Implikasi Slogan "Teko Langsung Cetak" Dalam Meningkatkan Pelayanan KTP-EL (Studi Di Dukcapil Kabupaten Ponorogo)

Mindasari, Ayu (2017) Implikasi Slogan "Teko Langsung Cetak" Dalam Meningkatkan Pelayanan KTP-EL (Studi Di Dukcapil Kabupaten Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik saat ini telah menjadi isu sentral dalam pembangunan di Indonesia. Pelayanan pembuatan KTP-el merupakan salah satu contoh bentuk pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur pemerintah. Salah satu kewenangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo adalah mencetak KTP-el. Salah satu bentuk pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo dalam menjaga dan meningkatkan layanan publiknya adalah pelayanan KTP-el melalui slogan "teko langsung cetak". Slogan “teko langsung cetak" ini merupakan bentuk slogan dalam menjaga kualitas layanan publik dalam pembuatan KTP-el secara cepat dan efisien. Masyarakat yang ingin membuat KTP-el dapat dilayani secara cepat dimana dalam slogan ini memberikan pelayanan kepada warga yang datang mengurus KTP-el dan hari itu juga kartu bisa dibawa pulang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui implikasi slogan "teko langsung cetak" dalam meningkatkan pelayanan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo, (2) untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap ASN setelah adanya slogan "teko langsung cetak" dalam meningkatkan pelayanan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah (1) implikasi slogan "teko langsung cetak" dalam meningkatkan pelayanan KTP-el di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo adalah tercapainya standar pelayanan publik, peningkatan kinerja pegawai di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Ponorogo, meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan pembuatan KTP-el, pembuatan KTP-el menjadi lebih cepat, tidak adanya pungutan dalam pembuatan KTP-el, dan terwujudnya tertib administrasi kependudukan, (2) tanggapan masyarakat terhadap ASN setelah adanya slogan "teko langsung cetak" dalam meningkatkan pelayanan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo secara keseluruhan tergolong baik karena selalu mengutamakan kebutuhan masyarakat.

English Abstract

Public service nowadays has become major issue regarding of government development in Indonesia. One of concern issue is electronic citizenship card which provided by Civil Registry Agency as representative of Indonesia government. In order to maintain service is creating slogan which is “Teko Langsung Cetak”. This slogan is created to maintain the quality of public service faster and efficiently. The term of fast refers to when citizen come to the agency and seek to register citizenship card, this procedure will have finished at the same day of registration. Firstly, this research has been conducted in order to analyze the implication of slogan “Teko Langsung Cetak” regarding improving public service at Registry Agency of Ponorogo District in particular. Secondly, this research also would like to recognize of society perception through this slogan whether it has effect to the employee of Registry Agency of Ponorogo. The descriptive research is applied within qualitative approach. Observation, questionnaire and interview are the main tools in order to gain data. In addition, interactive model analysis is applied as technique such as data reduction, data presentation and deduction. The result shows there was improvement of employee performance which based on the slogan. Inhabitant tendency of visiting Registry Agency of Ponorogo District has been growing up as well. Lastly, positive feedback of slogan implementation has given as local government strategy to attract local people to visit the office.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1259/051801417
Uncontrolled Keywords: Slogan, Teko Langsung Cetak, Pelayanan,KTP-el
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:10
Last Modified: 26 Oct 2021 04:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8820
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (991kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of BAB II .pdf]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran .pdf]
Preview
Text
Lampiran .pdf

Download (863kB) | Preview
[thumbnail of BAB I .pdf]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (535kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item