Zuhdi, M Rizky Aditya (2018) Hambatan Pihak Kreditur Dalam Penarikan Objek Jaminan Pembiayaan Konsumen Yang Wanprestasi Melalui Pemberian Kuasa Pada Jasa Penagih (Studi pada PT. Adira Dinamika Multi Finance tbk Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada skripsi ini, penulismengangkat permasalahan hukum bagaimana hambatan penarikan objek jaminan yang dilakukan oleh jasa penagih. PT.Adira merupakan perusahaan pembiayaan bergerak dalam bidang pembiayaan konsumen dalam bentuk penyediaan dana. Peraturan yang mengatur hubungan antara PT Adira dan Konsumen masuk dalam rana kebebasan berkontrak pasal 1338 KUH Perdata.Untuk memberikan kepastian hukum kepada para pihak yang berkepentingan. Pilihan tema ini dilatarbelakangi oleh penarikan objek jaminan yang dilakukan jasa penagih sering terjadi kesulitan dalam hal debitur debitur merugikan PT Adira yaitu memindahtangankan objek jaminan. Tindakan tersebut bertentangan denganpasal 23 ayat 2 Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang jaminnan fidusia. Berdasarkan hal tersebut, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Apa hambatan PT. Adira Finance dalam penarikan objek jaminan pembiayaan konsumen yang wanprestasi melalui pemberian kuasa pada jasa penagih ? (2) Bagaimana upaya PT Adira Finance dalam mengatasi hambatan dalam penarikan objek jaminan pembiayaan konsumen yang wanprestasi melalui pemberian kuasa pada jasa penagih? Jenis penelitian skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengn pendekatan yuridis sosiologis. Data primer dalam skripsi ini diperoleh langsung dari PT ADMF melalui wawancara dengan responden yakni Branch meneger, karyawan, jasa penagih dan konsumen. Data primer tersebut didukung dengan data sekunder yang diperoleh melalui studi dokumentasi dan bahan pustaka. Data primer dan data sekunder tersebut dianalis menggunakan metode diskriptif kualitatif. Hasil pelaksanaan penelitian diperoleh jawaban bahwa hambatan dapat dibagi menjadi hambatan eksternal, internal, hukum dan non-hukum. Selain dari pihak PT. Adira hambatan juga ditemukan pula pada pihak konsumen, baik secara internal maupun eksternal, yakni tidak adanya itikad baik dari calon debitur, barang jaminan dijual, barang jaminan digadaikan yang mana hambatan tersebut dapat dikategorikan hambatan hukum yakni tindakan wanprestasi dari pihak konsumen pasal 1234 KUHPerdata selain itu konsumen bertentangan pasal 23 ayat 2 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia. Salah satu upaya yang pertama telah yang dilakukan oleh PT ADMF adalah Mensurvei kelayakan calon konsumen atau calon debitur yang meliputi penghasilan, pekerjaan, karakter debitur. Saran terkait permasalahan tersebut adalah PT ADMF sebaiknya lebih ketat dalam menyeleksi calon debitur agar hanya debitur yang memiliki prospek dan karakter yang baik saja yang diterima guna meminimalisir kredit bermasalah.
English Abstract
In this thesis, the author raised the legal issue of the obstacles of the withdrawal of warranty object carried by Collector services. PT. Adira is a finance company engaged in consumer financing in the form of funds provision. The rules that governs the relationship between PT Adira and Consumers included in the shutter of freedom of contract Article 1338 KUHPerdata (Burgerlijk Wetboek).To give legal certainty to the concerned parties. The theme selection is motivated by the withdrawal of warranty object through Collector services often faced difficulties in cases the debitors detriment PT Adira by transferring warranty objects. Such actions are contrary to Article 23 paragraph 2 of Law No. 42 of 1999 concerning fiduciary warranty. Based on this, this paper raised the formulation of the problems: (1) What are the obstacles of PT. Adira Finance in the withdrawal of consumer financing warranty object through the procuration letterto the Collector services? (2) How PT Adira Finance efforts in overcoming obstacles in the withdrawal of consumer financing warranty objects through procuration letterto the collector services? For the type of this research, the authors uses empirical legal research with sociologic juridical approach. Primary data in this paper are obtained directly from PT ADMF through interviews with respondents ie Branch meneger, employees, collectors services and consumers. Primary data are supported by secondary data obtained through documentation study and library materials. Primary data and secondary data are analyzed using qualitative descriptive method. The results of research implementation answered that obstacles can be divided into external obstacles, internal, legal and non-legal. Aside from the PT. Adira,obstacles are also found on the consumers sides, both internally and externally, which is the absence of good faith on the prospective debitors, collateralsare sold, the collateral mortgaged, which can be categorized to legal obstacles that act of default on the part of the consumers on Article 1234 of KUHPerdata in addition to contradict article 23 paragraph 2 of Law No. 42 of 1999 on Fiduciary Warranty. One of the first efforts that have been taken by PT ADMF are surveying the feasibility of prospective debitors or potential debitors which include debitors income, employment, and characters. Advice related to these problems are PT ADMF should be more strict in selecting prospective debitors so that only debitors who have good characters and prospects is received in order to minimize non-performing loans.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2017/421/051801351 |
Subjects: | 300 Social sciences > 346 Private law > 346.07 Commercial law > 346.077 Debtor and creditor |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 03:19 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 02:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8769 |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (288kB) | Preview |
Preview |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN (Autosaved).pdf Download (188kB) | Preview |
Preview |
Text
1. cover.pdf Download (40kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (111kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (101kB) | Preview |
Preview |
Text
Bagian Depan.pdf Download (263kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |