Strategi Komunikasi Orang Tua Dalam Menanamkan Disiplin Beribadah Sholat Pada Anak Usia Remaja Akhir (Study Fenomenologi Pada Keluarga Muslim di Wilayah Kota Malang)

Utomo, Fita (2017) Strategi Komunikasi Orang Tua Dalam Menanamkan Disiplin Beribadah Sholat Pada Anak Usia Remaja Akhir (Study Fenomenologi Pada Keluarga Muslim di Wilayah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi keluarga yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya dalam menanamkan disiplin beribadah sholat lima waktu. Penelitian ini mendapatkan empat tema penelitian yaitu tentang pandangan orang tua tentang pentingnya menanamkan disiplin ibadah sholat lima waktu kepada anak, sikap orang tua terhadap anak ketika mengetahui anak tidak melaksanakan ibadah sholat, strategi komunikasi yang dilakukan antara orang tua dengan anak dalam menanamkan disiplin ibadah sholat lima waktu dan pemahaman orang tua terhadap tanggung jawab atas anaknya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang berfokus pada pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam. Teknik pengumpulan informan yang digunakan adalah dengan cara purposive sampling sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa data fenomenologi model Van Kam. Berdasarkan hasil penelitian, dalam menanamkan disiplin melaksanakan ibadah sholat lima waktu, ibadah sholat merupakan kewajiban umat muslim yang penting untuk dilaksanakan. Pemahaman tersebut yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak sejak anak masih kecil hingga tertanam pada anak ketika anak sudah memasuki usia remaja. Menananmkan disiplin melaksanakan ibadah sholat telah dilakukan oleh ketujuh informan dengan menggunakan strategi pengendalian positif dan juga strategi pengendalian power-assertive dan hasilnya menunjukkan bahwa dalam menanamkan disiplin melaksanakan ibadah sholat diperlukan strategi komunikasi yang dilakukan oleh orang tua kepada anak dari anak usia kecil, tidak bisa dilakukan ketika anak sudah memasuki usia remaja.

English Abstract

The purpose of this research is to know the family communication strategy which is conducted by parents to their children in instilling discipline of praying five times. This research get four research theme that is about parent's view about the importance of inculcating discipline of praying five times prayer to child, parent attitude toward child when knowing child do not perform worship prayer, communication strategy which is conducted between parent and child in instilling discipline of prayer five time and understanding of the parent towards the responsibility of the child. The method used in this research is qualitative descriptive, which focuses on data collection by using in-depth interview. The technique of gathering informants used is by purposive sampling in accordance with the criteria specified. Data analysis technique used is analysis of Van Kam model phenomenology data. Based on the results of research, in learning discipline of praying five times of worship, worship prayer is an obligation Muslims are important to be implemented. This understanding is instilled by parents to children is still small for children. Giving discipline of prayer worship has been done by the seven informants by using positive control strategy and also power-assertive control strategy and the result shows in discipline learning that is done worship prayer communication strategy which is done by the parent to child from child of child, can not be done children are old age.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1209/051801820
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Keluarga, Strategi Persuasi, Menanamkan Disiplin Beribadah
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence > 153.6 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Apr 2018 06:37
Last Modified: 26 Oct 2020 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9423
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item