Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Di Kota Batu

Sujoko, Gigih Rendi (2016) Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan peradaban manusia di dunia. Setiap negara pasti mempunyai sistem pendidikan yang diciptakan untuk mendidik dan membina warga negara agar dapat mentransfer ilmu dan pengetahuan dari generasi ke genarasi. Sekolah pun harus memberikan pelayanan pendidikan terhadap anak-anak kurang mampu, anak jalanan, anak-anak dari suku, ras dan budaya yang berbeda. Setiap anak juga berhak mendapat pendidikan. Di Indonesia pada tahun 2004 telah diselenggarakan konvensi nasional pendidikan inklusi yang menghasilkan Deklarasi Bandung dengan komitmen Indonesia menuju pendidikan inklusif. Pendidikan Inklusif yang menitik beratkan kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) agar mereka bisa menjangkau dan menereima pelayanan pendidikan yang sama dengan anak normal lainnya, tidak ada diskriminasi dan perlakuan tidak adil bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Penelitin ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Batu, sedangkan situsnya berada di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Batu dan tempat sekolah inklusif di Kota Batu. Sumber data primer berasal dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan dengan topik, lalu data sekunder didapatkan dari dokumen-dokum yang berkaitan dengan topik tersebut. Sedangkan instrumen penelitian ada peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya maka dapat ditarik kesimpulan bahawa Implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusif sekolah dasar di Kota Batu sudah berjalan baik, meskipun belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan peraturan walikota baru keluar pada tahun 2013 sehingga Kota Batu masih banyak berbenah guna meningkatakan mutu dan pelayanan pendidikan. Dalam perjalanannya pendidikan inklusif sudah mendapat respon positif dari Pemerintah Kota Batu dengan diselenggarakannya deklarasi Kota Batu sebagai Kota Inklusif. Deklarasi tersebut diikut dengan sosialisasi kepada masyarakat melalui surat edaran dan media. Selain itu, telah dikeluarkan kebijakan-kebijakan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif. Penambahan dan penunjukan sekolah dasar inklusif baru. Di bentuknya kelompok kerja inlusif (POKJA Inklusif). Diselenggarakannya sosialiasi kepada Kepala Sekolah Inklusif. Diselenggarakannya pendidikan dan pelatihan bagi Guru Pendamping Khusus. Di bentuknya pusat sumber informasi penyelenggaraan penidikan inklusif. diselenggarakannya Komite Sekolah yang mendorong penyelenggaraan pendidikan inklusif.

English Abstract

Education is a needed of Human civilization in the world. Every country has an education system that created to educate and nurture citizens in order to transfer knowledge and knowledge from generation to genaration. Schools have to provide educational services to underprivileged children, street children, children of different ethnicities, races and cultures. Every child is entitled to get an education. In Indonesia in 2004 there was a national convention of inclusive education that resulted in the Bandung Declaration with Indonesia's commitment to inclusive education. Inclusive Education focuses on Children with Special Needs (ABK) so that they can reach and receive the same educational services as other normal children, there is no discrimination and unfair treatment for Children with Special Needs (ABK). This research uses descriptive research type with qualitative approach located in Batu city, while the site is located in Office of Education of Youth and Sports Batu City and place of inclusive school in Batu city. The primary data source comes from several interviews from informants relating to the topic, and secondary data obtained from documents related to the topic. While the research instrument there are researchers themselves, and some supporting tools such as interview guides, and other aids. The results of research and discussion that have been presented in the previous chapter it can be concluded that Implementation of inclusive education policy implementation of elementary school in Batu City has been running well, although not maximal. It causes of mayor regulation just came out in 2013, Batu City still many clean up to improve the quality and service of education. In its journey inclusive education has received a positive response from Batu City Government by holding the declaration of Batu City as an Inclusive City. The declaration was followed by socialization to the public through circular and media. In addition, policies have been adopted in the implementation of inclusive education. The addition and appointment of new inclusive primary schools. In the form of an exclusive work group (POKJA Inclusive). Conducted socialization to the Head of Inclusive School. Conducting education and training for Special Assistant Teachers. In the form of an information resource center for inclusive inquiry. The holding of School Committees that encourage the implementation of inclusive education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1304/051802669
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Pendidikan Sekolah Dasar
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:47
Last Modified: 11 Feb 2022 07:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9157
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (147kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item