Studi Komparatif Perubahan Gaya Kepemimpinan Dan Komunikasi Pelayanan Publik Di Kabupaten Bojonegoro (Studi Kasus Sebelum Dan Saat Kepemimpinan Bupati Suyoto)

Nugraheni, Suci Rahayu Eka (2017) Studi Komparatif Perubahan Gaya Kepemimpinan Dan Komunikasi Pelayanan Publik Di Kabupaten Bojonegoro (Studi Kasus Sebelum Dan Saat Kepemimpinan Bupati Suyoto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepemimpinan dianggap sebagai salah satu faktor pendukung penting dalam mereformasi pelayanan publik (Colgan, Rochford, & Burke, 2016). Dalam menjalankan praktek kepemimpinan, seorang pemimpin membutuhkan gaya kepemimpinan guna mendorong keberhasilan dalam mencapai tujuan yang diinginkan (Masmuh, 2008, h.266). Komunikasi juga sangat dibutuhkan dalam menunjang pelaksanaan pemberian pelayanan publik yang terbaik bagi para pelanggan. (Muwafik, 2014). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perubahan gaya kepemimpinan dan komunikasi pelayanan publik di Kabupaten Bojonegoro pada sebelum dan saat kepemimpinan Bupati Suyoto. Gaya kepemimpinan dilihat dari karakteristik otoriter, birokratis, demokratis, laissez faire, transformasional dan transaksional. Sementara komunikasi pelayanan publik dilihat dari tiga elemen penting menurut Saleh (2004), yaitu Communicator Performance Image, Multiple Image, dan Corporate Image. Metode penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat komparatif. Data dikumpulkan melalui depth interview, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah pegawai dengan masa kerja lebih dari sepuluh tahun dan masyarakat pengguna layanan publik. Perubahan gaya kepemimpinan sangat jelas terlihat dimana sebelum kepemimpinan Bupati Suyoto birokrasinya berbelit-belit, tertutup, praktek suap menyuap, dan tidak adanya inovasi. Sementara Bupati Suyoto merupakan pemimpin dengan karakter transformasional yang kuat dengan mengedepankan keterbukaan, inovatif, kreatif, religius, dan adaptif. Dengan karakter tersebut, Bupati Suyoto berhasil menciptakan iklim komunikasi organisasi yang lebih terbuka, langsung, dan transparan yang pada akhirnya bisa berdampak pada komunikasi pelayanan publik. Perubahan komunikasi pelayanan publik yang paling menonjol adalah pada segi fisik dan tranparansi serta bebas diskriminasi. Meskipun begitu, terdapat faktor eksternal seperti perubahan sumber pendapatan daerah dan perkembangan teknologi yang juga berpengaruh terhadap keberhasilan perubahan yang diusung Bupati Suyoto.

English Abstract

Leadership is considered as one of the important supporting factors in reforming public services (Colgan, Rochford, & Burke, 2016). In carrying out leadership practice, a leader needs a leadership style to drive success in achieving the desired goal (Masmuh, 2008, p.266). Communication is also needed in supporting the best implementation of public service delivery for customers. (Muwafik, 2014). The purpose of this study was to examine changes in leadership style and public service communication in Bojonegoro pre and during the leadership of Suyoto. Leadership style of authocratic, democratic, bureaucratic, laissez faire, transformational and transactional is used to identify the leadership style. While public service communication seen from three important elements according to Saleh (2004), which are Communicator Performance Image, Multiple Image, and Corporate Image. This research method is qualitative comparative. Data were collected through depth interview, participant observation, and document. The informant of this research is an employee in the scope of Local Government of Bojonegoro with ten years working period and community as public service customers. The change of leadership style is clearly visible where the pre leadership of Suyoto had convoluted bureaucracy, closed, practice bribery, and the absence of innovation. While Suyoto is a leader with a strong transformational character by promoting openness, innovative, creative, religious, and adaptive. With these characters, the Suyoto succeeded in creating a more open, direct, and transparent organizational communication climate that could ultimately impact on public service communication. The most prominent change in public service communication is in terms of physical and transparent and free of discrimination. Nevertheless, there are external factors such as changes in local revenue sources and technological developments that also affect the success of the changes that the Bupati Suyoto has brought.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1116/051800097
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan, pelayanan publik, komunikasi pelayanan publik. leadership style, public service, public service communication.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.409 Personal aspects of executive management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Feb 2018 06:52
Last Modified: 26 Nov 2020 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8666
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item