Efektivitas Sistem Online Pada Pemungutan Pajak Hiburan Di Kota Malang (Studi Pada Kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah Malang)

Setiawan, Iwan (2017) Efektivitas Sistem Online Pada Pemungutan Pajak Hiburan Di Kota Malang (Studi Pada Kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan sistem online pada pemungutan pajak hiburan merupakan salah satu reformasi sistem administrasi perpajakan. Penerapan sistem online merupakan upaya yang dilakukan Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang untuk memberikan kemudahan dalam membayar, melaporkan, dan melakukan pengawasan guna untuk memaksimalkan penerimaan pajak hiburan. Kota Malang memiliki pergerakan ekonomi yang terus berkembang, salah satunya pada sektor usaha hiburan. Badan Pelayanan Pajak Daerah merupakan instansi yang mempunyai kewenangan dalam melakukan penerapan pajak online. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas dalam implementasi sistem online pada pemungutan pajak hiburan sesuai dengan Peraturan Walikota Malang Nomor 32 Tahun 2013 dan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 2 Tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah mengetahui efektivitas implementasi sistem online dalam pemungutan pajak hiburan berdasarkan teori McKinsey dan tujuan program online system dan mengetahui faktor pendorong dan penghambat serta cara mengatasinya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah efektivitas penerapan sistem online dalam pemungutan pajak hiburan berdasarkan teori McKinsey menunjukkan sistem online belum berjalan dengan efektif. Faktor pendorong dalam pelaksanaan sistem online adalah kerja sama yang terjalin antara Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang dengan vendor sebagai pihak ketiga selaku penyedia alat pajak online dan bank BRI selaku pelaksana operasional online system serta peran wajib pajak dalam berpartisipasi dengan menggunakan sistem online. Faktor penghambat dalam penerapan sistem online pada pemungutan Pajak Hiburan di Kota Malang terdapat pada vendor sebagai pihak ketiga dan juga Wajib Pajak Hiburan. Cara menanggulangi hambatan tersebut yaitu dengan melakukan sosialisasi terhadap wajib pajak Hiburan agar dapat mengikuti program online serta melakukan pendekatan persuasif kepada Wajib Pajak Hiburan yang belum mengikuti sistem online agar berpartisipasi dalam program pajak online. Rekomendasi yang dapat peneliti berikan adalah Badan Pelayanan Pajak Daerah dapat melakukan sosialisasi mendalam kepada wajib pajak yang belum menggunakan sistem online mengenai tujuan dan manfaat yang diperoleh dalam dalam menggunakan sistem online. Melakukan kajian-kajian terkait kesiapan wajib pajak untuk dionlinekan dan apakah sistem online tersebut sudah diperlukan atau belum. Pemberian sanksi terkait izin usaha serta sanksi administratif kepada wajib pajak yang tidak ingin mengikuti program pajak online.

English Abstract

The application of taxes withheld the online system for entertainment is one of reform tax administration systems. The application of the online system is an effort of what is done by Services Agency Local Tax to provide facilities of paying, reporting, and conducting supervision in order to to maximize tax revenue from entertainment section. The city of malang having economic challenges which continues to grow, one of them is entertainment business sector. Services Agency Local Tax which has rights in online tax application. The purpose of this research that is, to know effectiveness in the implementation of the online system for existing taxes entertainment in accordance with the regulation of city of Malang municipal number 32 in 2013 and local regulations the area of a city of Malang number 2 the year 2015. The research is descriptive research using a qualitative approach. Focus research is aware of the effectivity from implementation of the online system was based on the entertainment tax mckinsey and program objectives online system and driving know factors and inhibitors and the way to handle it. The technique for collecting data of the research is with documentation and interview. The result of research is the effectiveness of the online entertainment tax was based on the mckinsey shows that the system online is not effective. Driving factor in the implementation of the online system is cooperation interwoven badan pelayanan pajak daerah with the third party vendor as the supplier of instrument online tax and Bank Rakyat Indonesia as the online operating system and the role of taxpayer in participating by use the online system. The barrier in the application of the online system for existing taxes entertainment in the unfortunate found in vendor the third side and taxpayers entertainment. How to address these constraints is by applying socialization to taxpayers entertainment to out of the online and conduct persuasive approach to taxpayers entertainment who have not yet undertaken the online system to participate in the online tax. The researcher recommendations are Services Agency Local Tax as the tax collector could do in-depth socialization to the taxpayers who do not use the online system on the objectives and benefit gained in use of the online system. To conduct study related the readiness of taxpayers to use the online system and whether the online system is already required or not. The issuing of sanctions related business license and administrative sanctions to the taxpayers who do not want to follow the online tax program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1294/051801711
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Sistem Online, Pajak Hiburan
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:46
Last Modified: 26 Oct 2021 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8858
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN I.pdf.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN I.pdf.pdf

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 10. LAMPIRAN III.pdf.pdf]
Preview
Text
10. LAMPIRAN III.pdf.pdf

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 9. LAMPIRAN II.pdf.pdf]
Preview
Text
9. LAMPIRAN II.pdf.pdf

Download (13kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item