Ilyas, Taufiq Rahman (2017) Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Masyarakat Kecil, Menengah (Umkm) Ekonomi Kreatif. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perencanaan strategis mengacu pada perumusan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pembangunan yang memungkinkan tercapainya tujuan (David, 2004:74). Industri kreatif sebagai penggerak penciptaan nilai ekonomi di era ekonomi kreatif. Proses penciptaan nilai kreatif, industri kreatif tidak hanya menciptakan transaksi ekonomi, tetapi juga transaksi sosial dan budaya. Salah satu komoditi dari produk ekonomi kreatif yang bergeliat di era kekinian ialah industri fashion yang bercorak batik. Dari daerah daerah di seluruh Indonesia, ekspor komoditi batik ini mencapai USD 278 juta pada tahun 2013, Lalu pada periode januari sampai maret tahun 2014 ekspor batik mencapai USD 50,07 juta. Semenjak ditetapkanya batik sebagai warisan dunia oleh UNESCO. UMKM Ekonomi Kreatif berjenis kerajinan Batik Tulis dengan sampel penelitian pada UMKM Kampung Batik Gedog Kabupaten Tuban terpilih dalam studi pada penelitian ini karena banyaknya jumlah UMKM Batik yang sedang berkembang tersebar dan dianggap mampu mengembangkan prospek dari sentra bisnisnya dengan modal sumber daya manusia, ilmu pengetahuan, teknologi serta kreatifitas. Kreatifitas merupakan peranan penting dalam sebuah mekanisme pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini memunculkan asumsi bahwa dapat dilakukan sebuah penelitian tentang bagaimana strategi mengembangkan industri ekonomi kreatif berbasis UMKM Batik yang ada di Kabupaten Tuban Jawa Timur. Kebaradaan UMKM Batik Tulis di Kabupaten Tuban Jawa Timur diharapkan mampu mengangkat perekonomian daerah tersebut. Kabupaten Tuban yang terletak pada posisi yang cukup strategis di ruas jalur pantura antara Provinsi Jawa dan Timur dan Jawa Tengah. Mekanisme perencanaan strategi pengembangan UMKM Batik di Kabupaten Tuban tidak terlepas dari bagaimana peran para aktor terkait (Pemerintah, Pengusaha, Cendekiawan) dalam melakukan keseimbangan kerjasama guna memajukan serta membangun produksi UMKM Batik di Kabupaten Tuban melalui proses penguatan akses produksi, pengembangan SDM dan terakhir perluasan pemasaran dari tingkat lokal regional ataupun global.
English Abstract
Strategic planning refers to the formulation, implementation and evaluation of development activities that enable the achievement of objectives (David, 2004: 74) Creative industries are a driver of economic value creation in the era of the creative economy. In the process of creative value creation, creative industries not only create economic transactions, but also social and cultural transactions. The transaction of commodity products creative economy in the contemporary era is patterned batik fashion industry. Of regional areas throughout Indonesia, batik commodity exports reached USD 278 million in 2013, then in the period from January to March 2014 batik exports reached USD 50.07 million. Since batik as world heritage by UNESCO MSMEs Creative Economy manifold craft Batik with research samples on MSMEs Batik Gedog Tuban elected under study in this research because of the large number of MSMEs Batik growing spread and considered able to develop leads from the center of its business with a capital of human resources, science, technology and creativity. Creativity is an important role in the mechanism of development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). This led to the assumption that to do a study of how the creative economy strategy to develop industry-based MSMEs Batik Tuban in East Java. The success development of batik MSMEs in Tuban is inseparable from the role of the relevant actors (government, employers, intellectuals) in balancing cooperation to promote and develop the productivity of Batik MSMEs in Tuban through the process of strengthening access to production, human resources development, and expansion of local, regional, and global level marketing.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/338.642/ILY/p/2017/041710171 |
Uncontrolled Keywords: | SMALL BUSINESS, ECONOMIC POLICY, INDUSTRIES, STRATEGIE PLANNING |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 03:25 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 01:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8995 |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (871kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (829kB) | Preview |
Preview |
Text
cover tesis.pdf Download (22kB) | Preview |
Preview |
Text
Bab II.pdf Download (889kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (267kB) | Preview |
Preview |
Text
Bab IV.pdf Download (240kB) | Preview |
Preview |
Text
Bab V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (142kB) | Preview |
Preview |
Text
Jurnal Ijmas.pdf Download (464kB) | Preview |
Preview |
Text
Bab I.pdf Download (412kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |