Implementasi Kebijakan Parkir Berlangganan Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)(Studi Implementasi Perda No. 15 Tahun 2010 Tentang Parkir Berlangganan Di Kabupaten Lamongan)

Sabilillah, Mohammad (2017) Implementasi Kebijakan Parkir Berlangganan Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)(Studi Implementasi Perda No. 15 Tahun 2010 Tentang Parkir Berlangganan Di Kabupaten Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Implementasi kebijakan parkir berlangganan di Kabupaten Lamongan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lamongan Nomor 15 Tahun 2010 Tentang Parkir Berlangganan merupakan upaya untuk mencapai tujuan terkait dengan kelancaran lalu lintas jalan dan upaya untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Peningkatan jumlah kendaraan bermotor tidak sebanding dengan perolehan retribusi parkir, sehingga hal tersebut perlu digali secara maksimal oleh Pemerintah Daerah.Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian meliputi (1) Teori Edward III (komunikasi, sumberdaya, disposition, dan struktur birokrasi); dan (2) faktor penghambat. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan parkir berlangganan di Kabupaten Lamongan telah mengalami peningkatan retribusi parkir hingga Rp 6.135.960.000. (1) a. komunikasi yang terjalin antara Dishub Kab. Lamongan, Satlantas Polres Lamongan, Samsat Lamongan, para petugas jukir serta masyarakat Lamongan berjalan kurang maksimal; b. Pemilihan SDM melibatkan peran dan fungsi dari para tenaga kontrak yang bertugas di 89 titik parkir serta adanya sumberdaya anggaran yang secara keseluruhannya bersumber dari APBD Lamongan; c. Komitmen Dishub Lamongan dalam mengatasi permasalahan di lapangan seperti adanya pungutan liar dapat diselesaikan tetapi kurang maksimal serta masyarakat berkomitmen untuk menegakkan penyimpangan sesuai peraturan yang berlaku; d. Struktur birokrasi sudah tertata rapi sesuai dengan SOP; (2) Faktor penghambat yakni keterbatasan jumlah SDM pada Dishub Kabupaten Lamongan serta Kurangnya kontrol dari Dinas Perhubungan terhadap para Petugas Juru Parkir.Saran dari penelitian ini yaitu Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan perlu melibatkan peran dari masyarakat dalam melakukan kontrol. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat kontak saran atau membuka layanan pengaduan yang dapat diakses melalui nomor hp dan aplikasi pesan online (LINE atau WA) sebagai sarana penyampaian keluhan dari implementasi kebijakan parkir berlangganan.

English Abstract

The subscription parking policy in the lamongan based on the districts lamongan regulation number 15 of 2010 about parking subscription is an effort to reach a goal related to smooth traffic roads and efforts to improve local revenue (PAD). An increase in the number of motor vehicles not comparable by the acquisition parking retribution, so that the thing necessary to uncover maximally by local governments.Research methods which used was descriptive study with qualitative approach. The focus of research are (1) Edward III theory (communication, resources, disposition, and structure of bureaucracy); and (2) obstacle factors. Collection data techniques which used was interviews, observation and documentation. Data analysis is using Miles, Huberman and Saldana.The research results that the implementation of the parking subscription policy in kabupaten lamongan have experienced an increase in charges for parking up to Rp. 6.135.960.000. (1) a. communication of Dishub Kab. Lamongan, Satlantas Polres Lamongan, Samsat Lamongan, as well as the parking officers and the society are working for less utmost extent; b. election involving the role of human resources and functions of the contract workers who work in parking 89 points and the existence of budget resources that is even all of it sourced from APBD Lamongan; c. commitment of Dishub Kab. Lamongan for the ability to handle every problem in the field such as the existence of illegal charges can be completed but less than maximum as well as the committed to enforce deviation in accordance with the regulation; d. bureaucratic structure had been ordered neat in accordance with SOP; (2) namely the limited number of factors which hinder human resources on Dishub Kab. Lamongan as well as a lack of control the parking officers.Advice of this research is the Dishub Kab. Lamongan can involve the role of the society in check. This can be done with make contact suggestion or opening the complaints that can be accessed in phone call and chat applications (LINE or WA) as a means of complaints implementation of parking subscription policy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1315/051801861
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Parkir Berlangganan, Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.44 Revenue administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 26 Mar 2018 02:26
Last Modified: 26 Oct 2021 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8933
[thumbnail of 135030501111003 Mohammad Sabilillah.pdf]
Preview
Text
135030501111003 Mohammad Sabilillah.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item