Penentuan Rute Distribusi Produk Infus dengan Metode Saving Matriks dan Generalized Assignment di PT. Otsuka Indonesia

Anhari, Fatimatul Zahroh (2018) Penentuan Rute Distribusi Produk Infus dengan Metode Saving Matriks dan Generalized Assignment di PT. Otsuka Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Otsuka Indonesia adalah perusahaan farmasi yang terletak di kota Malang Jawa Timur. Perusahaan ini merupakan anak dari perusahaan Otsuka Pharmaeuical Co., Ltd., yaitu perusahaan yang juga bergerak di bidang industri farmasi di Jepang. PT. Otsuka Indonesia telah menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia sejak didirikan pada tahun 1975. Saat ini, perusahaan mampu menguasai pasar produk infus serta produk farmasi lainnya di seluruh Indonesia. Demi mempertahankan kualitas serta terus mengembangkan perusahaannya, salah satu faktor yang menjadi perhatian utama adalah transportasi produk. Mengingat pengiriman produk yang dilakukan oleh perusahaan adalah ke seluruh Indonesia, pemilihan rute yang tepat merupakan salah satu faktor penting yang harus dikuasai oleh pihak yang terkait dalam jaringan distribusi dan transportasi. Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki rute pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan pada bulan September 2016. Selama ini dalam menentukan rute pengiriman produknya, perusahaan hanya mempertimbangkan jarak jauh atau dekat nya saja, sehingga terjadi beberapa masalah seperti lama nya pengiriman serta kurangnya utilitas kendaraan. Perbaikan yang dimaksud adalah mencari rute optimal yang meminimalkan total jarak tempuh, peningkatan utilitas truk, serta meminimalkan total biaya distribusi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Perancangan rute distribusi produk pada penelitian ini menggunakan konsep VRP (Vehicle Routing Problem). Dimana jenis VRP yang digunakan adalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) yaitu pemodelan distribusi dan transportasi yang mempertimbangkan kapasitas muatan kendaraan yang digunakan. Penyelesaian masalah CVRP dilakukan menggunakan dua metode, yaitu heuristic dan metaheuristic. Metode heuristic yang digunakan adalah Saving Matriks, dimana jarak yang dipertimbangkan adalah asimetris. Sedangkan metode metaheuristic yang digunakan adalah Generalized Assignment. Generalized Assignment terdiri dari dua tahap, yaitu penentuaan seed point menggunakan algoritma heuristic, kemudian pengalokasian kendaraan ke rute menggunakan linier programming. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rute baru menggunakan metode saving matriks memberikan total jarak tempuh serta biaya yang lebih minimal disbanding dengan rute awal dan rute generalized assignment. Total jarak dari rute baru saving matriks adalah sebesar 70.298.4 km, selisih 18.710 km dari total jarak pada rute awal dan selisih 12.836 km dari total jarak rute baru hasil generalized assignment. Begitu juga dengan biaya distrbusi nya sebesar Rp. 200.979.700, yaitu memiliki selisih dengan biaya rute generalized assignment sebesar Rp. 31.371.200 dan selisih dengan biaya distribusi awal sebesar Rp 47.974.900. Hal ini berarti hasil pembentukan rute baru ini telah memberikan solusi yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan mengurangi total jarak tempuh serta mengurangi biaya distribusi awal perusahaan sebesar 19,3%.

English Abstract

PT. Otsuka Indonesia is a pharmaceutical company located in Malang city of East Java. The company is a joint venture with Otsuka Pharmaeuical Co., Ltd., a company that also engaged in the pharmaceutical industry in Japan. PT. Otsuka Indonesia has been one of the largest pharmaceutical companies in Indonesia since its establishment in 1975. Currently, the company is able to control the infusion products market as well as other pharmaceutical products throughout Indonesia. In order to maintain quality and continue to develop the company, one of the main concerns is the transportation of products. Given the delivery of products made by the company is throughout Indonesia, the selection of the right route is one important factor that must be controlled by the parties involved in the distribution and transportation network. This research was conducted to improve the shipping route made by the company in September 2016. So far in determining the delivery route of its products, the company only consider the long distance or near from the previous location, resulting in some problems such as its long delivery as well as the lack of utility vehicles. The improvements in question are finding an optimal route that minimizes total mileage, increases truck utility, and minimizes total distribution costs that must be incurred by the company. The design of product distribution routes in this study using the concept of VRP (Vehicle Routing Problem). Where the type of VRP used is the Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) that is the distribution and transportation modeling that considers the capacity of the vehicle used. Resolving CVRP problems is done using two methods, namely heuristic and metaheuristic. The heuristic method used is Saving Matrix, where the distance considered is asymmetric. While metaheuristic method used is Generalized Assignment. Generalized Assignment consists of two stages, namely the seed point determination using heuristic algorithm, then the allocation of vehicles to the route using linear programming. The results of this study indicate that the new route using saving matrix method gives the total mileage and the cost is more minimal compared with the initial route and generalized assignment route. The total distance from the new saving matrix route is 70.298.4 km, the difference of 18,710 km from the total distance on the initial route and the difference of 12,836 km from the total new route distance from the generalized assignment. Likewise with his distrbusi cost of Rp. 200,979,700, ie having the difference with generalized assignment route cost of Rp. 31,371,200 and the difference with the initial distribution fee of Rp 47,974,900. This means that the results of the establishment of this new route has provided the solutions needed by the company by reducing the total mileage and reducing the initial distribution cost of the company by 19.3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/15/051800496
Uncontrolled Keywords: Capacited vehicle routing problem, distribusi, generalized assignment, saving matriks, vehicle routing problem
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.02 Management of enterprises of specific sizes and scope / Corporate governance
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Mar 2018 04:15
Last Modified: 16 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8943
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (956kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (987kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR-SUMMARY.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR-SUMMARY.pdf

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (304kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item