Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Performance Prism

Muhammad, Hilmi (2018) Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Performance Prism. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CV Bagus Agriseta Mandiri merupakan sebuah home industry yang memproduksi berbagai macam produk olahan buah khususnya buah apel di Kota Batu yang berdiri pada tahun 2001 dengan dodol apel sebagai produk utama. Berdasarkan data pada tahun 2016, terdapat beberapa atribut kinerja perusahaan yang mengalami penurunan. Atribut-atribut kinerja yang mengalami penurunan antara lain; jumlah keluhan pelanggan, indeks kepuasan karyawan, tingkat kinerja karyawan, dan lama pembayaran supplier. Hal tersebut menunjukkan bahwa perlunya pengukuran kinerja pada seluruh stakeholder di perusahaan. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan sudah melakukan penilaian kinerja terhadap karyawan saja. Namun dalam penilaian kinerja tersebut terdapat suatu kelemahan, yaitu hanya mempertimbangkan karyawan saja, belum mempertimbangkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pengukuran kinerja yang dapat mempertimbangkan seluruh stakeholder yang ada di perusahaan dan dapat mengukur kinerja perusahaan secara keseluruhan sehingga dapat diketahui aspek-aspek apa saja yang kinerjanya belum mencapai target dan dapat diberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan kinerja dari perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Performance Prism. Performance Prism adalah metode pengukuran kinerja yang menggambarkan kinerja organisasi dalam bangun 3 dimensi yang memiliki 5 bidang perspektif, yaitu kepuasan stakeholder, kontribusi stakeholder, strategi, proses, dan kapabilitas. Pengukuran kinerja pada penelitian ini juga didukung oleh beberapa metode antara lain Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui skala prioritas masing-masing Key Performance Indicator (KPI), scoring system menggunakan metode Objective Matrix (OMAX) dan Traffic Light System (TLS) untuk mengetahui nilai indeks total perusahaan pada tingkat korporasi dan termasuk pada kategori mana indeks total tersebut. Hasil dari pengukuran kinerja menggunakan metode Performance Prism pada penelitian ini didapatkan nilai indeks total sebesar 6.92 yang termasuk dalam kategori kuning, yang berarti perusahaan masih belum mencapai target dan harus berhati-hati dengan berbagai kemungkinan yang dapat terjadi. Dari pembobotan menggunakan AHP didapatkan 41 KPI dengan rincian 6 KPI pada investor, 9 KPI pada customer, 11 KPI pada employee, 8 KPI pada supplier, dan 7 KPI pada regulator, dengan KPI C11 dan C10 memiliki bobot terbesar yaitu masing-masing 0.11 dan 0.096, sedangkan KPI R3 dan R4 memiliki bobot terkecil dengan nilai 0.001 dan 0.003. Sedangkan dari scoring system menggunakan OMAX dan TLS menunjukkan bahwa ada 25 KPI yang termasuk kategori hijau, 13 KPI yang termasuk kategori kuning, dan 3 KPI yang termasuk kategori merah. Dalam penelitian ini juga diberikan rekomendasi perbaikan dalam upaya untuk memperbaiki performansi dari KPI-KPI yang termasuk dalam kategori merah.

English Abstract

CV Bagus Agriseta Mandiri is a home industry that produces any kinds of product that processed from fruits, especially apple in Batu that was established in 2001, with the dodol apel (apple-based dodol) as their main product. Based on a data from 2016, there are some company’s performance attributes that have been decreasing such as; the number of customer’s complaints, employee’s satisfaction index, employee’s performance rate, and the time needed to pay the suppliers. This shows that the company needs to do performance measurement on every company’s stakeholders. In the last few years, the company has done a performance appraisal only to the employees. But there’s a weakness in that performance appraisal, which is it only considers the employess, not the company’s overall performance. Therefore, the company needs a performance measurement method that considers every company’s stakeholders and a method that can measure the company’s overall performance, so that the company will find out what aspects that were lacking and not achieving their goals and recommendations of improvement can be given to improve the company’s performance. The method used in this study is the Performance Prism. Performance Prism is a method of performance measurement that describes the organization’s performance as a 3 dimensional prism that has 5 perspectives, which is stakeholder satisfaction, stakeholder contribution, strategies, processes, and capanilities. The performance measurement in this study is also supported by several methods such as Analitycal Hierarchy Process to determine the scale of priority of each Key Performance Indicator (KPI), Scoring system with the method of Objective Matrix (OMAX) and Traffic Light System (TLS) to determine the value of the company’s total index at the corporate level and in which category that index included. The performance measurement using the Performance Prism method in this study resulted a total index of 6.92 which included in the yellow category, which means that the company’s overall performance is still below the expected target and the company should be anticipating any possibilities that can happen. From the weighting using the Analitycal Hierarchy Process resulted 41 KPI’s, with the details of 6 KPI’s on investor, 9 KPI’s on customer, 11 KPI’s on employee, 8 KPI’s on supplier, and 7 KPI’s on regulator, with KPI C10 and C11 have the largest weights which are 0.11 and 0.096 respectively, while KPI R3 and R4 have the smallest weights which are 0.001 and 0.003 respectively. While the scoring system using the Objective Matrix (OMAX) and Traffic Light System (TLS) found that 25 KPI’s are included in the green category, 13 KPI’s are included on the yellow category, and 3 KPI’s are included on the red category. This study also provided recommendations of improvement in an effort to improve the performance of those KPI’s included in the red category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/18/051800669
Uncontrolled Keywords: analitycal hierarchy process, key performance indicator, objective matrix, performance prism, traffic light system
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Apr 2018 01:35
Last Modified: 16 Oct 2021 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9241
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (797kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR, DAFTAR-DAFTAR, DSB.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR-DAFTAR, DSB.pdf

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (305kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item