Prajongko, Evan Bagus Indi (2017) Peran Perceived Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Intensi Pembelian Online Dengan Trait Agreeableness Sebagai Variabel Moderator. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perceived electronic word of mouth (eWOM) terhadap intensi pembelian online secara langsung, serta kemampuan trait agreeableness sebagai variabel moderator. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Partisipan dari penelitian ini merupakan 313 subjek yang pernah membaca eWOM, yaitu ulasan atau testimoni online di situs belanja online atau di media sosial lainnya. Alat ukur yang digunakan adalah skala perceived eWOM dari Bataineh (2015), skala intensi dari Kautonen, dkk. (2013) berdasarkan teori Ajzen (2011), dan skala Big Five Inventory yang telah diterjemahkan oleh Ramdhani (2012) untuk trait agreeableness. Analisis data menggunakan teknik simple moderation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived eWOM memiliki peran yang signifikan terhadap intensi pembelian online. Nilai signifikansi (p < 0,05) pada interaksi antara perceived eWOM, trait agreeablenss, dan intensi pembelian online menunjukkan bahwa trait agreeableness mampu menjadi variabel moderator.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/1159/051801045 |
Uncontrolled Keywords: | Perceived eWOM, Trait Agreeableness, Intensi Pembelian Online |
Subjects: | 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence > 153.6 Communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 06:42 |
Last Modified: | 29 Nov 2020 02:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8724 |
Actions (login required)
View Item |