Menigkatkan Pencapaian Siswa Kelas Dua SMP Islam Srengat Dalam Menulis Teks Recount Menggunakan Gambar Berurutan

Indarto, Ridho Wisnu (2017) Menigkatkan Pencapaian Siswa Kelas Dua SMP Islam Srengat Dalam Menulis Teks Recount Menggunakan Gambar Berurutan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian siswa kelas dua SMP Islam Srengat dalam menulis teks recount menggunakan gambar berurutan pada tahun akademik 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini ada 24 siswa. Terdapat beberapa hambatan siswa dalam belajar Bahasa Inggris khususnya dalam penulisan. Salah satunya, siswa kesulitan dalam mengungkapkan ide-ide mereka dalam tulisan. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode perilaku tindakan kelas secara kolaboratif yang terdiri dari 4 kali pertemuan dalam 1 siklus. Peneliti menggunakan tes, kuisioner, lembar observasi, dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini dan untuk mencapai tujuan dari penelitian yaitu ≥70% siswa mendapatkan rata-rata nilai ≥75. Hasil penilitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik pembelajaran gambar berurutan dapat meningkatkan pencapain nilai menulis siswa. Hasil dari tes setelah penerapan media tersebut rata-rata nilai siswa adalah 80 atau ≥88% siswa memperoleh nilai ≥75. Hasil dari 10 pernyataan dalam kuisioner yang menggambarkan bahwa siswa setuju dengan penggunaan gambar berurutan dalam penelitian menunjukan 71% siswa setuju dalam penggunaan media tersebut. Selain itu, hasil dari lembar observasi partisipasi siswa dalam pelaksanaan penelitian dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga menunjukan 62% siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar dikelas dengan kriteria “bagus”. Oleh Karena itu, penelitian ini telah berhasil. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, peneliti memberikan saran terkait dengan penelitian ini. Pertama, untuk guru-guru bahasa Inggris disarankan untuk menerapkan teknik gambar berurutan dalam kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan pencapain nilai siswa. Sementara itu untuk peneliti lain, peneliti menyarankan untuk menggunakan temuan-temuan ini sebagai dasar untuk melaksanakan penelitian dengan menggunakan media lainnya.

English Abstract

This study is aimed at improving writing achievement in recount texts by using sequence pictures for the second year students at SMP Islam Srengat in academic year of 2016/2017. The subjects of this research were 24 students. There are some problems of the students in learning English especially on writing. One of the problems is the students have difficulty to express their ideas in written text. In this research, the researcher used collaboratively classroom action research consisting of four meetings in one cycle. The researcher used test, questionnaire, observation checklist, and field note to collect the data and to achieve the research objective that was ≥70% students got on average score ≥75. The research showed that the use of sequence of pictures can improve the students’ writing achievement. The result from the test after implementing the action the students’ average score was 80 or ≥88% students who got score ≥75. The result from ten items of questionnaire which reflected student’s agreement about the use of the sequence of pictures technique was 71%. Moreover, the result from the observation checklist showed the percentage of students’ participation from the first meeting up to third meeting was 62%. It is means students’ participation belong to “good” criteria. Thus, this collaboration action research is considered successful. Based on the findings the researcher proposed some suggestions related to this research. First, the English teachers are recommended to use this technique in writing class. Meanwhile for further researchers, the researcher suggests to use the findings as the basis to conduct other research by using other media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/221/051704117
Uncontrolled Keywords: meningkatkan pencapaian menulis, gambar berurutan, teks rekon pencapaian menulis
Subjects: 400 Language > 421 Writing system, phonology, phonetics of standard English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 13 Jul 2017 09:35
Last Modified: 09 Oct 2020 02:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/90
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item