Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Penyusunan Asuhan Keperawatan Berdasarkan NANDA, NOC, Dan NIC Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Brawijaya

Maharani, Kenny (2017) Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Penyusunan Asuhan Keperawatan Berdasarkan NANDA, NOC, Dan NIC Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu wujud profesionalisme perawat adalah dengan pemberian asuhan keperawatan yang berkualitas. Dalam proses pembuatan standar asuhan keperawatan yang berkualitas, variabel yang mempengaruhi kinerja seorang perawat adalah motivasi belajar. Motivasi merupakan perasaan atau pikiran yang mendorong seseorang melakukan pekerjaaan agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Dalam proses belajar, motivasi mahasiswa tercermin melalui ketekunan untuk mencapai kesuksesan dan ditunjukkan melalui intensitas dalam melakukan suatu tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar terhadap kemampuan penyusunan asuhan keperawatan berdasarkan NANDA, NOC, dan NIC pada mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Brawijaya. Desain penelitian ini menggunakan metode observasional korelasional dengan pendekatan Cross Sectional Design. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 73 mahasiswa. Data diambil menggunakan instrumen berupa kuesioner motivasi belajar model ARCS dan kuesioner kemampuan penyusunan asuhan keperawatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki motivasi belajar yang tinggi (76,7%) dan kemampuan penyusunan asuhan keperawatan yang baik (80,8%). Berdasarkan hasil Uji Spearman, didapatkan hasil p-value = 0,000 (<0,005) dan nilai korelasi (r= 0,675). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan dan arah yang positif antara motivasi belajar dan kemampuan penyusunan asuhan keperawatan berdasarkan NANDA, NOC, dan NIC pada mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Brawijaya.. Dari penelitian ini mahasiswa keperawatan semester 6 diharapkan dapat memiliki motivasi belajar yang tinggi dan dapat mempertahankan motivasi belajar tersebut terutama terhadap mata kuliah asuhan keperawatan (Nursing Care).

English Abstract

One form of nurse professionalism is by providing a qualified nursing care. In the process of establishing a qualified nursing care, the variables that affect nurse’s performance is a learning motivation. Motivation is a feeling or thought that encourages a person to do work in order to meet the needs and desires. In the learning process, student motivation is reflected through perseverance to achieve success and demonstrated through intensity in performing a task. The purpose of this study is to determine the correlation between learning motivation with the ability of nursing care preparation based on NANDA, NOC, and NIC in undergraduate nursing students at Brawijaya University. The design of this study was using an observational correlational with Cross Sectional Design. The sample of this study was selected by using simple random sampling. The total of sample was 73 students. The data were collected using questionnaire of learning motivation with ARCS model and questionnaire of nursing care preparation ability. The result of this study showed that most of respondents have a high learning motivation (76,7%) and had a good ability on nursing care preparation (80,8%). Based on Spearman rank test, it was found that p-value = 0.000 (<0,005) and the correlation rank (r= 0,675). Therefore it can be concluded that there was a significant correlation and positive correlation between learning motivation with nursing care preparation ability based on NANDA, NOC, and NIC in Undergraduate Nursing Students at Brawijaya University. From this research, nursing student especially 6th semester students is expected to have high learning motivation and can maintain the learning motivation especially to nursing care subject.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/250/051705514
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Kemampuan Penyusunan Asuhan Keperawatan, NANDA, NOC, NIC, Mahasiswa S1 Keperawatan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 01 Aug 2017 07:37
Last Modified: 25 Nov 2020 05:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/922
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item