Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Model Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Dengan Inovasi Sebagai Mediasi (Studi Pada Usaha Kecil Tanaman Hias Desa Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur)

Andika, Endrik (2017) Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Model Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Dengan Inovasi Sebagai Mediasi (Studi Pada Usaha Kecil Tanaman Hias Desa Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Orientasi terhadap pasar dapat membentuk inovasi yang sesuai dengan konsep pemasaran, (Kotler. 2009) menyatakan bahwa konsep pemasaran menfokuskan landasan dasar dalam membuat sebuah usaha adalah melalui pemenuhan terhadap kebutuhan pelanggan dengan inovasi-inovasi yang mampu menjawab kebutuhan pasar bukan kebutuhan pelaku usaha itu sendiri. Kewirausahaan bermakna sebagai proses pengembangan dari sikap kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju kesuksesan (Hubeis, 2009).peran orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan pada usaha kecil diharapkan mampu meningkatkan daya saing yang berguna untuk meningkatkan kinerja usaha kecil. Hipotesis penelitian yaitu, H1:Terdapat Hubungan Orientasi Pasar yang berpengaruh terhadap Inovasi. H2: Terdapat Hubungan Orientasi Kewirausahaan terhadap Inovasi. H3: terdapat hubungan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha. H4: Terdapat hubungan Orientasi Kewirausahaan terhadap Inovasi. H5: Terdapat hubungan Inovasi yang berpengaruh terhadap Kinerja Usaha. H6: Terdapat hubungan Orientasi Pasar yang Dimediasi Inovasi terhadap Kinerja Usaha. H7: Terdapat hubungan Orientasi Kewirausahaan yang Dimediasi Inovasi terhadap Kinerja Usaha. H8: Terdapat hubungan Peranan Pemerintah terhadap Kinerja usaha. Populasi penelitian Usaha Kecil Tanaman Hias Desa Sidomulyo Kota Batu, dan sampel sebanyak 79 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode sampel random sederhana yang proporsional. Teknik analisis menggunakan AHP (Analisis Hierarki Proses) dengan Software PLS Smart 3.0. Kesimpulan penelitian ini, pada model penelitian sebagai tahapan analisis yang dilakukan dengan variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi, dan kinerja usaha serta peran pemerintah menghasilkan temuan bahwa semua hipotesis yang diajukan dinyatakan signifikan kecuali pada hipotesis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha yang tidak berpengaruh signifikan. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah dan usaha kecil untuk bersama-sama dalam peningkatan ekonomi melalui sektor usaha kecil.

English Abstract

Orientation to the market can shape innovations that fit with the marketing concept, (Kotler, 2009) states that the marketing concept of focusing the basic foundation in making a business is through the fulfillment of customer needs with innovations capable of addressing market needs rather than the needs of the business actors themselves. Entrepreneurship is a process of developing creative and innovative attitudes that serve as the basis, tips, and resources to find opportunities for success. (Hubeis, 2009). The role of market orientation and entrepreneurship orientation in small businesses is expected to increase competitiveness that is useful for improving small business performance. Hypothesis of research that is, H1: There is Relationship of Market Orientation which influence to Innovation. H2: There is a Relationship of Entrepreneurship Orientation to Innovation. H3: There is a relationship of Market Orientation to Business Performance. H4: There is a relationship Orientation of Entrepreneurship to Innovation. H5: There is an Innovation relationship that affects Business Performance. H6: There is a relationship Oriented Market Oriented Orientation to Business Performance. H7: There is a relationship Oriented Oriented Oriented Entrepreneurship to Business Performance. H8: There is a relationship between the Government's role in business performance. The study population of Small-scale Ornamental Plants of Sidomulyo Village, Batu City, and a sample of 79 respondents were obtained by using a simple random sample method that is proportional. The analytical technique uses AHP (Process Hierarchy Analysis) with PLS Smart 3.0 Software. The conclusions of this study, In the first model as the stage of analysis conducted with market orientation variables, entrepreneurship orientation, innovation, and business performance as well as the role of government resulted in the findings that all hypotheses proposed stated significant except the hypothesis of the influence of entrepreneurship orientation on business performance that has no significant effect . It is expected that this research can be a reference for government and small business to jointly in improving economy through small business sector.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/AND/p/2017/041712447
Uncontrolled Keywords: MARKETING RESEARCH, ENTREPRENEURSHIP, PERFORMANCE, STRATEGIC PLANNING
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Mar 2018 02:53
Last Modified: 25 Nov 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8990
[thumbnail of FULL TESIS.pdf]
Preview
Text
FULL TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item