Pengaruh Perencanaan Pajak TerhadapNilai Perusahaan Dengan KepemilikanManajerial Dan KepemilikanInstitusional Sebagai Variabel Moderasi(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar DiBursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)

Melaty, Desy (2018) Pengaruh Perencanaan Pajak TerhadapNilai Perusahaan Dengan KepemilikanManajerial Dan KepemilikanInstitusional Sebagai Variabel Moderasi(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar DiBursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak bagi perusahaan adalah suatu beban yang dapat mengurangi laba.Salah satu cara untuk mengoptimalkan laba yaitu dengan perencanaan pajak.Perencanaan pajak dilakukan perusahaan untuk meminimalisir beban pajak. TeoriAgensi menggambarkan hubungan antara pihak yang memberikan kepercayaanyaitu pemegang saham sebagai principal dengan pihak yang diberikan kepercayaanyaitu manajer sebagai agent. Manajer diberikan kepercayaan dan wewenang olehprincipal serta mengambil setiap keputusan berdasarkan kepentingan pemegangsaham. Tujuan dari hubungan keagenaan tersebut adalah menciptakan kontrak yangefisien antara agen dan prinsipal. Jika agen dan prinsipal memiliki tujuan yang samadalam hal pembayaran pajak dan dalam meningkatkan nilai perusahaan, makasudah tentu manajemen akan bekerja sesuai dengan kepentingan pemegang saham.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perencanaan pajakterhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial dan kepemilikaninstitusional sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Sumber data penelitian iniadalah laporan tahunan yang merupakan data sekunder yang diperoleh dari situsresmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Populasi dalam penelitian ini yaituperusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2013-2016. Teknikpengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteriayang ditetapkan peneliti diperoleh 26 perusahaan yang menjadi sampel penelitian.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresilinier sederhana dan Moderate Regression Analysis (MRA). Hasil penelitianmenunjukan bahwa perencanaan pajak berpengaruh secara negatif pada nilaiperusahaan dengan diperoleh koefisien regresi yaitu -6.814 dan t hitung yaitu -2.488. Kepemilikan manajerial mampu memoderasi pengaruh perencanaan pajakpada nilai perusahaan dengan signifikansi 0.006 < tingkat signifikansi 0.05.Kepemilikan institusional tidak mampu memoderasi pengaruh perencanaan pajakpada nilai perusahaan dengan nilai signifikansi 0.276 > tingkat signifikansi 0.05.

English Abstract

Tax for a company is a burden that can reduce profits. One way to optimizeprofits is by tax planning. Tax planning is done by the company to minimize the taxburden. Agency Theory describes the relationship between the party that gives theconfidence that the shareholders as principal with the party who is given the trustis the manager as agent. Managers are given trust and authority by principals andtake every decision based on shareholder interests. The purpose of the agencyrelationship is to create an efficient contract between agents and principals. If theagent and principal have the same objective in terms of tax payments and inincreasing the value of the company, then of course management will work inaccordance with the interests of shareholders.The purpose of this research is to know the effect of tax planning on firmvalue with managerial ownership and institutional ownership as moderationvariable. This research is a quantitative research with explanatory researchapproach. The data source of this research is annual report which is secondarydata obtained from the official website of Indonesia Stock Exchange(www.idx.co.id). The population in this study is manufacturing companies listed onthe BEI in the period 2013-2016. The sampling technique used purposive samplingtechnique, with the criterion determined by the researcher is 26 companies thatbecome the research sample.Data analysis used in this research is simple linier regression analysis andModerate Regression Analysis (MRA). The results showed that tax planningnegatively affect the value of the company with the obtained regression coefficientis -6.814 and t arithmetic is -2.488. Managerial ownership is able to moderate theeffect of tax planning on firm value with significance of 0.006 <0.05 level ofsignificance. Institutional ownership is unable to moderate the effect of taxplanning on firm value with significance value of 0.276> 0.05 significance level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1305/051801851
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pajak, Nilai Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.155 Management of income and expense
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 26 Mar 2018 02:18
Last Modified: 26 Oct 2021 04:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8929
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (661kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item