Simulasi Arus Lalu Lintas pada Persimpangan Tunggulwulung untuk Meminimasi Waiting Time Kendaraan

Rinarwastu, Fadilia (2018) Simulasi Arus Lalu Lintas pada Persimpangan Tunggulwulung untuk Meminimasi Waiting Time Kendaraan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persimpangan Tunggulwulung, Malang merupakan salah satu simpang tak bersinyal yang terletak di jalur alternatif serta merupakan salah satu jalur lintas kota/kabupaten yang sering dilewati kendaraan. Terdapat lima ruas jalan pada persimpangan ini yaitu Jalan Saxophone, Jalan Candi Panggung Barat, Jalan Akordion Selatan, Jalan Akordion, dan Jalan Simpang Akordion. Semakin meningkatnya volume kendaraan yang melintasi persimpangan ini menyebabkan terjadinya kemacetan dan berdampak pada waiting time kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi antrian dan waktu tunggu kendaraan berdasarkan simulasi yang dibuat serta untuk menentukan rekomendasi perbaikan terbaik yang dapat mengurangi waktu tunggu kendaraan. Untuk menganalisis masalah lalu lintas pada persimpangan ini, diperlukan rekayasa sistem lalu lintas dengan menggunakan metode simulasi menggunakan software ARENA. Simulasi dilakukan berdasarkan tiga horizon waktu pada jam puncak yaitu pagi hari (06.00-07.00), siang hari (11.30-12.30), dan sore hari (15.30-16.30). Pengambilan data dilakukan pada hari Senin-Sabtu. Penelitian dimulai dengan melakukan pengumpulan data dan membuat model konseptual dengan Activity Cycle Diagram (ACD). Selain menggunakan simulasi, analisis juga dilakukan dengan melakukan perhitungan kapasitas dan derajat kejenuhan persimpangan berdasarkan panduan MKJI. Hasil simulasi dan MKJI menunjukkan bahwa waktu tunggu kendaraan dan derajat kejenuhan persimpangan pada pagi, siang, dan sore sangat tinggi sehingga diperlukan rekomendasi perbaikan untuk mengurangi waktu tunggu kendaraan tersebut. Terdapat tiga rekomendasi perbaikan dalam penelitian ini yaitu pemasangan stop line untuk mengurangi hambatan samping, kebijakan satu arah untuk seluruh jenis kendaraan pada Jalan Simpang Akordion, dan kebijakan satu arah pada beberapa ruas jalan di Persimpangan Tunggulwulung. Dari ketiga rekomendasi perbaikan tersebut, rekomendasi perbaikan yang terpilih adalah rekomendasi perbaikan 3 yaitu dengan melakukan pemasangan stop line dan kebijakan satu arah pada Jalan Akordion, Simpang Akordion, Saxophone, dan Akordion Selatan atau penerapan perputaran jalan untuk kendaraan dari Candi Panggung Barat yang menuju ke Saxophone dengan melewati Jalan Akordion Selatan. Berdasarkan hasil simulasi dan perhitungan dengan panduan MKJI, rekomendasi perbaikan 3 dapat mengurangi waktu tunggu dan derajat kejenuhan. Pada pengamatan pagi, waktu tunggu pada Jalan Saxophone, Candi Panggung Barat, dan Simpang Akordion berkurang menjadi 3.7 menit; 42.8 detik; dan 2 menit. Pada pengamatan siang, waktu tunggu pada Jalan Saxophone, Candi Panggung Barat, dan Simpang Akordion berkurang menjadi 15.84 detik; 39.6 detik; dan 1.6 menit. Pada pengamatan sore, waktu tunggu pada Jalan Saxophone, Candi Panggung Barat, dan Simpang Akordion berkurang menjadi 1.2 menit; 23 detik; dan 5 menit. Tidak terdapat waktu tunggu di Jalan Akordion Selatan dan Akordion pada rekomendasi perbaikan 3 karena ketiga jalan tersebut berfungsi sebagai ruas jalan tujuan kendaraan yang datang dari Jalan Saxophone, Candi Panggung Barat, dan Simpang Akordion.

English Abstract

Junction of Tunggulwulung, Malang is one of unsignalized junction located at the alternative lane and also one of cross-city lane that often passed by vehicles. There are five streets in this junction, namely Saxophone, Candi Panggung Barat, Akordion Selatan, Akordion, dan Simpang Akordion Street. The increased volume of vehicles that cross in this junction can cause bottleneck and give the impact on the vehicles waiting time. The purpose of this research is to analyze vehicles queue and waiting time based on simulation and also to determine improvement recommendation which reduced vehicles waiting time. To analyze traffic problem in this junction, traffic systems engineering is needed with simulation method using ARENA software. Data was collected in Monday to Saturday. Simulation is done based on three time horizons which is morning (06.00-07.00), afternoon (11.30-12.30), and evening (15.30-16.30). This research begins by collecting data and creating conceptual model using Activity Cycle Diagram (ACD). Analysis is also done by using Indonesian Highway Capacity Manual to analyze junction capacity and its degree of saturation. Simulation and Indonesian Highway Capacity Manual results shows that vehicles waiting time and the degree of saturation of junction in the morning, afternoon, and evening are high which needs improvement recommendation to reduce vehicles waiting time. There are three improvement recommendations in this research like setting up stop line to reduce side barriers, implement one way policy for all type of vehicles at Simpang Akordion Street, and implement one way policy for some streets in Tunggulwulung junction. From all of improvement recommendation, the selected recommendation is improvement recommendation number 3 by setting up stop line and adjust one way policy in Akordion, Simpang Akordion, Saxophone, and Akordion Selatan Street or implementation of turn around policy for vehicles from Candi Panggung Barat which leads to Saxophone by passing Akordion Selatan Street. Based on simulation and calculation using Indonesian Highway Capacity Manual, that recommendation can reduce and minimize waiting time and also degree of saturation. For morning hours, waiting time at the Saxophone, Candi Panggung Barat, and Simpang Akordion Streets is reduced to 3.7 minutes; 42.8 seconds; and 2 minutes. For afternoon hours, waiting time at the Saxophone, Candi Panggung Barat, and Simpang Akordion is reduced to 15.84 seconds; 39.6 seconds; and 1.6 minutes. For evening hours, waiting time at the Saxophone, Candi Panggung Barat, and Simpang Akordion is reduced to 1.2 minutes; 23 seconds; and 5 minutes. There are no waiting time at the Akordion Selatan and Akordion in the improvement recommendation number 3 because that three streets have function as destination roads of vehicles that come from Saxophone, Candi Panggung Barat, and Simpang Akordion Street.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/72/051800796
Uncontrolled Keywords: ARENA, Lalu Lintas Persimpangan, Simulasi, Simpang Tak Bersinyal, Waiting Time Kendaraan
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.09 Control of public utilities > 343.094 Road transportation > 343.094 6 Vehicle operation and traffic control
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:45
Last Modified: 18 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9136
[thumbnail of FADILLIA.pdf]
Preview
Text
FADILLIA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item