kualitas maupun rasa dari produk yang dihasilkan serta terus melakukan inovasi untuk variasi jenis seafood dan sambal yang dsajikan menjalankan usaha agar dapat berkembang ditengah persaingan. Kemudian meningkatkan peluang yang ada seperti meningkatkan promosi Rumah Makan Ikan Bakar Minasari melalui publikasi lewat periklanan sehingga masyarakat lebih banyak lagi yang mengenal aneka olahan yang dijual di Rumah Makan Ikan Bakar Minasari dan berusaha untuk membangun mitra kerja sama kepada pihak-pihak yang bersedia menjadi supplier. Menggunakan media sosial sebagai media promosi dan sering melakukan promo agar lebih menarik konsumen baru untuk datang berkunjung demi kemajuan usaha yang berlangsung .Membangun mitra atau kerja sama dengan supplier bumbu dan pemasok ikan agar produk semakin dikenal konsumen.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2018/78/051802980 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 16 Apr 2018 02:16 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 04:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9464 |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (157kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (61kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (40kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (160kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (633kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |